Panduan » Living » Kenali Desain Rumah Industrial yang Sedang Populer

Kenali Desain Rumah Industrial yang Sedang Populer

desain rumah industrial
Daftar Isi

Kehadiran desain industrial tak asing ditemukan pada bangunan kantor atau kafe. Namun, desain rumah industrial saat ini banyak digunakan dalam interior rumah tapak. Konsep unfinished pada desain industrial jika dipadukan dengan perabotan, pencahayaan, dan pemilihan material yang tepat mampu menciptakan rumah modern. 

Berencana untuk merenovasi rumah berkonsep industrial? Yuk, pahami lebih dengan mengenai konsep desain rumah industrial melalui artikel berikut ini. 

Apa Itu Gaya Industrial? 

Berawal dari tahun ‘50-an, sejumlah bangunan pabrik yang terbengkalai di Eropa menyebarkan gaya arsitektur industri pertama kali. Alasannya adalah mengubah pabrik menjadi perumahan, kafe, restoran, hingga co-working space demi efisiensi.

Desain pabrik yang tak terpakai dibiarkan tanpa dipoles atau diubah sedikitpun sehingga menampilkan kesan alami sehingga membuatnya berbeda dengan gaya interior lainnya. Berbeda dengan desain rumah mewah, konsep industrial tampil apa adanya. Gaya industrial umumnya menampilkan desain terbuka dengan penggunaan batu bata tanpa plester, material baja beton, stainless steel, hingga menambahkan kayu untuk kesan rumah lebih hangat. 

Desain rumah industrial cocok untuk Anda yang menyukai konsep rumah unik, sederhana, tidak begitu formal. Dari segi biaya pembuatannya, desain rumah industrial cenderung lebih terjangkau dan mudah diubah sesuai dengan kebutuhan karena desainnya yang lebih fleksibel. 

Karakteristik Desain Rumah Industrial

Layaknya gaya rumah lainnya, konsep rumah industrial juga memiliki ciri atau karakteristik tersendiri sehingga membuatnya lebih menarik. Apa saja karakteristik rumah industrial? 

Baca Juga:  Sebelum Pasang Plafon Gypsum di Rumah, Ketahui Hal Penting Ini! 

Material yang digunakan

Salah satu yang membuat rumah industrial unik adalah material yang digunakan. Konsep rumah ini menggunakan bahan yang memiliki karakter kokoh, tahan pakai, dan dapat didaur ulang, seperti material logam, aluminium, kayu, dan batu. 

Pemilihan warna ruangan

Penggunaan warna juga akan menghasilkan konsep rumah yang berbeda antara satu desain dengan desain lainnya. Begitupun pada konsep hunian bergaya industrial yang banyak memilih warna abu-abu, hitam, putih, atau warna gelap lainnya. Untuk memberikan kesan personal dan ruangan lebih hidup, umumnya pemilik menambahkan beberapa karya seni dan pajangan. 

Ruangan berkonsep open space

Salah satu ciri khas pada desain rumah industrial adalah ruang terbuka tanpa sekat atau open space. Konsep terbuka ini dapat diaplikasikan pada atap rumah, yang mana pipa atau penyangga atap terlihat jelas. Untuk mempercantik ruangan, Anda bisa menambahkan lampu gantung dan kabel yang menjuntai. 

Penggunaan aksesori & dekorasi yang minim

Salah satu ciri khas desain interior industrial adalah kesederhanaan. Begitupun pada penggunaan aksesoris dan dekorasi yang cukup minim tetapi fokus pada fungsi. Aksesoris seperti seni dinding abstrak, material logam, atau objek dari hasil daur ulang akan membuat ruangan semakin menarik. 

Penggunaan elemen kayu 

Meskipun material yang digunakan didominasi oleh besi, baja beton, dan bahan kokoh lainnya, penggunaan elemen kayu juga harus dimasukkan pada desain rumah industrial untuk membuat hunian menjadi lebih hangat dan nyaman. Elemen kayu bisa Anda aplikasikan pada langit-langit ruang tamu atau lantai vinyl motif kayu atau penggunaan parket.

Pencahayaan temaram pada ruangan

Desain industrial mengutamakan pencahayaan alami yang hemat energi. Namun, jangan melupakan penggunaan lampu gantung untuk malam hari. Anda bisa memilih lampu gantung dengan kabel panjang yang terbuat dari baja, tembaga, atau besi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan lampu spotlight untuk pencahayaan yang lebih dramatis. 

Baca Juga:  Info Biaya Tambah Daya Listrik Paling Update 2023

Lantai industrial yang khas

Ciri khas lain pada konsep rumah industrial ada pada lantai rumah. Sama seperti bagian atap dan dinding yang menggunakan bata ekspos, pada lantai rumah industrial Anda bisa menggunakan material beton ekspos yang dipoles atau penggunaan lantai kayu untuk membuatnya senada dengan elemen lain.

