Panduan » Menjual Rumah » 9 Tips Jual Rumah Lewat Media Sosial Agar Cepat Laku

9 Tips Jual Rumah Lewat Media Sosial Agar Cepat Laku

Tips jual rumah lewat media sosial
Daftar Isi

Bukan hanya bisa digunakan sebagai sarana komunikasi dengan kerabat, media sosial juga kerap dijadikan sebagai tempat promosi saat Anda ingin menjual suatu barang, tidak terkecuali menjual rumah. Memanfaatkan social media, seperti Facebook, Instagram, Twitter, hingga TikTok dapat membantu Anda menjangkau calon pembeli potensial lebih luas. Agar transaksi jual beli properti lebih mudah dan lancar, berikut ini tips jual rumah lewat media sosial.

Mengetahui Karakteristik Media Sosial yang Akan Digunakan

Ada banyak media sosial yang bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan rumah. Menentukan media sosial untuk meng-upload properti Anda sebenarnya cukup mudah, yakni disesuaikan dengan karakteristiknya. Sebagai contoh, Anda ingin menjual rumah di Instagram, maka jenis content yang cocok adalah video reels karena bisa menjangkau audience lebih banyak. 

Namun, jika Anda ingin membagikannya di Twitter, ada baiknya Anda membuat thread yang berisi foto-foto dan deskripsi tentang rumah. Berbeda jika Anda ingin menjual rumah di Tiktok yang mana visualisasi video dan gerakan akan lebih optimal. Setelah menganalisa media sosial mana yang cocok untuk digunakan, diharapkan Anda bisa lebih optimal membuat content. 

Upload Gambar Rumah dengan Foto Berkualitas Bagus

Visualisasi yang menggugah akan membantu calon pembeli menentukan keputusan akan membeli properti Anda atau skip mengabaikan. Oleh karena itu, pastikan untuk upload foto rumah secara profesional karena cenderung lebih menjual daripada foto asal. Untuk mengetahui bagaimana cara mengambil foto, jangan lupa baca artikel 9 Cara Foto Properti Agar Rumah Cepat Terjual

Baca Juga:  Cara Mengurus Akta Kematian Online dan Manfaatnya Sebelum Jual Rumah

Anda mungkin telah memanfaatkan situs jual beli properti online. Agar jangkauan audience lebih luas, Anda bisa membagikan link halaman rumah Anda melalui media sosial. Pastikan untuk menggunakan bahasa yang sesuai dengan karakteristik media sosial yang digunakan. Jangan lupa untuk memasukkan foto-foto properti dengan caption menarik dan informatif, seperti deskripsi rumah dan nomor telepon yang bisa dihubungi. 

Promosikan Keunggulan dari Rumah Anda

Tips jual rumah lewat media sosial selanjutnya adalah promosikan keunggulan rumah Anda melalui caption. Cara ini akan memengaruhi harga rumah dan minat pembeli. Sebutkan keunggulan rumah, mulai dari bagian aksesibilitas yang dekat dengan jalan raya utama, fasilitas umum perumahan, dekat dengan transportasi massal atau pusat perbelanjaan, lingkungan rumah yang asri, atau one gate system sehingga bisa menarik minat calon pembeli.

Membuat Video Walkthrough 

Banyak calon pembeli yang tidak bisa melakukan survei rumah secara langsung. Namun, menyediakan foto rumah dirasa kurang cukup. Sebab itu, Anda perlu memfasilitasi calon pembeli dengan membuat video walkthrough hunian Anda, mulai dari bagian depan, seluruh ruangan, hingga lingkungan sekitar. Video seperti ini akan membantu mereka membayangkan rumah yang akan dibeli. 

Menjaga Komunikasi dengan Calon Pembeli

Calon pembeli umumnya tidak langsung memutuskan untuk membeli hunian Anda pada saat itu. Oleh sebab itu, Anda perlu menjaga komunikasi yang baik dengan mereka, seperti membalas pesan atau direct message dengan cepat. Pantau terus pesan masuk secara teratur Jangan lupa untuk melakukan follow up pembeli saat menjual rumah. Gunakan bahasa yang sopan, professional, informastif, dan tidak bertele-tele saat ada yang bertanya mengenai rumah Anda.

