Panduan » Membeli Rumah » Cara Memilih Rumah Second Berdasarkan Pilihan Harganya

Cara Memilih Rumah Second Berdasarkan Pilihan Harganya

Cara Memilih Rumah Second Berdasarkan Pilihan Harganya
Daftar Isi

Berburu rumah second adalah salah satu cara menghemat uang untuk mendapatkan hunian. Tips memilih rumah second berdasarkan harga bisa berguna ketika Anda menghadapi banyak pilihan hunian dengan harga menggiurkan.

Pastikan Anda mendapat hunian terbaik dengan harga paling bersaing saat mencari rumah secondhand, bukan asal murah.

Tips membandingkan harga rumah second

Berburu rumah second menuntut Anda tekun membandingkan harga. Agar biaya yang dikeluarkan sesuai dengan mutu hunian, gunakan beberapa tips perbandingan harga di pasar rumah secondhand berikut ini.

Bandingkan hunian yang mirip 

Mulailah dengan menemukan hunian yang mirip dengan rumah Anda sebelumnya atau berada di jangkauan. Misalnya, temukan rumah di Serpong dengan luas 100 meter persegi, dua kamar tidur, satu kamar mandi, dan satu lantai. Cari beberapa rumah serupa dan lihat perbedaan harganya. Berapa harga rata-rata rumah tersebut?

Gunakan patokan ini untuk menemukan rumah serupa atau yang lebih kecil/besar. Membandingkan hunian yang mirip membantu Anda menentukan kisaran harga yang masuk akal.

Bandingkan hunian lewat jasa jual-beli rumah

Jasa jual-beli rumah daring seperti Pashouses memiliki katalog hunian dari berbagai kategori. Jika Anda tidak bisa mengunjungi properti secara langsung, Anda bisa memanfaatkan situs jasa properti ini karena adanya sistem kategori yang memudahkan pencarian.

Cari rumah yang lama tidak terjual

Coba bandingkan harga rumah yang lama tidak terjual di situs jual-beli properti. Bandingkan ukuran, fasilitas, kondisi, lokasi, dan harga rata-ratanya. Jika beruntung, Anda bisa menemukan rumah yang harganya menurunkan, terutama jika rumah tersebut dijual dalam kondisi kosong.

Baca Juga:  Masih Single & Tinggal Sendirian? Ini Tips Memilih Rumah untuk Single Household

Bandingkan karakteristik lokasi

Karakteristik lokasi rumah bisa memengaruhi harga yang harus Anda bayar. Catat karakteristik dan elemen lokasi hunian lama Anda (jika ada), lalu bandingkan dengan harga rumah-rumah yang masuk dalam daftar Anda. Misalnya, jika hunian sebelumnya dekat jalan besar dan perkantoran, temukan rumah dengan lokasi serupa untuk membandingkan harga.

Hal yang memengaruhi harga rumah

Pastikan Anda juga memperhitungkan faktor yang memengaruhi harga rumah. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan agar mendapat harga bagus untuk rumah second:

Usia dan kondisi rumah

Rumah second hadir dalam berbagai kondisi dan rentang usia. Rumah berusia lebih dari 15 atau 20 tahun mungkin murah, tetapi berpotensi menuntut biaya perbaikan. Rumah yang dijual dalam kondisi kosong tentu berbeda dari yang berperabot.

Sejarah renovasi

Renovasi rumah berpotensi menaikkan harganya tetapi membebaskan Anda dari perbaikan. Contohnya adalah rumah dengan kondisi dapur dan kamar mandi yang bagus, tanpa kerusakan. Walau menambah nilai rumah, keduanya juga meningkatkan kualitas hidup penghuni barunya.

Akses dan fasilitas

Rumah dengan akses dekat ke perkantoran, sekolah, dan pusat hiburan menawarkan harga berbeda dari yang agak terpencil. Hal ini bukan berarti pilihan pertama adalah yang terbaik. Anda bisa pilih rumah murah yang agak terpencil selama kegiatan sehari-hari tidak terlalu terpengaruh jarak.

Tren pasar dan pengembangan

Tren pasar menentukan rentang harga rumah secondhand. Anda bisa membandingkan harga rata-rata hunian yang serupa sebelum melakukan penawaran berdasarkan harga pasar. Potensi pengembangan area di sekitar rumah juga bisa menentukan harganya. Misalnya, apakah area di sekitar rumah tersebut berpotensi ramai? Jika ya, harganya mungkin akan naik.

Membeli rumah lewat Pashouses dan bukan langsung dari pemiliknya adalah cara lain mendapat harga bagus. Pashouses menawarkan beragam rumah second di Jabodetabek, lengkap dengan kisaran harga berdasarkan tren pasar. Anda bisa membandingkan hunian dengan mudah, dan setiap rumah sudah siap huni. Statusnya pun resmi sehingga tidak akan ada masalah perizinan atau sejenisnya.

Baca Juga:  Cara Memilih Rumah Baru, Jangan Tertipu!

Sudah siap menemukan rumah second berdasarkan harga? Lengkapi formulir pembelian di Pashouses sekarang juga, dan mulailah berburu hunian tanpa cemas. Dapatkan rumah berkualitas dengan harga bersaing!

Share:
Panduan Terkait