Ide Desain Rumah Industrial

Konsep industrial tidak hanya bisa diaplikasikan pada salah satu ruang saja. Berikut ini inspirasi model rumah industrial untuk berbagai ruangan rumah Anda. 

Model ruang tamu industrial: Simpel dan nyaman

Model ruang tamu industrial: Simpel dan nyaman
Sumber: homestolove

Konsep rumah dengan high ceiling (langit-langit tinggi) banyak digunakan pada rumah-rumah di Indonesia karena memiliki banyak manfaat. Mulai dari ruangan yang tampak lapang, sirkulasi udara yang baik, pencahayaan yang maksimal, hingga rumah lebih sejuk. 

Konsep ini juga bisa diaplikasikan pada ruang tamu industrial. Anda bisa menggunakan jendela besar agar cahaya yang masuk ke dalam lebih maksimal. Untuk menambah kesan industrial, sebagian dinding ruang tamu bisa menggunakan batu bata ekspos yang dipadukan dengan tembok putih. Tambahkan dekorasi seperti bohlam yang menjuntai atau barang pribadi untuk menambah sisi personal pemilik rumah.

Konsep terbuka pada dapur & ruang makan

Konsep terbuka pada dapur & ruang makan
Sumber: homestolove

Konsep open space pada dapur akan membuat ruangan lebih lapang sehingga Anda bisa lebih nyaman saat memasak. Padukan dapur dan meja makan yang juga bisa dimanfaatkan sebagai area berkumpul keluarga. Pilih material beton, kayu, besi, dan pipa yang terekspos dengan pemilihan warna gelap untuk menambah kesan modern. 

Desain pagar industrial yang estetik

Desain pagar industrial yang estetik
Sumber: Parboaboa

Konsep rumah industrial sudah bisa Anda aplikasikan pada bagian depan rumah, seperti pagar. Anda bisa memadukan roster yang terbuat dari tanah liat dengan pagar besi berwarna hitam yang akan membuat rumah lebih eksotis dan estetik. 

Baca Juga:  12 Inspirasi Desain Tangga Luar Rumah

Kamar lebih hangat dengan bata ekspos

Kamar lebih hangat dengan bata ekspos
Sumber: wallpapertip

Bata ekspos menjadi salah satu ciri khas rumah industrial. Namun, Anda juga bisa mengombinasikan batu bata dengan cat kamar putih untuk memberikan kesan nyaman dan bersih. Seperti pada gambar yang  memadukan bata ekspos cat putih, sprei kasur putih, dan standing lamp besar pada bagian samping tempat tidur. Tambahkan ornamen pigura pada dinding agar lebih artistik. 

Desain rumah industrial ala Korea

Desain rumah industrial ala Korea
Sumber: architecturebeast

Drama Korea mampu memengaruhi penontonnya untuk mengaplikasikan gaya industrial pada huniannya. Ada banyak drama Korea yang menggunakan latar rumah industrial yang unik, modern, dan mewah. Seperti pada gambar yang memadukan warna-warna monokrom pada ruang tamu berkonsep open space. 

Konsep rumah industrial ala mezzanine

Konsep rumah industrial ala mezzanine
Sumber: modernchandeliers

Konsep terbuka dengan high ceiling juga bisa dimanfaatkan dengan membuat area mezzanine pada kamar tidur dan ruang keluarga. Terlebih lagi konsep rumah industrial banyak diterapkan pada kaum muda yang menginginkan hunian minimalis, praktis, dan multifungsi di lahan yang terbatas. 

Desain kamar mandi industrial

Desain kamar mandi industrial
Sumber: nasoni.com

Penggunaan semen ekspos untuk nuansa industrial bisa diaplikasikan pada kamar mandi rumah Anda, khususnya pada bagian wastafel dan rak dinding. Padukan dengan partisi material baja berwarna hitam dengan tema abu-abu untuk menambah nuansa industrial. Untuk memberikan kesan lapang, Anda juga bisa memberikan dekorasi kamar mandi cermin gantung.

Penutup

Demikianlah informasi mengenai desain rumah industrial yang bisa diterapkan pada hunian Anda. Rumah yang memiliki konsep arsitektur dan interior tak hanya akan mempercantik dan membuat nyaman untuk ditinggali, tetapi bisa menambahkan harga jual rumah Anda. 

Temukan ratusan rumah second dijual siap huni di Jabodetabek dengan proses aman 100%. Seluruh rumah yang dijual telah melewati proses verifikasi dan renovasi sehingga bisa langsung ditempati. Temukan rumah idaman di Pashouses.id

Share:
Panduan Terkait