Panduan » Living » Inspirasi Desain Kitchen Set Minimalis Modern untuk Ruang Dapur Anda

Inspirasi Desain Kitchen Set Minimalis Modern untuk Ruang Dapur Anda

kitchen set minimalis
Daftar Isi

Memasang kitchen set minimalis adalah jawaban tepat jika Anda memiliki lahan dapur yang terbatas. Desain lebih simpel, mudah dibersihkan, dan  juga tidak ada banyak dekorasi yang akan mempersempit ruang gerak Anda saat memasak. 

Kitchen set minimalis modern kerap dipilih untuk hunian bertipe 35 atau rumah tipe 45, dengan varian bentuk L, U, linier, atau lurus memanjang. Agar bisa menemukan desain kitchen set yang sesuai dengan karakteristik rumah, berikut ini inspirasinya untuk Anda. 

Kitchen Set Minimalis Nuansa Putih

Sumber: remodelista

Warna putih kerap digunakan untuk ruangan sempit agar memberikan kesan lebih lapang. Hal ini dikarenakan warna putih merefleksikan cahaya dan membuat ruangan lebih terang. Agar tidak monoton, Anda bisa mengombinasikannya dengan ornamen emas atau marmer untuk meja dapur. 

Desain Kitchen Set Material Kayu

Sumber: thecreativityexchange

Jika ingin desain ruangan dapur lebih klasik dan hangat, Anda bisa menggunakan tema kayu sebagai desain kitchen set minimalis. Gunakan motif asli dari kayu agar lebih natural. 

Ada beberapa kayu olahan yang kerap digunakan sebagai kitchen set, seperti Multipleks (plywood), Blockboard, Medium Density Fiberboard (MDF), atau High Pressure Laminate (HPL). Seluruh material kayu tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika ada budget lebih, sebaiknya gunakan bahan multipleks. Meskipun harganya lebih mahal dibandingkan yang lain, kualitasnya sebanding karena material lebih kuat, awet, dan tahan air yang cocok digunakan di dapur.

Baca Juga:  Tertarik Membeli Rumah Tusuk Sate? Ketahui Mitos & Faktanya Terlebih Dahulu

Kitchen Set Stainless Steel Minimalis

Sumber: kitchencabinetscorp

Selain menggunakan material kayu, Anda juga bisa menggunakan stainless steel yang akan memberikan sentuhan berbeda pada ruangan dapur. Tema ini kerap digunakan pada dapur restoran, tetapi bisa diaplikasikan pada dapur Anda. 

Karena permukaannya lebih solid, kelebihannya tidak akan menyerap noda sehingga mudah dibersihkan dan lebih awet penggunaannya. Anda juga bisa memadukannya dengan material lain, seperti kabinet kaca atau kabinet kayu pada bagian atas.

Dapur Tema Monokrom Lebih Maskulin

Sumber: kaboodle

Kitchen set bertema monokrom bisa menjadi pilihan untuk tema rumah modern minimalis. Warna monokrom umumnya terdiri dari beberapa warna, seperti putih, abu-abu, atau hitam. Anda bisa memilih warna hitam sebagai meja dapur, lalu memadukan warna putih untuk kabinet agar lebih selaras. Jangan lupa menggunakan rak dapur, kompor, lukisan, atau dekorasi monokrom lainnya. 

Model Kitchen Set Tema Industrial

Sumber: dehouse

Selain monokrom, tema industrial juga akan memberikan kesan hangat dan maskulin pada dapur Anda. Tema ini memadukan material kayu, besi, dan aluminium sebagai bahan utamanya. Anda bisa menggunakan kabinet dan meja makan berbahan kayu, lalu padukan dengan kitchen sink hingga peralatan dapur berwarna hitam.

Dapur Lebih Cantik dengan Kitchen Set Pastel

Sumber: decorandocomasi

Model kitchen set minimalis selanjutnya untuk rekomendasi Anda adalah warna pastel. Pemilihan warna ini akan membuat dapur feminine dan cantik. Gunakan warna kuning, pink, ungu muda, atau krem. Jika ingin yang lebih gelap, Anda bisa menggunakan warna tosca yang bisa diterapkan pada dinding dapur atau furniture

Kitchen Set Shabby Chic

Sumber: themoodguide

Shabby chic merupakan gaya desain interior yang berkembang pada tahun ‘80-an di Inggris. Gaya ini memadukan motif bunga-bunga kecil, warna pastel yang memudar, dan perabotan lawas. Ruang dapur yang menggunakan gaya shabby chic pada kitchen set akan membuat dapur lebih cantik dan feminine. 

Untuk menerapkan tema ini, Anda bisa menghadirkan motif bunga pada taplak meja, wallpaper, atau kursi makan. Jangan lupa untuk menggunakan perabotan vintage sebagai pajangan di dapur Anda. 

Baca Juga:  Gypsum Dinding: Kelebihan & Kekurangan, Merek, Harga, Tips Membeli

Kitchen Set dengan Kabinet Kaca

Sumber: domino.com

Agar dapur lebih rapi, gunakan kabinet atas dan bawah untuk menyimpan peralatan dapur hingga bumbu-bumbu dapur. Namun, agar memudahkan Anda saat mencari sesuatu, gunakan kitchen set yang memiliki kabinet kaca, khususnya pada kabinet atas. Tentunya material kaca akan dipadukan dengan bahan kayu, aluminium atau besi. 

Penutup

Demikianlah inspirasi kitchen set minimalis yang bisa diterapkan pada dapur Anda. Bagi sebagian orang, dapur mungkin identik dengan ruangan yang kotor dan berasap sehingga kurang diperhatikan interiornya. 

Namun, memiliki dapur yang cantik dan nyaman tentu akan membuat aktivitas memasak menjadi lebih semangat. Terlebih lagi, banyak rumah minimalis menyatukan dapur dengan ruang makan, sehingga interior dapur yang cantik akan membuat kegiatan makan bersama keluarga semakin nyaman dan hangat. Interior dapur yang cantik berkat adanya kitchen set juga akan menambah harga jual rumah Anda dan estetika rumah yang akan ditinggali.

Jika Anda mencari rumah full furnished dengan desain yang sudah direnovasi, cari berbagai pilihan rumah dijual di Pashouses. Pashouses Expert Consultant akan membantu Anda mendapatkan rumah impian dengan bantuan proses pengajuan KPR secara gratis. Info lebih lanjut, kunjungi Pashouses.id

Share:
Panduan Terkait