Panduan » Living » Jenis Lantai Kamar Mandi Anti Licin yang Aman Digunakan

Jenis Lantai Kamar Mandi Anti Licin yang Aman Digunakan

lantai kamar mandi
Daftar Isi

Setelah membahas mengenai keramik dinding kamar mandi, memilih material flooring menjadi hal penting. Pasalnya kamar mandi yang erat dengan air, seharusnya menjadi alasan untuk memilih jenis lantai kamar mandi yang tepat. Hal ini mencegah pengguna kamar mandi terpeleset atau jatuh yang bisa membahayakan kesehatan. 

Seperti yang diketahui jika ada banyak jenis lantai yang kerap digunakan untuk flooring, mulai dari keramik, lantai vinyl, granit, hingga plester. Namun, jenis lantai seperti apakah yang cocok untuk kamar mandi Anda?

Memilih jenis lantai kamar mandi harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tentu saja selera Anda. Berikut jenis-jenis lantai kamar mandi yang anti licin dan aman untuk hunian Anda.

Jenis-jenis Lantai Kamar Mandi

Lantai Keramik

Lantai Keramik
Sumber: Freepik/pvproductions

Lantai keramik merupakan jenis lantai paling banyak digunakan. Jenis lantai ini memberikan kesan simpel pada kamar mandi, dan ada banyak motif keramik kamar mandi yang bisa disesuaikan dengan konsep interior. 

Lantai Batu Kerikil

Lantai Batu Kerikil
Sumber: digsdigs.com

Lantai batu kerikil pada kamar mandi dapat memberikan kamar mandi kesan alami. Jenis lantai ini biasanya dipadukan dengan lantai lain, seperti lantai granit atau keramik biasa. Namun, perlu memilih lantai batu kerikil yang tepat, seperti permukaan yang halus agar tidak sakit saat dipijak. Oleh karena itu, umumnya jenis lantai ini kerap dijadikan hiasan atau pelengkap lantai kamar mandi saja. 

Lantai Kamar Mandi Batu Alam

Lantai Kamar Mandi Batu Alam
Sumber: Pinterest

Jenis lantai ini mirip dengan lantai batu kerikil. Perbedaannya terdapat pada ukuran dan pengaplikasian. Lantai ini biasanya menggunakan batu alam yang diplur menggunakan semen dan diperhalus. Namun, Anda dapat membiarkan sedikit permukaan batu menonjol untuk mempertahankan kesan estetik dan natural pada kamar mandi.

Baca Juga:  Ketahui Daftar Harga Lantai Marmer Sebelum Pasang di Rumah

Lantai Semen

Lantai Semen
Sumber: Anne-Marie Boston

Lantai semen pada kamar mandi dapat memberikan kamar mandi Anda kesan unfinished yang unik. Agar tidak monoton, Anda dapat mengombinasikan lantai ini dengan sedikit ukiran atau batu koral untuk mempercantik kamar mandi Anda. Disarankan untuk melakukan pengecekan secara berkala. Agar lebih awet sebaiknya gunakan semen khusus mengingat penggunaannya untuk kamar mandi yang akan cepat retak jika menggunakan semen biasa.

Rubber Laminating

Rubber Laminating
Sumber: apartmenttherapy.com

Pernah mendengar rubber laminating? Sebenarnya, fungsinya adalah sebagai pelapis kamar mandi agar tidak licin karena terbuat dari karet. Material ini juga mudah dibersihkan karena tidak menyerap air. Selain itu, rubber laminating sedikit hangat dan lunak sehingga cocok digunakan untuk kamar mandi anak. Dengan rubber laminating, kamar mandi Anda akan menjadi lebih aman.

Lantai Kamar Mandi Granit

Lantai Kamar Mandi Granit
Sumber: Freepik/dit26978

Lantai granit memiliki daya serap yang sangat kecil sehingga cocok dijadikan material lantai toilet. Dengan daya serapnya yang kecil ini, daya tahannya akan semakin kuat dan tahan lama. Meskipun membuatnya lebih mudah tumbuh lumut yang dapat membuat lantai licin, dengan pembersihan berkala, kamar mandi akan tetap terlihat indah dan bersih.

Keramik Lantai Matte

Keramik Lantai Matte
Sumber: digsdigs.com

Lantai keramik matte memiliki tekstur yang khas. Teksturnya yang kesat membuatnya sangat cocok untuk kamar mandi basah seperti bathtub dan shower. Jenis lantai ini cocok untuk interior dengan konsep minimalis. 

Keramik Motif Hexagonal

Keramik Motif Hexagonal
Sumber: forbes.com

Motif hexagonal mulai populer digunakan untuk lantai toilet. Selain memberikan kesan modern, motif ini juga anti slip sehingga Anda tidak mudah terpeleset. Agar memberikan kesan mewah, elegan dan modern, sebaiknya pilih motif hexagonal dengan warna gelap yang dipadukan dengan dinding marble serta furniture putih. 

Keramik Motif Kayu

Keramik Motif Kayu
Sumber: mystonefloor.com

Keramik dengan motif kayu sangat cocok untuk kamar mandi nuansa Japandi. Selain itu, motif kayu juga dapat memberikan kesan natural yang nyaman. Ada beragam pola yang dapat Anda pilih, tapi salah satu yang paling populer adalah motif garis-garis.

