Panduan » Living » 12 Ide Kolam Ikan Minimalis, Bikin Rumah Tambah Nyaman!

12 Ide Kolam Ikan Minimalis, Bikin Rumah Tambah Nyaman!

Kolam Ikan Minimalis
Daftar Isi

Bagi pecinta ikan hias, memandangi ikan yang hilir mudik bisa menjadi sumber ketenangan dan inspirasi. Beberapa orang berpikir jika akuarium bisa menjadi solusi bagi mereka yang hanya memiliki lahan terbatas.

Namun, sebenarnya bukan tidak mungkin Anda membuat kolam ikan minimalis di area kecil. Ada banyak desain kolam ikan unik yang bisa diterapkan.

Berbekal lahan di rumah ditambah dengan ide kreatif Anda, memiliki kolam ikan minimalis bukanlah hal yang sulit. Berikut ini inspirasi desain kolam ikan untuk Anda. 

Kolam Ikan Minimalis Batu Alam

Sumber: Instagram/jm8_art

Kolam ikan dengan tema batu alam bisa menjadi inspirasi pertama untuk Anda. Tidak hanya mempercantik area depan rumah, tema ini juga bisa menambah kesan segar dan sejuk pada hunian.

Sebaiknya berikan perhatian khusus dalam memilih batu alam yang akan digunakan. Salah satu batu alam yang direkomendasikan adalah batu granit karena mampu membantu mengurangi jumlah perkembangan lumut yang tumbuh di kolam. 

Kolam Ikan dengan Air Terjun Mini

Sumber: flamboyanasri

Memiliki lahan di area samping rumah Anda? Manfaatkan dengan membuat kolam ikan yang digabungkan dengan air terjun mini. Bukan hanya bisa melihat aktivitas ikan di kolam, suara air gemericik menambah ketenangan saat di rumah. 

Kolam Ikan ala Jepang

Sumber: Arsitag

Jika Anda memiliki area di belakang rumah, kolam ikan minimalis bergaya Jepang bisa menjadi alternatif. Sesuai dengan namanya, desain ini hanya membutuhkan ornamen yang sederhana, seperti tanaman bonsai atau bambu. Jangan lupa berikan sedikit aksen batuan dan pancuran. 

Baca Juga:  Serba-Serbi Mengurus IMB untuk Renovasi Rumah: Cara, Persyaratan & Biaya

Kolam Ikan Kaca

Sumber: matchness

Dengan memadukan beton dan kaca, Anda bisa menghadirkan kolam ikan minimalis modern. Tak hanya bisa di terapkan pada area depan, kolam ikan kaca juga bisa dibuat di ruang tengah rumah Anda. 

Kolam Ikan Sekat

Sumber: homelilys

Memiliki lahan yang cukup luas untuk membuat kolam ikan di rumah? Bagaimana jika memanfaatkan lahan tersebut sekaligus menjadi area taman dan tempat kumpul keluarga? Seperti model kolam ikan sekat tersebut. Pisahkan area kolam ikan dan tempat bersantai dengan dek kayu, lalu tambahkan sofa empuk dan coffee table mungil. 

Kolam Ikan Sederhana dengan Tambahan Kayu Dek

Sumber: trendir

Kolam ikan minimalis dan sederhana terkadang tidak perlu menambahkan banyak ornamen. Hanya dengan menambahkan platform kayu di sekeliling kolam, bisa menambah kesan sederhana tetapi elegan. Jika ingin terlihat lebih hidup, Anda bisa memilih gentong besar untuk di area kolam ikan. 

Kolam Ikan Bertingkat

Sumber: dezeen

Kolam ikan dengan model raised menjadi salah satu trend yang sangat mencuri perhatian. Kombinasi kolam ikan dua gaya ini perlu menggunakan teknik yang tepat. Namun, dengan bantuan jasa profesional, bukan tidak mungkin Anda memiliki kolam ikan seperti ini, apalagi jika dilihat desainnya, model ini sangat unik dan cocok untuk berbagai jenis arsitektur rumah. 

Memanfaatkan Area Sudut Rumah

Sumber: houzz.com

Membuat kolam ikan minimalis tidak hanya bisa dilakukan di area depan rumah ataupun belakang rumah. Anda bisa memanfaatkan lahan sempit di sudut rumah. Buat kolam ikan di sudut rumah dengan menambahkan ornamen minimalis, seperti tanaman hias kecil atau bebatuan di sekitar kolam. 

Kolam Ikan dengan Nuansa Alami 

Sumber: thompson-morgan

Konsep natural water garden bisa memberikan kesan kolam ikan yang terbentuk secara alami. Untuk mendapatkan kesan alami, buat kolam ikan senatural mungkin dengan hiasan sederhana dan bentuk yang tidak beraturan. Anda juga bisa menambahkan tanaman rambat yang hidup di air, seperti teratai, lotus, dan lainnya. Biarkan tanaman liar tumbuh bebas di area sekitar kolam, tanpa mengganggu kenyamanan saat Anda memandangi ikan kesayangan. 

Baca Juga:  15 Inspirasi Desain Lemari Bawah Tangga untuk Ruang Tambahan

Kolam Ikan Lingkaran

Sumber: potsnpots

Ada banyak model kolam ikan minimalis lainnya di sudut rumah, salah satunya seperti kolam ikan. Terbuat dari bebatuan, kolam ikan ini tidak membutuhkan area lebar di rumah sekaligus menjadi solusi untuk menghemat pengeluaran. Tambahkan tanaman air di sekitar untuk menambah kesan natural. 

Kolam Ikan Koi Minimalis

Sumber: trendir

Selain menambah keindahan tempat tinggal, hadirnya kolam ikan koi minimalis yang cantik bisa memberikan ketenangan jiwa karena suara air yang mengalir. Anda bisa memanfaatkan area dalam rumah, seperti di bawah tangga dengan menambahkan akses kayu yang akan memberikan kesan natural. 

Hal yang perlu diperhatikan saat membuat kolam ikan koi adalah proses pengacian halus dinding dan kolam lantai agar tidak membahayakan koi kesayangan Anda. Hal ini dikarenakan ikan koi gemar menggosokkan badan ke dinding kolam. Gunakan filter yang baik agar supply oksigen yang dibutuhkan tetap terjaga.

Kolam Ikan dengan Gazebo

Sumber: bisesacontractor

Mungkin model kali ini bukan termasuk kolam ikan minimalis, tetapi tidak ada salahnya memiliki tema ini jika Anda mempunyai lahan luas di belakang rumah. Kolam ikan dengan gazebo di tengah kolam akan menjadi pusat perhatian yang cantik dan menenangkan. Anda bisa minum teh dengan santai sambil memandang ikan koi di dalam kolam. Untuk mempermudah akses menuju gazebo, lengkapi jalan setapak yang menggunakan material bebatuan.

Penutup

Demikianlah inspirasi kolam ikan yang bisa Pashouses berikan. Jadi, tema kolam ikan yang mana yang akan Anda buat di rumah?

Membuat kolam ikan minimalis yang indah akan menambah kenyamanan Anda di dalam rumah, sekaligus berpotensi meningkatkan harga jual rumah Anda saat ingin dijual nantinya. Jika ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai penjualan rumah Anda, silakan berkonsultasi langsung dengan tim Pashouses

Baca Juga:  Memilih Desain Kamar Mandi yang Sesuai Kebutuhan
Share:
Panduan Terkait