Panduan » Living » Aturan Feng Shui Dapur untuk Menentukan Tata Letak Terbaik

Aturan Feng Shui Dapur untuk Menentukan Tata Letak Terbaik

Feng Shui Dapur
Daftar Isi

Sedang membangun atau merombak dapur? Yuk, coba pelajari tata letak terbaik menurut ajaran feng shui dapur. Dalam ilmu feng shui, terdapat beberapa aspek yang bisa dijadikan pedoman untuk menentukan tata letak dapur terbaik. Tujuannya adalah agar dapur bisa mengalirkan energi positif di dalam rumah.

Feng shui mengajarkan bahwa dapur harus bisa mengalirkan energi positif untuk penghuni rumah guna memberikan kesehatan, kebahagiaan, hingga kesejahteraan. Oleh karena itu, menerapkan feng shui pada dapur melalui interior yang seimbang dan selaras menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan. Berikut ini beberapa aturan feng shui dapur.

Menentukan Lokasi Dapur Terbaik Berdasarkan Feng Shui Dapur

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah lokasi dapur terbaik menurut feng shui. Pertama, lokasi dapur tidak boleh berada di tengah rumah. Hal ini dikarenakan bagian tengah dianggap jantung rumah dan sebaiknya diisi ruang keluarga, yang mana area tersebut merupakan tempat seluruh penghuni berkumpul dan bercengkrama.

Usahakan untuk meletakkannya di bagian belakang rumah karena menurut ajaran feng shui, jika diletakkan pada bagian depan maka akan memberikan kesialan bagi penghuni rumah. Hal ini pun berhubungan dengan nilai estetika rumah karena kurang indah bila dapur berada pada bagian depan. 

Memisahkan Antara Elemen Air dan Api di Dapur

Feng shui kedua adalah pemisahan antara dua elemen yang saling bertabrakan, yaitu elemen air dan api. Jangan hadapkan dapur dengan kamar mandi secara langsung. Hal ini berhubungan dengan sifat atau elemen ruangan dimana dapur memiliki elemen api, sedangkan kamar mandi berelemen air yang sangat tidak cocok jika digabungkan.

Baca Juga:  15 Desain Teras Rooftop Rumah Kecil Cozy dan Cantik

Selain ruang, penempatan perabotan dan hiasan juga harus diperhatikan karena banyak perabotan yang tidak boleh digabungkan karena elemennya yang berbeda. Sebagai contoh, tempat cuci piring dan kulkas tidak boleh diletakkan berdekatan dengan kompor. 

Hal ini dikarenakan tempat cuci piring dan kulkas berelemen air, sedangkan kompor memiliki elemen api. Akan tetapi, jika rumah memiliki ruang yang terbatas, Anda dapat menempatkan vas bunga yang memiliki elemen berbeda.

Pastikan Rumah Memiliki Pencahayaan Maksimal

Pencahayaan dan udara merupakan unsur yang penting dalam feng shui. Oleh sebab itu,  Anda harus memastikan dapur dilengkapi jendela dan/atau jalur ventilasi. Pencahayaan dan udara yang baik juga dapat membuat penghuni rumah merasa betah dan nyaman. Jika kapasitas jendela dapur kurang memadai, tambahkan lampu agar dapur tetap terang dan berenergi baik.

Menjaga Kebersihan Area Dapur

Salah satu hal sepele yang diajarkan feng shui adalah kebersihan dapur. Sesuatu yang bersih memberikan energi positif di sekitarnya. Mengingat dapur merupakan tempat makanan penghuni rumah dibuat, pastikan untuk menjaga kebersihan dapur agar energi baik terus terpancarkan.

Memperhatikan Sudut Mata Angin

Sudut mata angin menurut ajaran feng shui melambangkan berbagai elemen. Utara melambangkan air, selatan melambangkan api, kayu untuk timur, dan logam untuk barat. Oleh karena itu, dalam penempatan dan arah barang dan pintu pun harus memperhatikan sudut mata angin.

Contohnya adalah kompor yang sebaiknya menghadap selatan atau timur. Hal ini dikarenakan elemennya yang cocok dan dapat mendatangkan energi positif. Selain itu, jangan meletakkan kompor pada sudut ruangan dan menghadap barat dan utara karena elemennya tidak cocok. 

Perabotan lain juga harus diletakkan sesuai dengan elemennya agar memberikan energi baik dan positif untuk dapur dan khususnya rumah Anda. Anda bisa memanggil ahli feng shui untuk mengecek penempatan perabotan pada dapur atau seluruh area di rumah.

Baca Juga:  Simak Estimasi Biaya Renovasi Kamar Mandi Agar Lebih Nyaman

Warna Interior Dapur Terbaik Menurut Feng Shui

Warna interior juga bisa mempengaruhi feng shui dapur. Ada beberapa aturan yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keseimbangan energi pada dapur Anda. Dimulai pada perabotan masak yang dapat menggunakan warna-warna yang cerah agar tidak memberikan kesan suram.

Lalu untuk dinding dapur, ada baiknya warna cat ditentukan berdasarkan posisi dapur rumah Anda. Jika menghadap selatan maka pilih warna khas api, seperti merah, orange, atau kuning. Sebaliknya, jika menghadap utara maka gunakan warna tenang seperti biru, hitam, dan abu-abu. Lalu untuk barat Anda bisa gunakan warna putih dan abu-abu. Sementara untuk dapur yang menghadap timur, Anda bisa menggunakan warna kayu seperti hijau, coklat, dan biru muda.

Hiasan untuk Meningkatkan Energi Positif

Salah satu ilmu feng shui dapur lainnya adalah penempatan hiasan atau dekorasi yang dapat meningkatkan energi positif. Salah satunya adalah tanaman yang dapat memancarkan energi positif yang baik untuk penghuni rumah. Letakkan vas bunga dan tempat buah pada dapur Anda di antara kompor dan lemari es untuk mengatasi dua elemen berbeda saling beradu.

Tidak Berada di Bawah Kamar Tidur, Kamar Mandi, dan Tangga

Menurut feng shui rumah, bawah tangga rumah merupakan tempat paling buruk. Pasalnya, bawah tangga merupakan tempat dengan sirkulasi udara yang minim dan pencahayaan yang sedikit. Jika Anda memiliki rumah dua lantai, jangan letakkan dapur di bawah kamar tidur dan kamar mandi. Hal ini dikarenakan panas kompor yang berada di bawah membawa energi negatif untuk ruangan di atasnya.

Penutup

Demikian informasi seputar feng shui dapur yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda saat membangun atau renovasi area dapur. Tak ada salahnya untuk menerapkan feng shui agar energi positif bisa terus hadir pada rumah Anda. 

Baca Juga:  Panduan Berbagai Cara Mengisi Token Listrik PLN

Rumah yang telah menerapkan feng shui tak hanya membuat penghuni nyaman, tetapi juga bisa meningkatkan harga rumah Anda. Apabila Anda berencana menjual rumah dengan proses mudah, aman, dan cepat, jual rumah di Pashouses. Pashouses merupakan platform jual beli rumah bekas di Jabodetabek anti-ribet. Cukup dengan mengisi data diri dan data rumah, dapatkan penawaran harga dalam waktu 5 hari. Informasi lebih lanjut mengenai cara jual rumah, kunjungi Pashouses.id

Share:
Panduan Terkait