Baca Juga:  3 Cara Menjual Rumah KPR yang Belum Lunas Cicilannya

Bergabung ke Grup Jual Beli Properti 

Facebook memiliki fitur grup yang memungkinkan Anda bertemu dengan banyak orang secara online. Umumnya grup memiliki kategori berdasarkan area, seperti Jual Beli Rumah Bogor atau Jual Beli Tanah Kavling Bandung di mana anggotanya penjual dan pembeli. Anda bisa mencari grup jual beli properti sesuai dengan area. Setelahnya upload foto rumah sehingga dapat dilihat oleh anggota grup.

Cara Jual Rumah di Facebook Marketplace

Manfaatkan fitur Facebook Marketplace untuk transaksi jual beli rumah. Fitur ini dapat membantu mempertemukan penjual dan pembeli rumah dalam radius beberapa kilometer. Ada dua jenis iklan di Facebook Marketplace, yakni iklan gratis dan berbayar. Jika Anda menggunakan iklan gratis maka jangkauannya akan lebih terbatas, sedangkan iklan berbayar memiliki jangkauan lebih luas. Sehingga apabila Anda ingin menjangkau calon pembeli dari luar daerah, manfaatkan fitur berbayar.

Cara menggunakan Facebook Marketplace juga mudah. Anda hanya perlu membuka account Facebook, lalu masuk ke Marketplace. Pilih menu Jual dan unggah foto rumah. Cantumkan detail rumah, seperti tipe rumah, jumlah kamar tidur, keunggulan rumah, luas lahan, harga, contact yang dapat dihubungi, dan informasi penting lainnya. Setelahnya, iklan Anda di Marketplace telah di-update. Pelajari Contoh Iklan Rumah Dijual Online yang Efektif melalui artikel tersebut.

Jenis iklan berbayar lebih dikenal dengan fitur Facebook Ads. Melalui fitur ini, Anda dapat menyetel target audience, mulai dari wilayah, umur, gender, tempat tinggal, hingga spesifikasi lainnya sesuai dengan keyword yang digunakan.

Mempromosikan Rumah Melalui Instagram Ads

Selain melalui Facebook Ads, untuk mempromosikan rumah Anda dapat menggunakan Instagram Ads. Caranya pun mudah, hanya Anda perlu mengatur account Instagram ke settingan bisnis. Berikut ini cara membuat iklan di Instagram untuk membantu proses jual rumah melalui media sosial. 

  • Ubah akun Instagram menjadi profesional atau bisnis melalui Setting and Privacy > Account Type and Tools > Switch to Professional Account. Lalu hubungkan akun Instagram bisnis ke Facebook. 
  • Untuk boost post organic content, buka postingan yang ingin diiklankan, lalu klik tombol boost post.
  • Pilih objective atau select goal yang menjadi tujuan beriklan, seperti apakah Anda ingin user mengunjungi profile, kunjungan ke website, atau mendapatkan direct message.
  • Pilih audience. Anda bisa memilih audience sendiri melalui opsi create your own atau automatic audience yang nantinya akan ditentukan oleh Instagram.
  • Beri nama audience, pilih lokasi, interest, umur, hingga gender. Lalu klik done.
  • Alokasikan budget yang sudah disiapkan lalu pilih durasi, apakah ingin selalu berjalan atau ditentukan dalam beberapa hari.
  • Pada halaman review, cek apakah semua sudah sesuai atau belum.
Baca Juga:  Berapakah Komisi Jual Beli Rumah Melalui Agen Properti?

Penutup 

Itulah tips jual rumah lewat media sosial yang dapat Anda manfaatkan untuk menjual rumah. Perlu diketahui, terkadang menjual rumah bisa membutuhkan waktu apabila Anda menjualnya tanpa perantara. 

Apabila Anda ingin menjual rumah dengan proses cepat, harga terbaik, dan dijamin aman, jual rumah bekas Anda ke Pashouses. Sebagai platform jual beli rumah bekas di Jabodetabek, Pashouses akan membeli rumah Anda hanya dengan mengisi data diri dan data rumah. Informasi lebih lanjut, kunjungi Pashouses.id.

Share:
Panduan Terkait