Baca Juga:  13 Desain Batu Alam Dinding Teras Depan Rumah yang Populer

Keramik Kamar Mandi Motif Bunga

Keramik Kamar Mandi Motif Bunga
Sumber: bakedtiles

Inspirasi lantai toilet selanjutnya adalah motif bunga yang akan memberikan kesan feminine pada kamar mandi Anda. Motif ini dapat Anda dapatkan dari keramik atau rubber laminating yang didesain khusus. Dengan motif bunga, kamar mandi akan terasa lebih sejuk karena kesannya yang natural.

Lantai Vinyl

Lantai Vinyl
Sumber: Freepik

Jenis lantai kamar mandi berikutnya adalah lantai vinyl. Material ini cukup mudah dipasang dan dibersihkan. Kelebihan lainnya, karena bersifat tahan air penggunaannya terbilang cukup awet dan tak kalah penting lainnya adalah vinyl tidak licin sehingga aman digunakan. 

Lantai Keramik Motif Caspari

Lantai Keramik Motif Caspari
Sumber: ebberns

Lantai dengan motif caspari terkenal akan sifatnya yang anti slip sehingga lebih aman saat diinjak. Selain itu, motif caspari memiliki keunikannya tersendiri karena mengambil inspirasi desain abad pertengahan sehingga memberikan kesan klasik pada kamar mandi Anda.

Keramik Bergaris Anti-Slip

Keramik Bergaris Anti-Slip
Sumber: horrellrealtors

Motif lantai bergaris akan menciptakan tekstur. Tekstur yang timbul tersebut bisa membantu pengguna kamar mandi memiliki pijakan sehingga lebih aman dan tidak mudah terpeleset. Umumnya pola garis sudah disesuaikan sehingga terkadang muncul kotoran atau lumut. Pastikan untuk menjaga permukaan tetap kesat dengan rutin dibersihkan. 

Tips Merawat Lantai Kamar Mandi

Sisa sabun, pasta gigi, debu, dan air tergenang bisa menyebabkan lantai cepat kotor. Terlebih lagi jika tipe kamar mandi basah yang kerap terkena air sehingga lebih gampang rusak. 

Merawat lantai perlu dilakukan untuk mencegah Anda mengeluarkan biaya tambahan jika keramik rusak. Bagaimana caranya?

Membersihkan Secara Berkala

Merawat lantai paling mudah adalah dengan membersihkannya secara berkala. Membersihkannya bisa dengan menyikat lantai menggunakan sabun khusus atau bahan-bahan alami yang bisa Anda temukan di dapur. Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda membandel, seperti:

  • Baking soda. Caranya dengan menaburkan baking soda pada lantai yang kotor dan berkerak, lalu gosokkan dengan spons atau sikat. Diamkan sebentar, setelahnya bilas hingga bersih. 
  • Cuka. Caranya dengan melarutkan cairan cuka dan air, lalu semprotkan ke bagian lantai yang kotor, terakhir bilas dengan air. Tak hanya menghilangkan noda, bahan ini juga bisa membunuh kuman dan bakteri. 
  • Garam. Garam juga cukup efektif menghilangkan kotoran di lantai. Larutkan garam dengan 2 liter air, lalu masak hingga mendidih. Setelahnya siram larutan air ke lantai yang kotor, lalu sikat hingga noda terangkat. 
Baca Juga:  15 Inspirasi Desain Backdrop TV Minimalis & Elegan

Menggunakan Bahan Dasar Lantai Tahan Air

Ingin lantai lebih awet dan tidak mudah rusak? Cara paling awal yang bisa Anda lakukan adalah memilih jenis lantai yang tahan air sehingga memperkuat daya tahan lantai. Pilihlah lantai seperti granit atau bahkan karet untuk kamar mandi Anda. Selain kuat, bahan ini juga memiliki sifat anti slip.

Menggunakan Furniture yang Tidak Merusak Lantai

Tak jarang memilih furniture yang salah dapat berujung merusak lantai. Pilihlah furniture dengan pengaman di bagian bawah agar mengurangi gesekan yang dapat merusak lantai.

Penutup

Demikianlah beberapa jenis dan motif lantai kamar mandi yang anti licin dan tidak mudah berkerak sehingga lebih aman digunakan. Agar lantai lebih awet, pastikan untuk membersihkannya secara rutin. Hindari membersihkan kamar mandi saat lantai sangat kotor karena akan menyulitkan Anda.

Kamar mandi yang bersih dan indah tidak hanya akan menambah kenyamanan, tetapi juga nilai rumah Anda saat berencana menjualnya. Pasalnya tak sedikit calon pembeli yang memperhatikan kebersihan kamar mandi saat melakukan survey. Kamar mandi yang bersih menandakan pemilik rumah merawat rumah dengan benar. 

Jual rumah dengan harga terbaik hanya di Pashouses. Pashouses memiliki expert consultant yang akan membantu Anda menjual rumah melalui proses anti ribet. Cukup dengan mengisi data diri dan data rumah di website Pashouses, Anda bisa mendapatkan penawaran harga dalam 5 hari. 

Share:
Panduan Terkait