Panduan » Living » Simak Estimasi Biaya Renovasi Kamar Mandi Agar Lebih Nyaman

Simak Estimasi Biaya Renovasi Kamar Mandi Agar Lebih Nyaman

Biaya renovasi kamar mandi
Daftar Isi

Ingin membuat desain kamar mandi semakin nyaman? Anda bisa melakukan renovasi pada kamar mandi Anda. Namun, salah satu hal yang harus diperhitungkan sebelum melakukan renovasi kamar mandi adalah biayanya. Biaya renovasi kamar mandi harus diperhitungkan dengan tepat agar desain bisa diaplikasikan sesuai dengan budget yang Anda miliki. 

Ada beberapa rincian biaya yang perlu Anda persiapkan saat melakukan renovasi kamar mandi. Rincian biaya tersebut meliputi biaya jasa, bahan bangunan, serta perabotan tambahan jika Anda ingin mengubah dekorasi. Jika perlu, catat semua biaya yang akan Anda keluarga agar tidak over budget di kemudian hari. 

Namun, kerap kali saat melakukan renovasi kamar mandi, budget membengkak. Oleh karena itu, kami akan membahas mengenai estimasi biaya renovasi kamar mandi.

Rincian Bahan Bangunan yang Dibutuhkan 

Biaya pertama yang harus diperhitungkan adalah biaya bahan bangunan. Ada beberapa jenis bahan bangunan yang dibutuhkan selama proses renovasi kamar mandi, seperti berikut ini.

  • Keramik Dinding Kamar Mandi

Keramik dinding kamar mandi merupakan bahan bangunan yang cukup penting. Bagian ini akan membuat kamar mandi semakin indah dan estetik. Anda bisa membaca Panduan Memilih Keramik Dinding Kamar Mandi yang Estetis dalam artikel tersebut. 

Ada banyak jenis dan desain keramik untuk dinding kamar mandi yang bisa Anda sesuaikan dengan selera. Kebutuhan dus keramik dinding kamar mandi akan sangat bergantung pada luas kamar mandi Anda. Semakin luas, akan semakin banyak dus keramik yang Anda butuhkan. Harga keramik dinding kamar mandi juga sangat bergantung pada ukuran serta merk yang Anda pilih.

Misalnya saja keramik dinding ukuran 25 x 50 dengan isi 8 pcs dijual dengan harga Rp70.000-Rp80.000. Anda bisa menghitung kebutuhan sesuai dengan luas kamar mandi. Dinding kamar mandi biasanya dibuat full keramik karena keramik memiliki sifat tahan air sehingga lebih awet. Anda dapat memilih menggunakan keramik dengan motif yang unik atau warna yang cantik agar kamar mandi Anda lebih aesthetic. Namun, jika ingin menghemat budget, Anda bisa menggunakan setengah dinding keramik, sisanya dengan tembok yang dipadukan dengan warna cat yang senada.

  • Keramik Lantai Kamar Mandi
Baca Juga:  11 Dekorasi Kamar Mandi Estetik

Selain dinding kamar mandi, Anda juga perlu membeli keramik lantai kasar atau anti-slip demi keamanan. Pilihlah desain keramik lantai yang sesuai dengan desain interior kamar mandi Anda, seperti keramik lantai kotak hingga desain hexagonal dengan beragam pilihan warna.

Ada beberapa merk keramik lantai, seperti Platinum, Asia Tile, Milan, Kita, Mustika Keramik, dan lain-lain. Sementara, estimasi budget untuk keramik lantai 60 x 60 berkisar antara Rp75.000 hingga Rp250.000-an untuk lantai granit.

  • Semen dan Pasir

Bahan bangunan lain tentu saja semen dan pasir. Anda memerlukan dua bahan ini untuk dapat merekatkan keramik lantai dan dinding. Harganya pun bervariasi tergantung merk dan banyaknya. Hitunglah kira-kira Anda akan membutuhkan semen dan pasir seberapa banyak. 

Biasanya, diperlukan sampai dengan 7 sak semen untuk merenovasi kamar mandi minimalis. Untuk harga satu sak semen mortar sekitar Rp58.000, jadi total rinciannya sebagai berikut:

BahanUkuranHarga
Semen7 sak (50 kg)7 x Rp58.000 = Rp406.000
Pasir2 KubikRp890.000
  • Cat Kamar Mandi 

Seperti disinggung sebelumnya, untuk menekan budget Anda bisa menggunakan setengah dinding dengan cat. Anda bisa bebas berkreasi warna cat saat merenovasi kamar mandi sesuai dengan selera. Agar cat dinding kamar mandi lebih tahan lama, gunakanlah cat yang tahan air dan cipratan. 

