Panduan » Living » 15 Inspirasi Desain Ruang Makan, Nggak Bikin Bosan!

15 Inspirasi Desain Ruang Makan, Nggak Bikin Bosan!

desain ruang makan
Daftar Isi

Sudah diketahui jika ruang makan menjadi area berkumpulnya seluruh anggota keluarga. Mengganti dekorasi ruang makan akan membuat area tersebut semakin cantik, nyaman, dan tidak membosankan untuk keluarga.

Banyak desain ruang makan yang bisa menjadi inspirasi untuk hunian Anda, maka tidak ada salahnya untuk membuat ruangan ini lebih menarik. Berikut ini beberapa inspirasi desain ruang makan mewah, minimalis, hingga yang berlahan sempit. 

Ruang makan yang bersatu dengan mini bar

Ruang makan yang bersatu dengan mini bar
Sumber: Freepik/ArtPhoto_studio

Khusus untuk Anda pasangan yang baru menikah, membuat ruang makan yang digabungkan dengan dapur mini bar akan menambah keintiman bersama pasangan. Terlebih lagi jika area ruang makan memiliki lahan yang terbatas. Solusi ini akan membuat ruang makan terlihat sederhana tetapi tetap modern. 

Model ruang makan aesthetic

Model ruang makan aesthetic
Sumber: Pashouses

Ruang makan aesthetic di lahan yang kecil? Bisa banget! Anda bisa memanfaatkan lahan kecil pada area ruang tamu untuk meletakkan sebuah meja makan minimalis. Pastikan untuk menggunakan warna yang senada dengan dekorasi ruang tamu Anda. Agar lebih estetik, tambahkan beberapa dekorasi seperti tanaman hias atau sebuah lukisan di dinding. 

Desain ruang makan lesehan ala Jepang

Desain ruang makan lesehan ala Jepang
Sumber: dissolve.com

Anda pastinya tidak asing dengan restoran Jepang yang berkonsep lesehan. Tak ada salahnya menerapkan ruang makan lesehan ala Jepang, khususnya pada ruangan yang tidak begitu besar. Anda hanya perlu menyediakan karpet dan meja panjang dengan kaki-kaki yang pendek dan dipadukan dengan lantai vinyl untuk memberikan suasana natural.

Baca Juga:  Jenis-Jenis dan Harga Batu Alam untuk Dinding Rumah Anda

Ruang makan dengan meja bundar

Ruang makan dengan meja bundar
Sumber: decoholic.org

Bukan tidak mungkin memanfaatkan lahan sempit di rumah untuk ruang makan keluarga. Anda hanya perlu pintar memilih furniture meja makan minimalis, seperti meja makan bundar berukuran sedang dengan empat kursi. Penggunaan meja bundar akan membuat posisi duduk lebih dekat sehingga kegiatan makan menjadi lebih intim. 

Desain ruang makan monokrom

Desain ruang makan monokrom
Sumber: Freepik

Rasanya tidak akan pernah salah memadukan warna hitam dan putih pada hunian Anda, termasuk pada ruang tamu. Konsep ini akan memberikan kesan berkelas, khususnya pada desain ruang makan bergaya minimalis modern. Jangan lupa untuk memberikan sebuah tanaman hias di pojok ruangan agar tidak monoton.

Desain ruang makan minimalis serba putih

Desain ruang makan minimalis serba putih
Sumber: Pashouses

Menggunakan peralatan serba putih akan memberikan efek lapang pada ruang makan Anda. Pilihlah meja makan berwarna putih gading dengan aksen kayu untuk menambah kesan natural. Di atas meja, tambahkan dekorasi vas bunga atau tanaman kering agar semakin cantik. 

Penggunaan meja makan untuk ruang makan santai

Penggunaan meja makan untuk ruang makan santai
Sumber: Freepik/rawpixel.com

Ruang makan tidak hanya digunakan sebagai tempat makan. Banyak keluarga yang akhirnya menjadikan ruangan ini sebagai tempat berkumpul untuk mengobrol. Daripada ruang makan memiliki desain yang kaku dan membosankan, bagaimana jika area ini dibuat lebih santai?

Anda bisa menggunakan meja makan panjang dan memadukannya dengan bangku panjang atau tempat duduk sofa biasa. Penggunaan furniture ini juga akan membuat ruangan tampak lebih lapang. 

