Panduan » Living » Karakteristik Desain Interior Rumah Minimalis, Aesthetic Banget!

Karakteristik Desain Interior Rumah Minimalis, Aesthetic Banget!

interior rumah minimalis
Daftar Isi

Saat ingin mengubah dekorasi rumah, mungkin Anda akan bingung mengenai konsep dan gaya desain interior apa yang akan diterapkan. Saat ini ada banyak gaya desain interior, mulai dari gaya kontemporer, klasik, industrial, hingga yang sangat populer desain rumah minimalis.

Sebagai salah satu konsep rumah cukup populer di dunia arsitektur dan interior, desain minimalis identik dengan slogan Less is More. Interior rumah minimalis mengedepankan unsur-unsur sederhana dalam dekorasi, mulai dari penggunaan furniture fungsional, bentuk geometris, dan kombinasi yang umumnya tak lebih dari dua warna dasar. 

Simak informasi lebih lanjut mengenai konsep rumah minimalis. 

Karakteristik Gaya Desain Rumah Minimalis

Rumah minimalis bukan hadir dari desain yang kaku atau membosankan. Bukan juga berarti murah, sempit, dan terkesan kosong. Sebaliknya, interior rumah minimalis justru memiliki konsep gaya yang indah, elegan, dan memukau. 

Hal ini dikarenakan desain rumah minimalis memiliki karakteristik bentuk dan garis yang simpel, dinding interior yang minimal, lantai terbuka. Hingga akses pencahayaan yang sesuai. Lalu bagaimana penampilan dari interior rumah minimalis? Berikut karakteristik interior rumah minimalis yang bisa diterapkan pada hunian Anda. 

Memaksimalkan penggunaan furniture fungsional

Memaksimalkan penggunaan furniture fungsional
Sumber: freepik

Interior rumah minimalis mengutamakan fungsi. Pemilik rumah perlu mempertimbangkan untuk mengurangi berbagai furniture yang jarang digunakan. Konsep interior hanya berfokus pada perabotan utama untuk menunjang aktivitas dalam rumah. Pertimbangkan untuk memilih furniture multifungsi, seperti sofa bed atau dipan kasur dengan laci, untuk mengurangi perabotan yang tak dipakai.

Baca Juga:  9 Model Ruang Tamu di Teras untuk Area Kumpul Keluarga

Memaksimalkan sirkulasi udara 

Memaksimalkan sirkulasi udara 
Sumber: Freepik/benzoix

Salah satu ciri khas rumah minimalis adalah penggunaan jendela dalam jumlah yang cukup banyak. Bukan hanya diaplikasikan pada area ruang tamu, jendela kaca juga ditempatkan pada kamar tidur hingga kamar mandi. Hal ini akan membuat sirkulasi udara dalam rumah semakin baik. 

Pentingnya pencahayaan dalam rumah minimalis

Pentingnya pencahayaan dalam rumah minimalis
Sumber: Pinterest

Arsitektur dan interior rumah minimalis didukung dengan pencahayaan yang baik. Terlebih lagi jika rumah Anda tidak memiliki banyak ornamen sehingga komponen ini harus diperhatikan, baik melalui pencahayaan buatan atau alami. 

Perpaduan pencahayaan pada rumah dengan warna netral dinding dan lantai yang menjadi ciri khas rumah minimalis, akan menciptakan nilai estetika tersendiri. Suasana rumak akan lebih hangat dan tenang. 

Penggunaan warna-warna monokrom dan netral

Penggunaan warna-warna monokrom dan netral
Sumber: Sumber: Freepik/benzoix

Elemen warna menjadi hal yang tak kalah penting dari interior rumah minimalis. Tak hanya menciptakan nilai estetika, pemilihan warna yang tepat juga akan meningkatkan kenyamanan  sebuah ruangan. Kebanyakan rumah minimalis menggunakan warna-warna netral, seperti putih, hitam, abu-abu, dan krem mulai dari warna cat dinding hingga dekorasi ruangan. 

Konsep open space pada rumah minimalis

Konsep open space pada rumah minimalis
Sumber: loveproperty.com

Salah satu model ruangan yang cocok diterapkan pada rumah minimalis adalah konsep ruangan terbuka atau open space. Desain ini selaras dengan tema rumah minimalis yang minim seat sehingga ruangan terlihat lebih luas. Anda bisa mengadaptasi konsep ini untuk desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat atau dapur dengan ruang makan. 

