Panduan » Membeli Rumah » Masih Single & Tinggal Sendirian? Ini Tips Memilih Rumah untuk Single Household

Masih Single & Tinggal Sendirian? Ini Tips Memilih Rumah untuk Single Household

Cara Terbaik Memilih Rumah yang Cocok untuk Single Household
Daftar Isi

Meskipun secara status Anda single, tidak ada yang bisa menghalangi Anda untuk membeli rumah. Bagaimanapun juga, memiliki rumah adalah hak setiap orang, bukan? Tetapi, bagaimanakah bentuk rumah yang cocok untuk single household

Nah, kali ini Pashouses akan mengajak Anda untuk mengetahui tips memilih rumah untuk single household—alias tinggal sendiri. Aspek-aspek yang akan kita bahas meliputi tipe rumah, desain, serta luas yang ideal untuk dipilih. Yuk, kita pelajari bersama!

Menentukan rumah yang cocok untuk single household

Pada prinsipnya, karakteristik rumah yang tepat tidak bisa dipukul rata untuk setiap orang. Sebab, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan kala memilih rumah. Beberapa faktor tersebut meliputi bujet yang sudah disiapkan, lokasi, desain, serta keinginan menambah anggota keluarga.

Aspek bujet

Bisa dikatakan bujet adalah aspek utama yang memengaruhi pembelian rumah bagi seseorang. Semakin besar bujet yang Anda miliki, semakin banyak pilihan rumah yang bisa diincar. Jika Anda mengincar rumah yang lokasinya dekat dengan pusat kota, kemungkinan besar Anda bisa menemukannya dengan cepat dengan bujet yang berlimpah.

Meski demikian, Anda tak perlu khawatir. Anda bisa ajukan pinjaman KPR untuk membeli rumah impian. Jika permohonan dikabulkan, maka langkah selanjutnya adalah memilih rumah yang sesuai dengan keinginan Anda. 

Lokasi

Siapa yang tidak mau rumah yang lokasinya dekat dengan tempat kerja? Selain menyingkat waktu transportasi, biaya transportasi ke lokasi kerja pun bisa ditekan.

Jika kantor Anda berlokasi di pusat kota, mungkin Anda perlu siapkan bujet ekstra untuk membeli rumah yang dekat dengan kantor. Namun, tidak ada salahnya memilih lokasi yang agak ‘pinggiran’ jika bujet terbatas. 

Baca Juga:  Syarat Beli Rumah KPR, Biar Proses Pengajuan Segera Disetujui

Akhir-akhir ini, banyak perumahan baru yang didirikan di kawasan pinggiran kota (suburb). Secara lokasi, tentu agak jauh dari pusat kota. Tetapi, harga rumah lebih miring daripada rumah pusat kota. Prospek harga ke depannya (jika Anda menjual) pun cukup bagus karena daerah pinggiran kota biasanya akan terus dikembangkan.

Luas rumah

Berapa luas rumah yang cocok untuk single household? Untuk aspek yang satu ini, jawabannya tergantung preferensi masing-masing. Selain itu, Anda juga perlu pertimbangkan kemungkinan menambah anggota keluarga (menikah) dalam waktu dekat.

Jika Anda berencana untuk menikah dalam waktu dekat, pas rasanya untuk memilih rumah yang tidak terlalu sempit. Misalnya, Anda bisa pilih rumah bersubsidi dengan luas bangunan maksimal (36 m2) dan luas tanah yang maksimal pula (60 m2 atau lebih). 

Kalau bujet tidak jadi masalah, Anda bisa lebih leluasa pilih rumah dengan luas bangunan dan luas tanah yang sesuai dengan keinginan.

Desain rumah

Memiliki rumah selagi single memberikan keuntungan tersendiri karena Anda bisa menentukan desain rumah sesuka hati. 

Dilansir dari Kompas, salah satu desain rumah yang populer adalah rumah dengan desain minimalis. Meski demikian, ada orang yang lebih suka desain lain, misalnya seperti Scandinavian, Mediterannean, atau industrial. Semua pilihan sah-sah saja untuk dijadikan opsi desain rumah Anda.

Bagaimana dengan desain interior rumah yang cocok untuk single household? Lagi-lagi, interior yang sesuai sifatnya personal dan tergantung pada bujet.

Misalnya, Anda memilih desain minimalis untuk rumah. Nah, dengan desain ini, Anda perlu pertimbangkan pemilihan warna-warna cerah untuk interior rumah. Penggunaan corak pada perabot dan aksesori rumah boleh-boleh saja, tetapi perlu diminimalkan. 

Selain itu, minimalkan adanya sekat atau penggunaan partisi. Sebagai contoh, dapur bisa didesain dengan konsep open kitchen. Ukurannya pun tidak perlu dibuat terlalu besar. Lalu, gunakan meja makan lipat atau meja bar. 

Baca Juga:  Apa Saja Syarat Pembelian Rumah Secara KPR?

Perbanyak juga pencahayaan alami—misalnya dengan memasang jendela yang cukup besar. Dengan begitu, rumah Anda bisa terlihat lebih luas.

Penutup

Setelah membaca informasi mengenai rumah yang cocok untuk single di atas, pastinya Anda jadi makin ingin beli rumah sendiri. Pashouses harap Anda bisa segera merealisasikan keinginan tersebut, ya!

Kalau Anda sedang mencari rumah di kawasan Jabodetabek, coba kunjungi website Pashouses. Anda bisa melihat beragam rumah second rekondisi dengan desain yang modern. Cocok untuk Anda yang suka dengan desain rumah yang simpel, tetapi tetap mengedepankan estetika dan kenyamanan.

Pashouses juga siap membantu Anda dalam proses pembelian rumah dari awal sampai selesai. Tak perlu ragu, Anda akan ditangani tim yang profesional dan berpengalaman. Anda juga tidak perlu repot mengurus KPR karena Pashouses akan turut membantu. 

Klik link berikut untuk informasi lebih lanjut. 

Share:
Panduan Terkait