Panduan » Living » Serba-Serbi Bata Ringan: Definisi, Kelebihan & Kekurangan, Harga Hebel

Serba-Serbi Bata Ringan: Definisi, Kelebihan & Kekurangan, Harga Hebel

Bata Ringan
Daftar Isi

Bata ringan atau yang sering juga disebut dengan hebel merupakan suatu inovasi terbaru dari dunia konstruksi modern. Jika Anda sedang mendirikan bangunan, seringkali para pemborong menggunakan gabungan bata merah dan bata putih untuk membuat dinding. Penggunaan bata ringan ini tentunya bukan tanpa alasan, bata ringan atau hebel merupakan terobosan terbaru dalam bahan bangunan yang efisien dan ramah lingkungan.

Sesuai dengan namanya, bata ringan memiliki bobot yang lebih ringan dibanding bata merah biasa. Namun, jenis bata ini memiliki kekuatan struktural yang luar biasa. Dalam artikel ini kami akan membahas lebih jauh mengenai hebel, mulai dari definisi, kelebihan dan kekurangan, hingga harga bata ringan.

Apa Itu Bata Ringan?

Bata ringan atau hebel adalah jenis bata yang terbuat dari adonan pasir, gypsum, semen, air, silika, batu kapur, serta aluminium bubuk. Material tersebut diawetkan dengan cara dipanaskan dan diberi tekanan tinggi. 

Hebel memiliki nilai ekonomisnya tersendiri karena dapat digunakan untuk bagian interior maupun eksterior ruangan. Bata ini menjadi populer dan banyak digunakan untuk rumah modern saat ini karena kelebihannya, mulai dari pemasangannya yang mudah hingga ketahanan yang kuat. Kelebihan lain dari bata ringan adalah manfaatnya terhadap lingkungan dan keberlanjutan. 

Kelebihan Bata Ringan

1. Ramah Lingkungan

Kelebihan pertama dari pemakaian hebel adalah sifatnya yang ramah lingkungan. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, produksi bata ringan tidak memerlukan banyak bahan baku dan energi yang memberikan dampak positif bagi lingkungan.

Baca Juga:  Ide dan Tips Membuat Dapur Cantik untuk Rumah Anda

Selain itu, hebelmampu membantu mengurangi konsumsi energi untuk pemanasan atau pendinginan ruangan sehingga bisa hemat energi untuk jangka panjang. Penggunaan hebel merupakan langkah dalam pemeliharaan lingkungan yang sehat dan upaya mendukung dunia dalam mengurangi jejak karbon.

2. Lebih Tahan Lama

Bata ringan merupakan inovasi terbaru pengganti bata merah. Tentu saja banyak hal yang di-upgrade dan salah satunya adalah ketahanannya. Ketika sudah selesai pemasangan, bata ringan memiliki umur yang lebih lama karena bahannya yang lebih tahan akan api, jamur, dan keretakan.

Bata ringan terbuat dari gabungan berbagai bahan yang memberikan sifat kokoh terbaik dalam bidangnya. Dalam beberapa kasus, hebel juga sering digunakan karena sifatnya yang kedap suara dan kedap tekanan yang tinggi. Oleh sebab itu, bata ringan lebih kuat menahan getaran gempa.

3. Bobot yang Ringan

Inovasi lain dari penggunaan hebel untuk rumah adalah bobotnya yang ringan. Dibandingkan bata merah, habel memiliki bobot yang jauh lebih ringan sehingga memudahkan dalam proses pemasangan. Bobotnya yang ringan ini juga membantu dalam proses pengiriman bahan dari toko bangunan ke rumah sehingga dapat mengurangi ongkos pengiriman. Meskipun memiliki bobot yang ringan, ketahanan hebel tetap menjadi alasan pemilik rumah menggunakan jenis bata ini.

4. Dapat Mengurangi Perubahan Suhu Ruangan yang Drastis

Material hebel memiliki keunikan karena dapat menyimpan suhu. Hal ini dapat mengurangi perubahan suhu ruangan yang drastis sehingga membuatnya menjadi tahan lama dan cocok untuk hampir segala ruangan.  

5. Ukurannya Cenderung Lebih Besar

Hebel sendiri memiliki ukuran yang cukup besar dibandingkan bata biasa. Anda dapat menemukan bata ringan dengan ukuran panjang 60 cm dan lebar 20 cm dengan tebal bervariasi mulai dari 7,5 cm sampai 20 cm. Dengan ukurannya yang besar ini, hebel banyak digunakan karena dapat mempersingkat waktu pengerjaan.