Bentuk bangunan geometri

Bentuk bangunan geometri
Sumber: ajaib

Kesederhanaan rumah minimalis bukan hanya hadir pada sisi interior, tetapi juga pada model bangunan yang mengandalkan bentuk geometris. Umumnya model bangunan rumah minimalis modern hadir tanpa atap segitiga dan memiliki garis-garis tegas pada setiap sisi bangunan. 

Baca Juga:  11 Desain Kamar Tidur Mezzanine Paling Populer

Furniture simple untuk interior rumah minimalis

Furniture simple untuk interior rumah minimalis
Sumber: archello

Perabotan yang digunakan pada rumah minimalis cenderung lebih simpel dan kosong. Hal ini akan membuat ruangan menjadi tampak lebih luas dan tidak penuh barang. Agar rumah semakin aesthetic, Anda bisa memilih perabotan berbahan kayu yang dipadukan dengan interior minimalis. Pilih juga perabotan yang memiliki warna-warna netral.

Mengutamakan kualitas daripada kuantitas

Mengutamakan kualitas daripada kuantitas
Sumber: Freepik/pvproductions

Konsep rumah minimalis bukan berarti hemat dan murahan. Pemilik rumah sebaiknya mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Terlebih lagi karakteristik interior rumah yang minim perabotan membuat pemilik rumah perlu memilih bahan, aksesoris, hingga perabotan yang berkualitas agar bisa digunakan jangka panjang. 

Memiliki ruang hijau di rumah 

Memiliki ruang hijau di rumah 
Sumber: Freepik

Kurang lengkap rasanya jika rumah minimalis hadir tanpa adanya taman di dalam rumah. Selain untuk menyalurkan hobi mengoleksi tanaman hias, area ini juga akan mempercantik interior rumah Anda. Jika lahan terbatas, Anda dapat menyiasatinya dengan membuat sebuah vertical garden

Memanfaatkan ruang dan area penyimpanan

Memanfaatkan ruang dan area penyimpanan
Sumber: kienthietviet

Pastikan untuk memiliki ruangan yang multifungsi jika Anda ingin mengadopsi konsep rumah minimalis. Hindari penggunaan furniture besar karena akan membuat ruangan penuh sesak. Optimalkan tempat penyimpanan yang ada. Hal ini akan menciptakan ruangan yang lebih rapi dan bersih. Untuk menyiasati lahan yang terbatas, Anda bisa mengoptimalkan furniture multifungsi, misalnya dengan membuat lemari bawah tangga atau sudut rumah yang tak terpakai. 

Permainan tekstur untuk menghidupkan rumah

Permainan tekstur untuk menghidupkan rumah
Sumber: Popbela

Selain bereksperimen dengan warna, Anda juga bisa menghidupkan rumah dengan permainan tekstur pada rumah minimalis Anda. Tekstur yang menarik pada area dinding rumah bisa diciptakan melalui kombinasi batu alam atau wallpaper. Sementara pada area lantai, Anda bisa menggunakan lantai vinyl atau karpet sebagai pelapis lantai. Namun, hati-hati dalam pemilihan tekstur agar rumah tidak terlihat ramai sehingga esensi minimalis menjadi hilang. 

Baca Juga:  13 Inspirasi Desain Ruang TV Minimalis untuk Rumah Anda

Memadukan pola yang berbeda pada ruangan

Memadukan pola yang berbeda pada ruangan
Sumber: homedsgn

Interior rumah minimalis bisa hadir dengan cara yang simpel. Anda bisa mengkreasikan pola-pola yang berbeda pada ruangan. Gunakan pola dengan komposisi dan tone yang selaras agar menambah kesan elegan. Beberapa dekorasi yang bisa Anda gunakan adalah pola monokrom pada bantal, sofa, karpet, hingga bingkai foto.

Penutup

Melalui pemilihan perabotan dan penataan yang tepat, Anda bisa menciptakan desain interior rumah minimalis yang aesthetic, tidak membosankan, dan modern. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam mengaplikasikan desain minimalis pada hunian. 

Mencari rumah minimalis Jabodetabek? Pashouses menjual rumah minimalis siap huni dengan proses dijamin aman 100%. Kami memiliki expert consultant yang akan membantu menemukan rumah impian hingga mengakomodasi proses pengajuan. Pashouses bekerja sama dengan bank besar di Indonesia sehingga proses kredit rumah bisa lebih mudah dan cepat. Informasi lebih lanjut, kunjungi Pashouses.id.

Share:
Panduan Terkait