Panduan » Living » 11 Inspirasi Desain Taman dalam Rumah Minimalis

11 Inspirasi Desain Taman dalam Rumah Minimalis

Taman dalam rumah
Daftar Isi

Agar rumah semakin nyaman, pemilik kerap menambahkan dekorasi untuk memberikan nuansa baru. Namun, kenyamanan sebuah rumah juga sebaiknya diimbangi dengan aspek kesehatan, salah satunya dengan memiliki taman dalam rumah. 

Dilansir dari Kompas.com, Inisiatif Hortikultura dan Plant Life Balance bekerja sama dengan ilmuwan di RMIT University Melbourne, menyebutkan ada dua manfaat utama memiliki tanaman di sebuah ruangan, yaitu meningkatkan kualitas dan kesejahteraan udara. Meletakkan satu tanaman di dalam ruangan berukuran 4×5 meter bisa membersihkan udara sebanyak 25% dan lima tanaman dapat membersihkan udara hingga 75%.

Oleh karena itu peran sebuah taman di dalam rumah ternyata sangat penting. Tidak perlu membayangkan sebuah taman yang besar. Dengan memanfaatkan sudut rumah atau lahan yang sempit, bukan tidak mungkin Anda memiliki taman di dalam rumah. 

Kali ini Pashouses memiliki sejumlah inspirasi indoor garden (taman dalam rumah) yang mungkin cocok untuk hunian Anda. 

Taman rumah tropis di bawah tangga

Taman rumah tropis di bawah tangga
Sumber: dwell.com

Bawah tangga bisa menjadi spot untuk membuat taman kecil yang juga berguna untuk menambah estetika rumah. Salah satu tanaman tropis seperti kaktus bisa Anda pilih karena bisa tumbuh lama tanpa air. Tanaman ini cocok untuk Anda yang tidak mau repot karena hanya perlu disiram sekali dua kali dalam seminggu. 

Taman yang menyatu dengan ruang tamu

Taman yang menyatu dengan ruang tamu
Sumber: homelysmart

Sebuah tanaman tinggi di tengah rumah bisa menjadi focal point dalam sebuah ruangan. Jika Anda memiliki rumah yang luas, desain taman dalam rumah seperti ini bisa menjadi pilihan. Pilih taman dengan konsep open space tanpa sekat agar tidak terasa sempit. Taman di tengah rumah juga sekaligus menjadi area penghijauan yang membuat hunian Anda lebih asri. 

Baca Juga:  Serba-Serbi Lantai Vinyl: Kelebihan, Kekurangan & Tips Merawat

Taman vertikal untuk ruangan sempit

Taman vertikal untuk ruangan sempit
Sumber: casadasamigas.com

Vertical garden (taman vertikal) menjadi model taman di dalam rumah selanjutnya yang cukup menarik untuk dimiliki. Jenis taman ini cocok untuk hunian yang tidak memiliki sisa lahan untuk dijadikan taman. Melalui media dinding, Anda bisa menanam berbagai jenis tanaman hias, mulai dari anggrek, lili paris, sirih gading, dan lainnya. Untuk menarik perhatian, gunakan pot unik berbentuk hexagonal.

Taman minimalis di sudut ruangan

Taman minimalis di sudut ruangan
Sumber: archdaily.com

Coba perhatikan lagi sudut rumah Anda, apakah ada space yang bisa dijadikan taman mungil? Jika memungkinkan, pilih sudut yang memiliki atap terbuka sehingga cahaya matahari bisa masuk untuk tanaman Anda. 

Taman kecil di dapur

Taman kecil di dapur
Sumber: nextluxury.com

Jika Anda tidak memiliki lahan lainnya untuk membuat taman, meletakkan beberapa tanaman di dalam dapur juga akan menambah asri hunian Anda. Pilih tanaman yang perawatannya tidak merepotkan. Anda bisa menyebar tanaman di beberapa tempat di dapur, seperti di meja makan, di dekat sink cuci piring, di dekat kulkas, atau menggantung di langit-langit. 

Taman minimalis samping rumah

Taman minimalis samping rumah
Sumber: wowowhome

Taman di samping rumah dengan memanfaatkan area sisa akan membuat hunian Anda semakin nyaman dan cantik. Anda bisa menanam beberapa tanaman berukuran kecil dan sedang, lalu tutupi keramik. Tambahkan sebuah bangku dan coffee table kecil untuk bisa bersantai di pagi hari sambil memandang tanaman yang segar. 

Rak tanaman di dapur

Rak tanaman di dapur
Sumber: demiandashton.org

Taman dalam rumah tak melulu berukuran besar. Bahkan Anda bisa menggunakan rak untuk menyimpan tanaman di pot-pot kecil di area dapur. Anda bisa menanam tanaman herbal atau rempah sehingga bisa digunakan saat memasak. 

Taman kecil di pojok rumah

Taman kecil di pojok rumah
Sumber: interiordesign

Sepetak lahan di pojok rumah bisa dimanfaatkan untuk taman yang menyejukkan. Anda bisa memasang rumput hias dan beberapa tanaman hijau yang dipadukan dengan ornamen kayu sebagai dekorasi.

Baca Juga:  Serba-Serbi Bata Ringan: Definisi, Kelebihan & Kekurangan, Harga Hebel

Tanaman gantung di tengah rumah

Tanaman gantung di tengah rumah
Sumber: Pinterest

Untuk Anda yang menyukai desain interior bohemian, maka tanaman gantung di tengah rumah bisa Anda jadikan referensi. Gunakan macrame untuk menggantung pot-pot kecil. Tak hanya membuat rumah lebih segar, tanaman gantung juga akan membuat hunian lebih estetik. 

Pot tanaman sebagai partisi

Pot tanaman sebagai partisi
Sumber: homelysmart

Tembok sebagai sekat antara ruangan satu dengan ruangan lainnya tentu akan memberikan kesan lebih sempit. Jika rumah memiliki konsep open space, untuk membedakan antar ruangan, Anda bisa menjadikan tanaman sebagai partisi. Sekat ruangan dengan pot tanaman gantung yang juga bisa berfungsi sebagai dekorasi multifungsi. 

Gabungkan taman dengan toilet

Gabungkan taman dengan toilet
Sumber: youtu.be

Rumah minimalis menjadi tantangan tersendiri dalam menciptakan taman dalam rumah. Area yang kerap dilupakan untuk membuat taman adalah toilet. Dengan menghadirkan satu dan dua tanaman besar ditambah bebatuan di sudut kamar mandi, area ini akan terlihat lebih natural dan segar. 

Penutup 

Jika berencana memiliki taman di dalam rumah, pastikan untuk memperhatikan cahaya yang bisa masuk ke dalam rumah. Pasalnya tanaman membutuhkan cahaya untuk bertahan hidup. Perhatikan juga proporsi atau skala ruang. Pilih tanaman yang cocok dengan ukuran ruangan. Semoga inspirasi di atas bisa membantu Anda menemukan desain taman dalam rumah. 

Temukan informasi dekorasi dan tips interior lainnya di Pashouses. Pashouses sebagai platform jual beli rumah bekas siap huni, memiliki keunggulan proses yang cepat, anti ribet, tim yang siap membantu proses KPR, hingga ratusan rumah dijual dengan harga terbaik. Informasi lebih lanjut, kunjungi Pashouses.id

Share:
Panduan Terkait