Panduan » Membeli Rumah » Apa Itu Cash Bertahap? Bagaimana Perhitungannya?

Apa Itu Cash Bertahap? Bagaimana Perhitungannya?

Apa Itu Cash Bertahap? Bagaimana Perhitungannya?
Daftar Isi

​​Siapa bilang pembelian rumah dengan cara mencicil hanya melalui KPR di bank? Faktanya, ada salah satu metode pembayaran dalam dunia properti yang dikenal dengan istilah cash bertahap.

Namun sebenarnya, apa itu cash bertahap? Bagaimana perhitungannya?

Pengertian Cash Bertahap

Cash bertahap juga dikenal dengan sebutan pembelian secara tunai dengan tempo bertahap. Artinya, Anda melakukan pembayaran rumah secara tunai dan bertahap dalam kurun waktu yang relatif singkat. Boleh dibilang, metode pembayaran ini seperti melakukan cicilan, tetapi tanpa adanya bunga seperti KPR atau cara kredit lain secara umum. Cara ini jadi salah satu solusi tepat untuk Anda yang ingin membeli rumah idaman tanpa harus menggunakan sistem KPR atau adanya bunga.

Hanya saja, jangka waktu untuk pelunasan umumnya memang tidak sepanjang KPR yang bisa sampai 20 tahun lebih. Di samping itu, tidak semua developer atau penjual rumah melayani sistem cash bertahap­. Pihak yang menyediakan opsi cash bertahap pun umumnya memberlakukan beberapa syarat dan ketentuan yang lebih ketat dibandingkan KPR.

Mekanisme Cash Bertahap

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan skema pembayaran cash bertahap, maka kesepakatannya langsung dibuat antara Anda dan pihak developer atau penjual. Tentunya, Anda perlu membayar sejumlah DP terlebih dahulu sebagai salah satu bentuk komitmen.

Tidak ada kesepakatan mutlak mengenai berapa besarnya DP yang harus dipenuhi—tiap developer punya ketentuannya masing-masing. Walau begitu, secara umum, besarnya DP cash bertahap lebih besar dibandingkan DP menggunakan sistem KPR.

Panjang tempo cash bertahap umumnya sekitar satu hingga tingga tahun. Jangka waktu ini tentu juga dapat berbeda-beda antara developer atau penjual rumah satu dengan lainnya.

Baca Juga:  Profesi Notaris Tak Cuma Jadi PPAT, Lho!

Keuntungan Cash Bertahap

Setelah mengetahui apa itu cash bertahap dan bagaimana perhitungannya, kenali apa saja keuntungan membeli rumah dengan metode cash bertahap, yakni:

  1. Diskon atau bonus dari pengembang

Developer biasanya akan memberi potongan harga tertentu bagi pembeli yang memilih cash bertahap. Beberapa developer juga mungkin memberi bonus lain seperti furnitur rumah, peralatan rumah tangga, dan sebagainya.

  1. Tidak ada bunga

Cash bertahap adalah solusi bagi Anda yang ingin membeli rumah dengan mencicil tanpa adanya bunga. Di samping terkait keyakinan, total harga rumah tanpa bunga juga lebih murah.

  1. Pembayaran lebih cepat selesai

Anda tak ingin dipusingkan dengan cicilan jangka panjang? Cash bertahap jawabannya. Dengan rerata tempo maksimal selama tiga tahun, Anda tidak perlu memberatkan diri dengan tanggungan dalam jangka panjang.

  1. Urusan administrasi lebih simpel

Dibandingkan KPR, keperluan administrasi cash bertahap lebih sederhana karena Anda tidak mengurus syarat ke bank. Biaya-biaya untuk pengurusan dokumen juga jadi dapat ditekan.

Perbedaan cash bertahap, cash keras, dan KPR

Selain cash bertahap dan KPR, masih ada satu lagi metode pembayaran saat membeli rumah, yaitu cash keras. Perbedaan utama ketiganya adalah pada jangka atau tempo pelunasan.

  • Cash keras : waktu pelunasan biasanya hanya dalam 1 bulan
  • Cash bertahap : waktu pelunasan biasanya antara 1 hingga 3 tahun
  • KPR : waktu pelunasan biasanya 5, 10, 15, 20, 25 tahun

Dari ketiga cara pembayaran tersebut, hanya KPR yang memiliki komposisi bunga di dalamnya. Meski begitu, waktu pelunasannya memang paling panjang sehingga kerap dipilih karena dapat membantu menjaga cash flow.

Hal yang harus diperhatikan saat memilih cash bertahap

Membeli rumah secara cash bertahap juga bukannya tanpa risiko. Cermati beberapa hal berikut sebelum melakukan transaksi.

  1. Cari tahu reputasi developer

Jangan mudah percaya dengan sales yang menawarkan rumah dengan berbagai diskon, bonus, tempo panjang, dan keuntungan lain menggunakan cash bertahap. Cari tahu dulu reputasi dan rekam jejak developer tersebut agar tak menjadi penjualan bodong yang merugikan.

  1. Risiko gagal bayar
Baca Juga:  Membeli Rumah untuk Pertama Kalinya? Ini Panduan Lengkap & Tipsnya!

Pertimbangkan kemampuan membayar Anda. Apabila di tengah jalan Anda tidak dapat memenuhi kewajiban seperti yang disepakati, pihak developer biasanya tidak akan memberi penalti. Namun sebagai gantinya, perjanjian dapat batal dan Anda tidak memperoleh refund.

  1. Pelajari ketentuan dan kesepakatan

Pastikan Anda memahami seutuhnya apa saja yang menjadi syarat dan ketentuan, hak dan kewajiban, serta poin-poin penting lain dalam kesepakatan. Pelajari dan pertimbangkan baik-baik sebelum membuat keputusan.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu cash bertahap dan bagaimana perhitungannya. Metode ini jadi salah satu alternatif pembayaran atas kepemilikan properti, tetapi pastikan Anda memahami betul keuntungan dan risikonya.

Pashouses adalah agen properti profesional dan terpercaya yang menyediakan hunian terbaik dan berkualitas. Meski tak menyediakan cash bertahap, Anda dapat melakukan pembelian secara KPR dengan harga properti yang fair sesuai pasar. Selain itu, Pashouses akan membantu konsultasi dan pengurusan KPR—Anda pun tinggal terima beres tanpa waswas.

Beli rumah di Pashouses sekarang!

Share:
Panduan Terkait