Pashouses logo
Panduan » Membeli Rumah » Tips Beli Rumah » Pengertian dan Cara Beli Rumah KPR

Pengertian dan Cara Beli Rumah KPR

Pengertian dan Cara Beli Rumah KPR
Daftar Isi

Banyak orang yang sengaja menabung untuk bisa membeli rumah. Namun, dengan kenaikan properti yang terjadi dari tahun ke tahun, cara ini tentu tidak mudah. Untungnya saat ini, ada solusi lain yang bisa Anda pilih, yakni membeli rumah dengan sistem KPR. Apa itu KPR dan bagaimana cara beli rumah KPR?

KPR merupakan salah satu produk keuangan yang memungkinkan Anda membeli rumah dengan skema cicilan atau kredit. Simak selengkapnya cara beli rumah KPR berikut ini!

Pengertian KPR

Dilansir dari situs resmi Sikapi Uangmu OJK, KPR merupakan singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah. Ini merupakan salah satu fasilitas kredit perbankan untuk nasabah perorangan untuk membeli maupun merenovasi rumah. Di Indonesia, ada dua jenis sistem KPR yang digunakan, yakni:

  • KPR Subsidi. Seperti namanya, ini merupakan produk pembiayaan pemilikan maupun perbaikan rumah dengan subsidi dari pemerintah. KPR subsidi biasanya diberikan bagi masyarakat dengan penghasilan menengah ke bawah.
  • KPR Non-subsidi. KPR non-subsidi diberikan kepada semua lapisan masyarakat. Kebijakan suku bunga hingga plafon dan besaran kredit ditentukan oleh bank yang bersangkutan.

Hampir semua bank di Indonesia baik bank pemerintah maupun swasta yang menyediakan produk keuangan berupa KPR. Persyaratan administrasinya pun cenderung sama meski dalam beberapa hal mungkin ada perbedaan.

Langkah-langkah pembelian rumah dengan KPR

Lalu, bagaimana cara beli rumah dengan KPR? Simak langkah-langkahnya berikut ini!

  • Pilih rumah yang akan dibeli

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih rumah yang akan Anda beli. Jika membeli dari developer, pastikan developer memiliki izin dan sertifikat yang dimiliki lengkap (IMB induk, HGB induk atau SHGB, dan berbagai berkas penting lainnya). Jika ingin membeli rumah dari perorangan, selain memeriksa sertifikat dan berkas tanda legalitas, cek juga kondisi rumah yang akan dibeli agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.

  • Melunasi booking fee

Setelah menemukan rumah yang cocok dengan kebutuhan dan bujet Anda, saatnya membayar booking fee kepada developer. Nilai booking fee biasanya tidak baku, tergantung kebijakan dari masing-masing developer.

  • Mengajukan berkas ke bank
Baca Juga:  Panduan Memilih Keramik Dinding Kamar Mandi yang Estetis

Setelah Anda melunasi booking fee, saatnya untuk mengajukan KPR ke bank. Jika Anda membeli rumah dari developer, biasanya mereka sudah bermitra dengan bank tertentu. Jika tidak, Anda bisa memilih sendiri bank mana yang akan Anda gunakan untuk mengajukan KPR. 

Perlu diingat bahwa untuk bisa mengajukan KPR, nilai cicilan maksimal yang harus Anda keluarkan adalah 30% dari penghasilan Anda. Jika harga rumah yang Anda pilih mahal dan cicilannya lebih besar dari yang sudah ditentukan, kemungkinan pengajuan KPR Anda akan ditolak.

Tips pembelian rumah dengan KPR

Membeli rumah dengan sistem KPR memang memudahkan. Namun, Anda juga perlu melakukannya dengan penuh ketelitian. Terutama ketika memilih developer. Simak beberapa tips beli rumah dengan KPR berikut ini!

  • Lakukan survei

Sebelum memutuskan rumah mana yang akan dibeli, lakukan survei terlebih dahulu. Bukan hanya soal fisik bangunan saja, lingkungan sekitar hingga harga pasaran juga perlu dipertimbangkan. Jangan sampai Anda membeli rumah yang harganya tidak sesuai dengan nilai bangunan yang sesungguhnya.

  • Pahami skema pembayaran dengan baik

Sebelum akad dengan bank dilangsungkan, biasanya Anda akan diminta membaca berkas terkait perjanjian kredit. Baca dengan baik bagaimana skema pembayarannya. Bagaimana dengan sistem bunganya? Berapa lama cicilannya? Jika ada yang tidak Anda pahami, tanyakan pada petugas bank atau developer.

  • Beli rumah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda

KRP merupakan salah satu kredit yang tenor yang panjang (ada yang sampai 30 tahun). Karena itu, penting untuk mempertimbangkan dengan baik kemampuan keuangan Anda. Usahakan jumlah cicilan tidak lebih dari yang Anda sanggupi agar tidak terjadi gagal bayar.

Mau tahu cara beli rumah KPR yang mudah dan praktis? Solusinya ada di Pashouses.id. Tidak hanya akan membantu proses pengajuan KPR ke bank, Anda yang kekurangan dana DP bisa dibantu dengan adanya fitur SolusiDP. Konsultasikan sekarang juga kebutuhan perumahan Anda pada Pashouses!

Baca Juga:  Cara Memilih Rumah Second Berdasarkan Pilihan Harganya
Share:
Panduan Terkait