Panduan » Living » 13 Inspirasi Desain Plafon Rumah Idaman

13 Inspirasi Desain Plafon Rumah Idaman

desain plafon
Daftar Isi

Berencana untuk renovasi plafon rumah Anda? Tidak hanya berfungsi sebagai pembatas atap dengan sebuah ruangan, plafon rumah berperan sebagai peredam bising dan panas, hingga mempercantik dekorasi rumah Anda. Untuk itu, memilih desain plafon rumah tidak bisa dilakukan sembarangan. 

Secara umum, bentuk plafon rumah terbagi menjadi dua, yaitu plafon up ceiling dan drop ceiling. Kedua model tersebut kerap ditemukan pada rumah-rumah modern.

Plafon up ceiling merupakan bentuk plafon yang sebagian besar permukaannya terangkat ke atas untuk memberikan kesan lega pada ruangan. Untuk mempercantik bentuk up ceiling, pemilik rumah kerap menempatkan lampu halogen atau LED strips pada permukaan yang lebih rendah agar bisa memantulkan cahaya yang redup. 

Kebalikan dari up ceiling, plafon drop ceiling merupakan plafon gantung. Jika dilihat dari bawah, model plafon ini terlihat seperti bidang yang turun. Biasanya jarak bidang yang diturunkan sekitar 15-20 cm. Karena pembuatannya tergolong lebih rumit, bentuk plafon drop ceiling biasanya lebih mahal sekitar 30% dari biaya pasang plafon biasa. 

Bentuk plafon modern memang ada dua, tetapi ada banyak desain plafon yang bisa menjadi inspirasi Anda. Bermodal kreativitas dan inspirasi di bawah ini, rumah Anda bisa memiliki plafon yang elegan hingga mewah. Berikut inspirasi model plafon untuk di kamar, ruang tamu, dapur, atau area lainnya.

Plafon Desain Kerucut

Sumber: onekindesign

Plafon rumah tidak selalu datar. Inspirasi desain plafon yang pertama adalah konsep kerucut dengan finishing cat warna putih. Anda bisa menemukan plafon ini di villa atau cottage dekat pantai. Model plafon ini akan membuat ruangan lebih lapang dan klasik. 

Baca Juga:  11 Model Teralis Jendela Minimalis untuk Ruang Tamu Anda

Model Plafon Kamar Tidur Anak

Sumber: gomsh

Kamar tidur Anda identik dengan warna dan motif yang eye catching. Untuk memaksimalkan interior kamar, Anda juga bisa memberi cat pada plafon kamar dengan menggunakan tiga warna netral seperti di gambar. Perpaduan warna pada plafon dengan tambahan kipas angin atau lampu di tengah, akan membuat ruangan lebih fresh dan ceria. 

Perpaduan Plafon dengan Lampu Sorot

Sumber: bbydlifestyle

Untuk memberikan kesan dramatis dalam suatu ruangan, Anda bisa menambahkan lampu sorot pada bagian samping plafon atau ditempelkan di material tambahan di bawahnya. Lampu sorot ini juga akan membuat ruangan menjadi lebih terang dan hangat. 

Plafon Kayu dengan Lampu Gantung

Sumber: koloapp

Jika ingin ruangan lebih klasik modern, maka desain plafon ini mungkin cocok untuk Anda. Tidak hanya menyatu dengan tembok putih, plafon kayu juga akan semakin cantik dengan pencahayaan yang tepat. Tambahkan lampu hias gantung sebagai focal point.

Desain Plafon Minimalis dengan Skylight

Sumber: velux

Menggabungkan plafon dengan skylight adalah solusi untuk Anda yang menginginkan ruangan terlihat lebih lapang dan bisa mendapatkan sinar matahari lebih banyak. Skylight merupakan ventilasi cahaya yang terbuat dari material transparan, seperti kaca, fiberglass, atau akrilik. Desain plafon rumah ini cocok untuk rumah modern minimalis.

Desain Plafon Ruang Tamu Industrial

Sumber: Pinterest/Kaleb Dale

Inspirasi desain plafon selanjutnya adalah industrial yang bisa diterapkan pada ruang tamu rumah Anda. Tema ini didominasi dengan warna abu-abu elegan. Dipadukan dengan pipa-pipa, jendela besar dan gorden warna gelap yang senada, akan membuat ruangan terasa lebih luas. Untuk dekorasi, Anda bisa menggunakan lampu gantung minimalis. 

Plafon Rumah ala Skandinavia

Sumber: hunterfan

Ada banyak material yang bisa digunakan untuk plafon rumah, salah satunya adalah balok kayu. Dibandingkan dengan gypsum, plafon berbahan balok-balok kayu akan memberikan nuansa ruangan ala scandinavia. 

Baca Juga:  15 Inspirasi Roof Garden Taman di Atas Rumah yang Cantik & Nyaman

Desain Plafon Unik

Sumber: Decorathing

Menggabungkan pola segitiga pada plafon akan menciptakan desain abstrak yang unik. Padukan dengan dekorasi ruangan minimalis sehingga ruangan tidak terlihat “penuh”.

Plafon Up Ceiling Minimalis

Sumber: archdaily

Plafon up ceiling akan membuat tampilan ruangan lebih modern. Untuk memberikan kesan lebih unik, Anda bisa membuat plafon dengan bentuk tidak beraturan pada ruang tamu atau ruang kerja di rumah. Sesuaikan juga model kursi dan meja kerja yang senada dengan desain plafon. 

Model Plafon Gypsum Lingkaran

Sumber: exportersindia

Model plafon lingkaran cocok untuk ruang tamu besar. Padukan dengan strip neon emas atau putih untuk memberikan kesan modern dan mewah. Alternatif lain, jika ingin menambah aksen ruangan yang lebih elegan, Anda bisa menggunakan lampu gantung berwarna emas dan putih di tengah ruangan. 

Model Plafon Karakter

Sumber: topdreamer

Aplikasikan plafon kamar tidur anak dengan desain karakter favorit mereka. Tambahkan juga ornamen lain seperti lampu ilusi. Tidak hanya membuat ruangan lebih hangat, karakter favorit akan membuat kamar lebih ceria. 

Desain Plafon Geometris

Sumber: buildingandinteriors

Ruangan terbatas bukan penghambat untuk membuat ruangan lebih menarik dengan desain plafon yang berbeda. Salah satu desain plafon yang bisa diterapkan adalah pola geometris. Padukan dengan warna favorit Anda atau interior ruangan tersebut. 

Plafon Rumah Wallpaper untuk Tempat Ibadah

Sumber: rwhome

Jangan melupakan ruang ibadah di rumah Anda. Meskipun hanya ruang ibadah yang berukuran kecil, bukan berarti Anda tidak bisa memaksimalkan interior area ini. Pemilihan model plafon bertingkat bisa Anda pertimbangkan. Tambahkan wallpaper seperti langit biru untuk menambah kesan lapang.

Demikian inspirasi desain plafon rumah yang bisa jadi inspirasi Anda. Mempercantik plafon pada ruangan di rumah tidak hanya menambah kenyamanan, tetapi juga meningkatkan harga jual rumah. Anda bisa menjual rumah dengan harga bagus di Pashouses setelah renovasi plafon rumah.

Baca Juga:  13 Desain Pintu Kamar Mandi Mewah & Minimalis

Ingin menjual rumah di Pashouses dengan harga terbaik dan proses anti ribet? Temukan informasi lebih lanjut dengan menghubungi tim Pashouses

Share:
Panduan Terkait