Baca Juga:  Inspirasi Cat Rumah Minimalis untuk Hunian Lebih Cantik

6. Memiliki Nilai Ekonomis Tersendiri

Salah satu kelebihan hebel yang membuat banyak pemborong menggunakan bahan ini adalah sisi ekonomisnya. Memang jika dibandingkan dengan bata merah, bata ringan cenderung lebih mahal. Namun jika dihitung-hitung, bata ringan yang mempunyai banyak kelebihan pada akhirnya membuat Anda lebih hemat untuk jangka panjang.

Contohnya adalah pada bobotnya yang ringan, hal ini memudahkan dalam proses pengiriman dan pemasangan sehingga dapat mengurangi banyak pengeluaran, seperti ongkos kirim dan biaya sewa jasa tukang.

Kokohnya hebel juga membuat dinding lebih tahan lama sehingga lebih hemat untuk jangka panjang. Ukurannya juga lebih besar dibandingkan bata merah sehingga pembelian bata dapat dikurangi serta mempercepat proses pemasangan.

Kekurangan Bata Ringan

1. Memerlukan Penanganan Ahli

Bata ringan merupakan inovasi bata yang unik dan tentunya memerlukan tenaga ahli dalam proses pemasangan. Salah satu kekurangannya adalah sifatnya yang rapuh selama proses pemasangan sehingga bata ringan harus dipasang menggunakan tenaga ahli.

2. Mudah Retak dan Lapuk

Meskipun bata ringan kuat menahan gempa, api, dan jamur, jenis bata ini tidak dapat menahan air terlalu banyak. Hal ini dikarenakan bahannya yang mudah menyerap air sehingga mudah retak dan lapuk.

Perbedaan Bata Ringan dengan Bata Merah

Sumber: Image by pvproductions on Freepik

Bata ringan merupakan inovasi baru dari bata merah. Tentu saja dalam segi kualitas, hebel lebih baik dibandingkan bata merah. Akan tetapi, bata merah juga memiliki kelebihannya tersendiri yang tidak dimiliki hebel.

Salah satu yang paling mencolok adalah pada segi biaya. Bata merah cenderung lebih murah dibandingkan hebel. Dalam hal biaya, harga per 1 meter kubik kedua material sangat jauh berbeda. Harga satuan untuk bata merah mulai dari Rp650, sedangkan bata ringan dijual mulai dari Rp6.000. 

Baca Juga:  15 Ide Model Partisi Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Berapa Harga Bata Ringan?

Harga bata ringan atau hebel berbeda-beda tergantung dari merk dan tempat pembelian. Anda juga bisa membeli bata ringan secara online melalui marketplace yang umumnya ada minimal pembelian. Berikut ini kisaran harga hebel seperti dilansir dari hargabeton.com. Namun, perlu diketahui jika harga di bawah ini bersifat estimasi dan ilustrasi. Harga asli dapat Anda cek melalui marketplace atau toko bahan bangunan terdekat. 

NoJENIS BATU BATAUKURANHARGA
1Bata Ringan hebelPer kubikRp750.000 /m3
2Bata Ringan VosconPer kubikRp650-1000 /m3
3Bata Ringan 10x20x60 cm1 bijiRp10.000 /Biji
4Bata Ringan 7,5x20x60 cm1 bijiRp7.800 /Biji
5Bata Ringan 10x20x60 cmPer KubikRp750.000 /m3
6Bata Ringan 7,5x20x60 cmPer KubikRp585.000 /m3

Penutup

Demikian informasi seputar bata ringan atau hebel yang dapat Anda gunakan saat renovasi rumah. Tak hanya membuat rumah lebih tahan lama, penggunaan hebel juga bisa meningkatkan harga rumah setelah Anda melakukan renovasi. 

Apabila Anda ingin menjual rumah dengan harga terbaik, jual rumah second di Pashouses. Pashouses merupakan platform jual beli rumah bekas di Jabodetabek yang menawarkan kemudahan, transparansi, dan proses anti-ribet. Jual rumah cepat dan instan hanya dengan mengisi data diri dan data rumah melalui formulir yang disediakan di website Pashouses. Informasi lebih lanjut, kunjungi Pashouses.id

Share:
Panduan Terkait