Panduan » Living » 15 Inspirasi Desain Backdrop TV Minimalis & Elegan

15 Inspirasi Desain Backdrop TV Minimalis & Elegan

Desain backdrop tv minimalis
Daftar Isi

Desain backdrop TV minimalis menjadi bagian yang cukup penting seiring dengan kehadiran TV layar datar saat ini. Sebagai salah satu dekorasi ruang keluarga atau kamar tidur, kehadiran backdrop TV semakin mempercantik ruangan. 

Bukan hanya memperindah suatu ruangan, dekorasi ini juga mampu menyembunyikan kabel dan colokan sehingga area TV menjadi lebih rapi dan enak dipandang. Dengan banyaknya desain backdrop TV minimalis, Anda bisa memilih model yang sesuai dengan desain interior agar senada. Berikut ini inspirasi desain backdrop TV.

Desain backdrop TV geometris

Desain backdrop TV geometris
Sumber: archify

Motif tertentu, seperti geometris akan membuat ruangan semakin minimalis modern dan tak membosankan. Salah satu area yang bisa Anda manfaatkan adalah backdrop TV yang menjadi focal point dalam satu area. Untuk memiliki backdrop pola geometris ini, Anda dapat mencetak desain tersebut pada material HPL.

Motif bata putih untuk kesan bersih

Motif bata putih untuk kesan bersih
Sumber: Kompas

Bata ekspos seperti ini akan membuat tampilan area TV menjadi lebih unik. Agar tak monoton dan terlihat lebih 3D, bingkai backdrop bata tersebut menyerupai frame foto yang tebal. Agar tetap sesuai dengan interior rumah, pastikan warna bata dilapisi dengan warna yang selaras dengan dinding, sebagai contoh bata putih yang juga menonjolkan sisi bersih pada ruangan. 

Baca Juga:  15 Inspirasi Desain Ruang Makan, Nggak Bikin Bosan!

Backdrop TV dengan material kayu

Backdrop TV dengan material kayu
Sumber: hanslankari

Jika rumah Anda bergaya natural, maka desain backdrop TV minimalis yang satu ini bisa menjadi inspirasi Anda. Tak hanya natural, ide desain ini juga bisa menciptakan suasana kontemporer yang unik. 

Pola kayu sebagai backdrop dapat dibuat menyeluruh atau hanya setengah dinding, tergantung pada selera Anda. Warna alami pada dinding akan menambah kesan sederhana tetapi tetap hangat sehingga cocok untuk ruang keluarga Anda. Pastikan untuk menggunakan jenis kayu yang baik agar tahan lama. 

Backdrop TV mewah dengan marmer

Backdrop TV mewah dengan marmer
Sumber: behance.net

Material marmer tak pernah gagal menghadirkan nuansa mewah dan modern dalam suatu ruangan, begitu juga pada area TV Anda. Terinspirasi dari gambar tersebut, Anda bisa menggunakan marmer yang digabungkan dengan meja minimalis di bawah TV untuk tempat penyimpanan atau rak dinding gantung untuk menyimpan artwork. 

Desain backdrop TV minimalis serba putih

Desain backdrop TV minimalis serba putih
Sumber: wikimedia

Sebenarnya bisa-bisa saja Anda memanfaatkan area dinding sebagai backdrop TV minimalis. Namun, untuk membuatnya lebih menarik dipandang, perhatikan pencahayaan yang bisa menambah cantik area tersebut. Pencahayaan bisa menjadi elemen dekoratif dengan menambahkan lampu dinding atau hidden lamp. Pastikan agar pencahayaan tak langsung menyorot posisi duduk agar tak mengganggu saat menonton TV. 

Backdrop yang menyatu dengan plafon

Backdrop yang menyatu dengan plafon
Sumber: outlookindia

Desain backdrop yang menyatu dengan plafon rumah yang satu ini bisa menjadi inspirasi Anda selanjutnya. Modelnya sangat unik dan mampu menjadi focal point dalam satu ruangan. Sementara kehadiran hidden lamp pada celah backdrop memberikan kesan yang dramatis.

Model backdrop TV seperti ini juga cocok untuk rumah minimalis. Dengan adanya bentangan backdrop hingga ke plafon, area desain ruang TV dan ruang lainnya bisa seolah terpisahkan tanpa harus menghadirkan sekat dinding yang menghabiskan lahan. 

Baca Juga:  Model & Harga Kanopi Balkon Lantai 2 per Meter untuk Rumah Anda

Gabungan marmer dengan kayu

Gabungan marmer dengan kayu
Sumber: behance.net

Menggabungkan dua material seperti kayu dan marmer mampu membuat area backdrop TV menjadi lebih modern dan tak monoton. Namun, pastikan Anda memperhatikan nilai estetika dari gabungan material ini agar tetap cantik dipadukan. Anda bisa menyesuaikan dengan warna lantai, cat dinding ruang tamu, atau furniture yang digunakan. 

