Panduan » Living » 15 Model Desain Garasi Mobil di Rumah Minimalis/Lahan Terbatas

15 Model Desain Garasi Mobil di Rumah Minimalis/Lahan Terbatas

tampak rumah bagian depan dengan mobil
Daftar Isi

Saat memiliki kendaraan, jangan lupa untuk mempersiapkan sebuah garasi yang menjadi tempat menyimpan mobil Anda. Desain garasi mobil yang baik harus sesuai dengan dimensi mobil agar bisa menyimpan mobil dengan aman. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membuat garasi, Anda harus menyiapkan lahan yang cukup untuk garasi Anda.

Selain lahan yang cukup, Anda harus menentukan bahan yang akan dipakai serta model atau desain garasi mobil yang cocok dengan tipe rumah Anda. Pasalnya selain menjadi tempat menyimpan mobil, garasi rumah kerap dijadikan bengkel mini di mana Anda melakukan perbaikan serta menyimpan peralatan. Desain garasi mobil yang memiliki konsep juga akan menambah nilai rumah Anda. 

Dengan banyaknya fungsi dari garasi, menentukan model garasi menjadi cukup sulit. Berikut desain garasi mobil yang dapat Anda jadikan referensi.

Berapa Ukuran Garasi Mobil yang Ideal?

Sebelum membahas mengenai desain garasi mobil, sebaiknya Anda mengetahui ukuran garasi mobil yang ideal untuk rumah dan kendaraan Anda. Jika ditanya ukuran yang ideal, maka jawabannya akan disesuaikan dengan dimensi mobil Anda.

Mobil city car tentunya memiliki dimensi yang berbeda dengan MPV sehingga Anda harus mengetahui betul ukuran kendaraan. Setelahnya, Anda perlu menghitung rumus batas minimum ruang garasi yang sesuai dengan dimensi kendaraan. Dilansir dari wuling.id, berikut ini ukuran batas minimum ruang garasi. 

  • Panjang garasi tambahkan 100 – 120 cm dari panjang mobil
  • Lebar garasi tambahkan 100 cm dari lebar mobil
  • Tinggi garasi tambahkan 100 cm dari tinggi mobil
Baca Juga:  13 Inspirasi Desain Ruang TV Minimalis untuk Rumah Anda

Luas garasi juga akan bergantung pada berapa banyak mobil yang Anda miliki. Sebagai contoh, Anda memiliki satu mobil jenis hatchback, LCGC, atau city. Maka ukuran garasi yang ideal adalah panjang 4.5 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 2-3 meter. Sementara untuk mobil dengan dimensi lebih besar, maka ukuran ideal garasi adalah panjang 6 meter, lebar 2.6 meter, dan tinggi 3 meter. 

Model Garasi Mobil di Lahan Terbatas

Setelah mengetahui ukuran garasi yang ideal, maka berikut ini rekomendasi desain garasi mobil di lahan terbatas.

Garasi Simpel dengan Kanopi Rumah

Garasi Simpel dengan Kanopi Rumah
Sumber: Pashouses

Meskipun masuk ke dalam kategori rumah minimalis, umumnya rumah-rumah di perumahan memiliki carport yang digunakan untuk menyimpan kendaraan. Anda bisa memasang kanopi pada garasi rumah. Selain membuat rumah lebih sejuk, hadirnya kanopi pada garasi juga akan menjaga mobil dari guyuran air hujan yang dapat merusak body mobil jika tidak segera dibersihkan. 

Desain Garasi dengan Taman

Desain Garasi dengan Taman
Sumber: arsitekjawatengah.wordpress.com

Sisa lahan rumah yang sempit dapat dijadikan garasi mini untuk kendaraan Anda. Disarankan untuk tidak menggunakan gerbang agar lahan yang kecil terasa lebih luas. Supaya tidak monoton, Anda bisa menambahkan beberapa tanaman pada area teras rumah untuk menambah kesan natural di pojok atau digantung di atas. Hitung jarak atas mobil dengan atap jika ingin meletakkan tanaman gantung agar tidak mengenai atap kap mobil. 

Desain Garasi Shabby Chic

Desain Garasi Shabby Chic
Sumber: Orami

Garasi mobil dengan konsep shabby chic juga cocok untuk dijadikan pilihan. Penggunaan warna pastel yang manis dapat mempercantik garasi serta rumah Anda. Anda dapat menggunakan warna biru, pink, ungu untuk menghias garasi. Ditambah dengan sentuhan rumput sintetis yang membuat garasi lebih berwarna.

Desain Garasi Mobil Samping Rumah

Desain Garasi Mobil Samping Rumah
Sumber: arcadiadesain.com

Sebelum membuat garasi, Anda harus memperhatikan sisa lahan yang tersedia. Umumnya garasi berada di bagian depan rumah. Namun, jika Anda memiliki sisa lahan di area samping rumah, tidak ada salahnya memanfaatkannya untuk carport. Konsep ini juga lebih unik karena Anda harus menaruh mobil di bagian samping rumah Anda. Keuntungannya, Anda bisa langsung memantau mobil dari dalam rumah.

Baca Juga:  11 Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu, Bikin Makin Lega

Desain Garasi Modern untuk 2 Mobil

Desain Garasi Modern untuk 2 Mobil
Sumber: Pinterest/Nikhil nik

Mencari desain garasi yang lebih modern untuk dua mobil Anda? Berbeda dengan garasi satu mobil membutuhkan lahan lebih kecil, jika memiliki kendaraan lebih dari satu berarti Anda membutuhkan lahan yang lebih luas. Manfaatkan lahan di depan dengan membuat tiang-tiang kayu yang menyerupai gapura. Desain ini membuat garasi lebih tegas dan nyaman.