Ruang makan elegan dengan sentuhan hitam 

Ruang makan elegan dengan sentuhan hitam 
Sumber: Pashouses

Manfaatkan area samping tangga untuk membuat ruang makan di rumah Anda. Kesan minimalis dan elegan bisa Anda rasakan pada desain ruang makan serba hitam dengan aksen kayu pada meja. Gunakan bangku sofa minimalis agar kegiatan makan menjadi lebih nyaman.

Baca Juga:  Ingin Membuat Kamar Estetis? Ikuti Panduan Berikut!

Ruang makan cantik ala modern scandinavian

Ruang makan cantik ala modern scandinavian
Sumber: Freepik/dit26978

Penggunaan warna putih dan netral, aksen kayu, dan sederhana menjadi ciri khas model ruang makan scandinavian. Padukan dengan bingkai sebagai dekorasi, penggunaan lampu putih yang unik, serta pasang lantai vinyl untuk menambah kenyamanan. 

Minimalis bersatu dengan ruang tamu

Minimalis bersatu dengan ruang tamu
Sumber: Pashouses

Memadukan ruang tamu dengan ruang makan menjadi hal yang biasa pada rumah minimalis. Karena keterbatasan lahan, tak ada salahnya jika Anda melakukan hal tersebut, selama area ruang makan dibedakan dengan ruang tamu. Salah satunya adalah adalah penggunaan karpet yang berbeda bisa menjadi pembeda dua ruangan tersebut. Pilihan lainnya, Anda bisa menempatkan sebuah kabinet di antara dua ruangan tersebut yang berfungsi sebagai partisi. 

Ruang makan dengan sentuhan kayu

Ruang makan dengan sentuhan kayu
Sumber: Pashouses

Alternatif desain ruang makan dengan budget kecil selanjutnya adalah menggunakan konsep natural seperti pada desain tersebut. Pilihlah meja makan dengan bahan kayu alami berukuran kecil yang tak hanya mengurangi biaya finishing, tetapi juga memberikan kesan natural. Pastikan untuk selalu membersihkan area ruang makan dan memberikan lapisan anti rayap secara berkala pada furniture Anda agar lebih awet dan tahan lama. 

Ruang makan mewah 

Mencari inspirasi desain ruang makan mewah? Umumnya ruang makan mewah terdiri dari meja panjang dengan kursi yang tergolong banyak. Untuk menambah kesan mewah, tambahkan lampu kristal pada dekorasi ruang makan rumah Anda. Pilihlah lampu kristal dengan desain bulat, memanjang, atau lainnya yang menyesuaikan dengan desain meja makan. 

Ruang makan yang menyatu dengan dapur

Ruang makan yang menyatu dengan dapur
Sumber: smartmama

Bukan hal yang aneh jika ruang makan menyatu dengan dapur. Selain lebih menghemat ruang dan membuat desain terkesan lebih luas, hal ini juga akan membantu mengurangi biaya dekorasi jika dua ruang tersebut dipisahkan. 

Baca Juga:  15 Model Pagar Rumah Setengah Tembok untuk Rumah Minimalis

Ruang makan bergaya bohemian

Desain ruang makan bohemian mengedepankan tampilan yang sejuk dengan paduan furniture tenun. Umumnya, warna-warna yang digunakan pada gaya bohemian adalah hijau, cokelat, merah tanah, kuning, dengan pola zigzag warna-warni. 

Untuk Anda pecinta tanaman, bisa juga menerapkan ruang makan berkonsep bohemian seperti di foto. Jangan lupa untuk melapisi lantai dengan karpet bercorak.

Desain ruang makan ala cafe

Menyulap ruang makan keluarga ala cafe bisa menjadi inspirasi selanjutnya. Anda bisa menggunakan gaya desain cafe yang sesuai dengan konsep rumah, seperti ala industrial, vintage, klasik, atau bergaya shabby chic. Anda juga bisa menambahkan beberapa dekorasi, seperti lampu gantung, karpet, penggunaan meja dan bangku makan yang unik, hingga peralatan makan ala cafe. 

Penutup

Demikianlah inspirasi desain ruang makan, model yang manakah yang menjadi favorit Anda? Temukan inspirasi seputar interior dan dekorasi rumah lainnya melalui artikel Pashouses. 

Pashouses merupakan platform jual beli rumah bekas siap huni dengan proses yang anti ribet dan harga terbaik. Temukan rumah dijual di area Jabodetabek atau dapatkan pengalaman menjual rumah dengan mudah dan dapatkan penawaran dalam 5 hari. Informasi lebih lanjut, kunjungi Pashouses.id.

Share:
Panduan Terkait