Harga cat tembok dinding interior kamar mandi rumah yang anti air cukup beragam, mulai dari Rp165.000 tanpa brand dengan isi 5 liter. Harga akan bergantung pada merek yang digunakan dan luas kamar mandi Anda. 

Biaya Jasa Tukang

Jika Anda memerlukan bantuan untuk renovasi rumah, Anda dapat menggunakan jasa tukang. Biaya jasa tukang akan bergantung pada daerah atau luas kamar mandi Anda. Ada tukang yang dibayar per hari atau rombongan yang mana mereka akan membeli semua peralatan dan bahan bangunan yang dibutuhkan. Jasa tukang renovasi kamar mandi cukup beragam, mulai dari Rp100.000 sampai Rp200.000 per harinya. Lalu untuk borongan biasanya berkisar pada Rp2.550.000 hingga Rp5.500.000 tergantung jenis pekerjaan dan kesulitannya.

Baca Juga:  15 Warna Cat Ruang Tamu yang Mudah Dipadukan dengan Berbagai Dekorasi 

Biaya Furniture

Jangan melupakan furniture atau perabotan jika Anda ingin merenovasi kamar mandi. Biayanya akan bergantung pada budget yang Anda miliki. Untuk membandingkan harga perabotan, Anda bisa melihatnya di marketplace. Berikut ini beberapa perabotan yang mungkin Anda butuhkan saat renovasi kamar mandi. 

  • Wastafel

Perabotan pertama yang dapat Anda beli adalah wastafel. Banyak sekali fungsi wastafel seperti untuk mencuci tangan, gosok gigi, bercukur, dan sebagainya. Merk dan harga wastafel sangatlah beragam seperti TOTO, Germany Brilliant, atau American Standard dan dengan harga mulai dari Rp470.000 sampai Rp2.000.000. Temukan 15 Inspirasi Desain Wastafel Kamar Mandi Minimalis dan Simpel untuk hunian Anda.

  • Kloset

Kloset merupakan perabotan yang sangat penting. Kloset pun ada dua jenis, yaitu kloset duduk ataupun kloset jongkok. Anda dapat memilih jenis mana yang paling nyaman saat dipakai. Kloset jongkok cenderung memiliki harga lebih murah dibandingkan kloset duduk. 

Merek yang sering digunakan adalah TOTO, American Standard, KOHLER, dan sebagainya. Bila Anda cek di marketplace harga kloset duduk berkisar antara Rp1.400.000 sampai Rp2.000.000, sedangkan untuk toilet jongkok merk TOTO dapat Anda beli dengan harga mulai dari Rp258.500.

  • Shower

Perabotan ini cukup opsional. Jika ingin menambah kenyamanan pada kamar mandi atau Anda kurang menyukai menggunakan bak yang membutuhkan lahan lebih besar, maka shower bisa menjadi pilihan. 

Ada banyak sekali merek shower seperti KOHLER, PALOMA, TIDAL, SORU, Germany Brilliant, dan sebagainya. Harganya pun bervariasi tergantung merk dan kualitasnya. Seperti merk KOHLER yang dibanderol dengan harga sekitar Rp6.967.200 untuk satu set shower-nya, atau Anda bisa mencari di marketplace dengan harga lebih murah seperti merk ONDA dengan harga sekitar Rp109.014.

  • Perintilan Kamar Mandi
Baca Juga:  12 Inspirasi Desain Tangga Luar Rumah

Peralatan atau perintilan lain juga dibutuhkan saat Anda merenovasi rumah. Ada beberapa peralatan, seperti rak handuk, rak sabun, gantungan, hingga keset kamar mandi. Biaya ini sangat bervariasi, Anda bisa membeli sesuai selera dan budget yang telah ditentukan.

Penutup

Demikian informasi seputar biaya renovasi kamar mandi. Melakukan renovasi kamar mandi bisa menambah nilai hunian saat Anda ingin menjual rumah. Biasanya calon pembeli memperhatikan kerapian kamar mandi. Kamar mandi yang rapi dan nyaman bisa meningkatkan minat pembeli. 

Apabila Anda sedang berencana menjual rumah, percayakan kepada Pashouses. Pashouses akan membeli rumah Anda dengan harga terbaik dan proses mudah. Cukup dengan mengisi formulir, lalu isi data diri dan data rumah Anda. Dapatkan penawaran harga dalam 5 hari kerja dan terima tunai dalam 30 hari (S&K berlaku). Informasi lebih lanjut, kunjungi Pashouses.id.

Share:
Panduan Terkait