Panduan » Living » Ide dan Tips Membuat Dapur Cantik untuk Rumah Anda

Ide dan Tips Membuat Dapur Cantik untuk Rumah Anda

Ide dan Tips Membuat Dapur Cantik untuk Rumah Anda
Daftar Isi

Membangun atau merenovasi dapur cantik tidak hanya meningkatkan kualitas hidup. Dapur yang berkualitas atau telah direnovasi ternyata bisa meningkatkan nilai rumah. Jika Anda menghabiskan banyak waktu di dapur atau berencana menjual rumah, membangun dapur yang bagus bisa membuat rumah lebih bernilai.

Tren dapur cantik masa kini

Tren dapur cantik saat ini memadukan desain minimalis, penekanan pada fungsi, serta elemen yang sedikit menyolok mata agar desain minimalis tidak membosankan. Inilah beberapa tren yang bisa Anda coba ketika ingin membangun atau merenovasi dapur.

Warna cerah untuk lemari dapur

Gunakan warna cerah pada lemari dapur agar dapur minimalis terlihat cantik. Pilih warna yang sesuai dengan tema dapur atau keseluruhan rumah. Misalnya, warna merah marun atau jingga tua memberi kesan hangat, sedangkan hijau daun atau pastel cocok untuk kesan alami.

Anda bisa membiarkan lantai, dinding, dan perabot dapur terlihat netral agar dekorasi dapur tidak terlalu menyolok. Menggunakan warna cerah hanya pada lemari dapur juga memudahkan renovasi di masa depan. Anda cukup mengecat ulang lemari tersebut tanpa harus membongkar lantai atau mengecat dinding.

Tambahkan tekstur pada dapur

Permainan tekstur bisa membuat dapur minimalis terlihat lebih menarik. Batu alami, kayu dengan pola serat yang menyolok, batu bata, hingga anyaman bisa membuat dapur terlihat lebih cantik. Anda bisa menambahkan tekstur dalam bentuk pintu lemari, rak dan dekorasi dinding, tempat penyimpanan, meja, konter dapur, dan sebagainya. 

Baca Juga:  Jenis dan Inspirasi Desain Roster Dinding Teras Rumah

Perkakas dapur sebagai dekorasi

Tren dapur minimalis saat ini adalah memanfaatkan perkakas dapur sebagai elemen dekorasi tambahan. Misalnya, Anda bisa membeli perlengkapan masak cantik atau yang terbuat dari logam berwarna seperti tembaga, lalu pajang mereka secara artistik.

Dapur untuk santai dan bersosialisasi

Dapur saat ini tidak hanya dipandang sebagai tempat masak belaka, melainkan juga area untuk bersantai dan bersosialisasi. Dapur model terbuka, penambahan meja dan kursi cantik, desain yang menarik, serta dekorasi cantik membuat ruang ini makin nyaman. Meja dan kursi juga menambah area kegiatan di dapur sehingga seluruh penghuni rumah bisa memanfaatkannya.

Tips merancang dapur cantik

Dapur ideal wajib memiliki kesimbangan antara fungsi dan dekorasi. Inilah beberapa tips agar dapur rancangan Anda terlihat cantik, nyaman, sekaligus fungsional.

Mulailah dari area kerja utama

Perhitungkan area tempat Anda akan menyiapkan bahan makanan dan memasak. Bayangkan jenis perkakas dapur yang paling sering Anda gunakan, misalnya kompor, oven, lemari es, wastafel, dan konter. Ketika merancang area dapur, Anda harus memperhitungkan posisi perkakas penting tersebut serta memastikan agar Anda bisa bergerak bebas.

Gunakan tema sebagai patokan desain

Mendesain dapur tanpa patokan khusus berisiko membuat desainnya bertabrakan dan tidak serasi. Anda bisa menetapkan satu tema khusus sebagai patokan agar desain dapur konsisten. Misalnya, jika ingin tema alami, gunakan warna-warni sejuk serta elemen bertema tanaman dan material alami.

Anda juga bisa menetapkan tema pada aksen dapur, terutama jika Anda menginginkan desain yang timeless. Misalnya, jika Anda menyukai tema pantai, tambahkan tirai dan ubin hias bercorak kerang serta percikan warna biru di antara warna dominan putih dan cokelat muda (warna pasir).

Baca Juga:  13 Inspirasi Desain Ruang TV Minimalis untuk Rumah Anda

Pastikan sirkulasi cahaya dan udara lancar

Sirkulasi cahaya dan udara yang baik tidak hanya menciptakan dapur yang aman dan hemat energi, tetapi juga nyaman. Jendela dan ventilasi yang baik membuat dapur terlihat hangat dan terasa luas. Selain itu, Anda bisa memiliki tempat ekstra untuk menambah dekorasi, misalnya tirai bercorak dan pot tanaman di birai jendela.

Merancang dapur yang cantik, nyaman, dan fungsional adalah kunci hunian nyaman berkualitas. Anda bahkan bisa menjual rumah dengan harga bagus di Pashouses jika sukses merenovasi atau membangun dapur yang indah. Jangan ragu berinvestasi di dapur yang cantik dan nyaman.

Ingin sukses menjual rumah di Pashouses dengan harga bersaing? Gunakan panduan di atas untuk membangun atau merancang ulang dapur cantik Anda!

Share:
Panduan Terkait