Backdrop dari lemari kayu

Backdrop dari lemari kayu
Sumber: homelane

Selain menggunakan backdrop tersendiri, Anda juga bisa memanfaatkan lemari kayu untuk tempat menyimpan TV. Pilih lemari kayu yang memiliki banyak partisi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan karya seni, buku, atau barang lainnya. 

Backdrop modern dengan garis vertikal 

Backdrop modern dengan garis vertikal 
Sumber: shija12.wordpress.com

Jika ingin desain backdrop TV minimalis yang modern maka yang satu ini bisa menjadi inspirasi Anda selanjutnya. Tak membutuhkan banyak ornamen, hanya dengan menambahkan desain wall moulding vertikal, area TV menjadi lebih modern. Padukan dengan lemari kayu yang warnanya senada dengan backdrop. 

Backdrop TV dengan wallpaper

Backdrop TV dengan wallpaper
Sumber: home-designing.com

Mau membuat backdrop TV yang simpel tetapi elegan dengan biaya yang terjangkau? Maka trik menggunakan wallpaper bisa menjadi alternatif. Pilih wallpaper dinding yang motifnya tak begitu ramai dengan warna netral seperti krem, putih, atau abu-abu sehingga mampu menciptakan suasana yang mewah. 

Backdrop kaca dengan motif abstrak

Backdrop kaca dengan motif abstrak
Sumber: GlamorouslifeofKB

Inspirasi desain backdrop TV minimalis selanjutnya terbuat dari material kaca yang akan menambah kesan glamor pada ruangan rumah Anda. Agar membuatnya semakin menarik, Anda dapat membuat backdrop TV dengan motif abstrak seperti pada di gambar. Namun, untuk menghindari warna dan motif berlebihan, pilihlah warna yang netral seperti putih atau krem. 

Backdrop dinding plester

Backdrop dinding plester
Sumber: hayneedle.com

Jika Anda menyukai desain yang simpel, maka Anda bisa memanfaatkan dinding plester untuk backdrop. Jenis backdrop ini akan sangat cocok diaplikasikan pada rumah bertema industrial mengingat dinding plester identik dengan kesan unfinished. 

Tema gelap serba hitam

Tema gelap serba hitam
Sumber: youtube.com

Backdrop TV mewah serba hitam juga bisa menjadi inspirasi yang akan membuat ruangan di rumah semakin elegan dan tegas. Seperti pada gambar, Anda dapat menggunakan material granit atau marmer bermotif gelap yang membentuk gelombang untuk desain backdrop TV di rumah. Tambahkan lemari pada samping dan bawah TV yang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang sehingga ruangan selalu rapi. 

Baca Juga:  Ide dan Tips Membuat Dapur Cantik untuk Rumah Anda

Backdrop panel kayu

Backdrop panel kayu
Sumber: Pinterest

Ingin desain yang simpel lainnya? Desain backdrop TV ini sangat cocok digunakan pada rumah bergaya Japandi yang mengutamakan material kayu pada furniture-nya. Hal yang membuatnya lebih menarik adalah konsep minimalis dan multifungsi karena selain digunakan sebagai backdrop desain ini sebenarnya bisa menjadi partisi antar ruang tamu dengan ruang makan

Backdrop bingkai kayu

Backdrop bingkai kayu
Sumber: indonesiadesign

Inspirasi desain backdrop TV minimalis yang terakhir adalah balutan kayu yang indah. Material kayu identik dengan kecantikannya yang minimalis dan memberikan kesan hangat, sehingga dapat diterapkan pada ruang keluarga Anda. Anda bisa membuat backdrop dari kayu dengan memenuhi seluruh dinding dan hanya menyisakan kotak putih di tengah untuk menyimpan TV. Agar senada, pilih dekorasi ruangan berwarna krem atau cokelat pada gorden, karpet, atau furniture lainnya. 

Penutup

Backdrop TV memang terkesan simpel, tetapi mampu menambah kecantikan suatu ruangan. Semoga inspirasi desain backdrop TV minimalis hingga mewah di atas dapat membantu Anda menemukan model yang paling sesuai. 

Tak hanya menambah kemewahan, hadirnya backdrop TV juga bisa menambah nilai rumah Anda saat berencana menjualnya. Jika Anda berencana menjual rumah dengan harga terbaik, jual rumah bekas Anda di Pashouses. Hanya dengan mengisi data diri dan data rumah, dapatkan penawaran harga dari kami dalam waktu 5 hari. Informasi lebih lanjut mengenai proses jual beli rumah bekas kunjungi Pashouses.id

Share:
Panduan Terkait