Natural dengan Aksen Kayu

Natural dengan Aksen Kayu
Sumber: afaeryorchardproject.blogspot.in

Garasi dengan aksen kayu sangat cocok bagi Anda yang memiliki rumah dengan tema alam. Konsep garasi ini banyak menggunakan bahan dari material kayu yang memiliki corak khasnya tersendiri. Anda dapat memadukan kayu dengan metal besi berwarna hitam untuk memberikan kesan mewah pada garasi.

Desain Garasi Rumah Kecil Terpisah

Desain Garasi Rumah Kecil Terpisah
Sumber: deavita.net

Tak semua garasi harus menyatu dengan rumah utama. Konsep garasi terpisah juga cukup banyak digemari. Anda dapat membangun sebuah rumah kecil yang nantinya dapat Anda gunakan sebagai garasi kecil. Konsep ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki banyak sisa lahan yang tidak terpakai.

Garasi Indah Penuh Kaca

Garasi Indah Penuh Kaca
Sumber: proportcanopies.co.uk

Garasi dengan material luar kaca juga dapat Anda jadikan pilihan. Sinar matahari akan semakin mudah masuk dengan garasi full kaca. Selain mempercantik, kaca-kaca ini dapat menciptakan ilusi yang membuat garasi Anda terlihat lebih luas.

Desain Garasi Tingkat 2 dengan Lift

Desain Garasi Tingkat 2 dengan Lift
Sumber: garageliving.com

Sudah banyak parkir-parkir di mall atau hotel yang menggunakan lift untuk parkir kendaraan. Ide ini dapat digunakan pada garasi Anda. Meskipun harus menggunakan banyak anggaran tetapi desain ini dapat membantu Anda menghemat lahan parkir kendaraan Anda.

Garasi Mobil Monokrom

Garasi Mobil Monokrom
Sumber: kes-garage.com

Garasi dengan gradasi warna monokrom dapat memberikan Anda kesan mewah nan eksklusif. Selain itu, Anda dapat menggunakan bahan seperti keramik marmer untuk menambah kesan mahal pada garasi rumah. Padukan warna monokrom dengan warna emas dan putih untuk mendapatkan hasil maksimal.

Baca Juga:  Sebelum Dibongkar, Ketahui Rincian Biaya Renovasi Atap Rumah 

Garasi Mobil Tanpa Gerbang

Garasi Mobil Tanpa Gerbang
Sumber: sigiarchitect.com

Jenis garasi ini sering ditemui pada rumah-rumah di Indonesia. Tak jarang orang memilih tidak memasang gerbang karena akan membuat rumah Anda terlihat sempit dan ramai. Namun, perlu diperhatikan jika desain garasi mobil ini cocok untuk lingkungan rumah yang aman dan dijaga petugas keamanan selama 24 jam. Umumnya, rumah-rumah cluster dengan sistem one gate yang memiliki penjagaan 24 jam dan CCTV akan sangat cocok menggunakan model garasi rumah seperti ini. 

Garasi ala Basement

Garasi ala Basement
Sumber: arquitetocaio.com

Garasi ala basement dapat Anda jadikan pilihan jika Anda memiliki banyak kendaraan tetapi tidak banyak memiliki lahan tersisa. Garasi ini dapat menghemat lahan sekaligus memberikan Anda privasi lebih karena tidak terjangkau orang luar.

Menyatukan Garasi dengan Ruangan Lain

Menyatukan Garasi dengan Ruangan Lain
Sumber: homify

Meskipun memiliki fungsi untuk menyimpan mobil, garasi rumah juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang. Maka hal yang wajar jika Anda menemukan banyak rumah yang menjadikan garasi sekaligus area gudang. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggabungkan garasi dengan ruang di sebelahnya, seperti ruang tamu, ruang keluarga, atau area dapur dengan pintu penghubung.

Garasi dengan Rolling Door

Garasi dengan Rolling Door
Sumber: Raynor

Selain pagar geser, Anda juga bisa menggunakan rolling door atau pintu rolling untuk garasi rumah. Desain pintu ini lebih praktis dan mudah digunakan saat ingin memasukkan atau mengeluarkan mobil. 

Tema Industrial yang Maskulin

Tema Industrial yang Maskulin
Sumber: dailysia.com

Desain garasi mobil selanjutnya adalah tema industrial yang tertutup. Dari segi tampilan, garasi ini menampilkan nuansa maskulin dengan penggunaan warna gelap, batu bata, dan lantai semen. Anda bisa membuat pagar bergaris agar cahaya bisa tetap masuk ke area garasi rumah. 

Penutup

Demikianlah informasi seputar desain garasi mobil. Semoga Anda bisa menemukan model garasi yang cocok untuk hunian Anda. 

Memiliki rumah dengan tempat penyimpanan mobil tentu akan memudahkan Anda menyimpan kendaraan. Temukan rumah bekas siap huni yang sudah pasti memiliki garasi di Pashouses. Kami memiliki ratusan rumah second dengan harga terbaik dan dijamin aman 100% di area Jabodetabek. Tak hanya memiliki carport, rumah yang dijual di Pashosues dapat dilalui oleh dua mobil, bebas banjir, dan tidak jauh dari pintu tol atau stasiun KRL atau LRT. Temukan rumah impian Anda di Pashouses!

Share:
Panduan Terkait