Panduan » Living » 11 Model Teralis Jendela Minimalis untuk Ruang Tamu Anda

11 Model Teralis Jendela Minimalis untuk Ruang Tamu Anda

model teralis jendela minimalis
Daftar Isi

Sebagai konstruksi yang digunakan pada jendela rumah, teralis memiliki banyak fungsi. Fungsi pertama tentunya keamanan, mengingat teralis sulit dibongkar kecuali dengan alat khusus. Teralis juga berfungsi untuk melindungi kaca jika ada barang yang tidak sengaja terlempar ke arah jendela.

Dengan banyaknya varian model teras jendela minimalis, komponen rumah ini juga bisa mempercantik tampilan rumah. Anda bisa membuat teralis dengan motif dan warna yang menarik. 

Sedang mencari model teralis jendela minimalis untuk hunian Anda? Saat ini ada banyak variasi desain teralis yang bisa dipilih sesuai dengan konsep rumah yang sedang dibangun. Berikut ini inspirasi model teralis jendela minimalis untuk rumah Anda. 

Desain teralis vertikal klasik

Desain teralis vertikal klasik
Sumber: google.com.ec

Anda pastinya tidak asing dengan model teralis jendela satu ini. Sesuai dengan namanya, model ini memiliki desain tegak lurus, yang mana desain ini cukup klasik untuk digunakan. Teralis model ini sudah banyak dikombinasikan dengan menambahkan bentuk lingkaran atau ketupat di bagian tengah. 

Desain teralis wajik 

Desain teralis wajik 
Sumber: Freepik

Inspirasi model teralis jendela selanjutnya adalah bentuk wajik. Desain ini banyak digunakan di negara-negara Eropa dan Amerika. Namun, tidak ada salahnya jika diterapkan untuk rumah Anda. Desain ini memiliki jarak yang cukup rapat sehingga mencegah maling masuk melalui jendela. Untuk finishing, Anda bisa mengecatnya sesuai dengan tema warna rumah.

Motif teralis wajik bergelombang

Motif teralis wajik bergelombang
Sumber: pxfuel

Mirip dengan motif teralis wajik sebelumnya. Jika model sebelumnya memiliki garis-garis lurus, motif wajik ini memiliki bentuk bergelombang yang membuatnya tidak monoton. Penggunaan motif ini akan membuat tampilan jendela lebih klasik. 

Baca Juga:  Intip 12 Desain Tempat Wudhu Minimalis untuk Rumah Anda

Teralis jendela minimalis ala Jepang

Teralis jendela minimalis ala Jepang
Sumber: kaname-inn

Arsitektur dan interior Jepang memang selalu menarik untuk diadaptasi ke dalam hunian Anda, tak terkecuali pada teralis jendela. Jika Anda memiliki rumah berkonsep tradisional ala Jepang, maka desain teralis ini akan sangat cocok digunakan. Anda bisa menggunakan material baja atau besi untuk teralis dengan desain garis kotak-kotak.

Model teralis jendela botanical garden

Model teralis jendela botanical garden
Sumber: indiamart

Model teralis satu ini cocok untuk rumah vintage karena bentuknya yang unik. Tidak seperti teralis jendela pada umumnya, teralis ini memiliki bentuk melengkung membentuk lingkaran pada bagian bawah  ke arah luar rumah. Anda bisa memasukkan beberapa tanaman hias yang akan membuat jendela semakin cantik dan segar.

Motif teralis Renaissance

Motif teralis Renaissance
Sumber: Pinterest/drive

Model teralis jendela minimalis klasik lainnya adalah motif renaissance yang cocok digunakan untuk rumah-rumah bergaya Eropa. Ciri khas dari model teralis Renaissance adalah bentuknya yang seperti ukiran dari zaman Eropa kuno. 

Desain teralis jendela geometris

Desain teralis jendela geometris
Sumber: indiamart

Ingin memiliki hunian lebih modern dan aesthetic? Anda bisa menggunakan teralis jendela dengan motif geometris yang banyak ditemukan pada rumah di Asia Timur. Salah satu cirinya adalah bentuk kotak-kotak yang teratur secara vertikal dan horizontal. Agar motif bisa terlihat jelas, model teralis ini cocok untuk jendela berukuran besar. 

Motif teralis jendela tulang ikan

Motif teralis jendela tulang ikan
Sumber: homedit

Pola teralis jendela tulang ikan atau garis nordic populer digunakan pada rumah minimalis modern. Motifnya bisa dibilang sederhana, tetapi bisa membuat rumah terlihat estetik dari luar. 

Model teralis horizontal 

Model teralis horizontal 
Sumber: csworkx

Meskipun terlihat simpel, teralis jendela horizontal ini akan membuat ruangan mendapatkan sinar matahari lebih banyak. Model ini banyak digunakan pada rumah-rumah di Indonesia karena cocok dipakai pada semua tema interior rumah. Jarak antar besi yang tergolong rapat juga membuat rumah lebih aman. 

Baca Juga:  Ide Dekorasi Kamar Tidur di Lahan Sempit Agar Lebih Estetik

Desain teralis motif daun

Desain teralis motif daun
Sumber: Pinterest/Anuraag Sharma

Pada dasarnya, Anda bisa-bisa saja custom motif teralis jendela agar disesuaikan dengan interior rumah. Salah satu motif teralis cukup populer adalah bentuk daun dipadukan dengan garis yang seolah menjadi tangkai.

Pola bunga untuk teralis jendela

Pola bunga untuk teralis jendela
Sumber: Pinterest/Nicolai Darabana

Anda mungkin sudah tidak asing dengan desain teralis minimalis satu ini. Bentuknya yang menyerupai bunga bisa menjadi pusat perhatian saat seseorang melihat jendela rumah. Untuk membuatnya, Anda bisa menggunakan material besi hingga baja ringan yang cocok dipasang pada jendela utama. 

Penutup

Demikianlah beberapa inspirasi model teralis jendela minimalis yang bisa menjadi pilihan untuk jendela rumah ruang tamu Anda. Setelah menemukan desain teralis, pastikan Anda telah mengukur jendela, lalu menentukan jenis material yang akan digunakan. Jika ingin rumah lebih aman, sebaiknya gunakan material besi dan baja karena sangat sulit untuk dihancurkan.

Temukan informasi seputar tips dekorasi dan interior lainnya di Pashouses. Pashouses merupakan platform jual beli rumah bekas dengan proses anti ribet, dijamin aman 100%, dan harga terbaik. Informasi lebih lanjut, kunjungi Pashouses.id

Share:
Panduan Terkait