Panduan » Menjual Rumah » Rumah Disewakan atau Dijual? Ketahui Pertimbangan Untung dan Ruginya

Rumah Disewakan atau Dijual? Ketahui Pertimbangan Untung dan Ruginya

Rumah Disewa atau Dijual
Daftar Isi

Rumah menjadi salah satu jenis investasi properti yang menguntungkan, terlebih lagi jika Anda memiliki lebih dari satu rumah. Namun, rumah yang tidak ditempati juga membutuhkan biaya perawatan yang besar. Sehingga tak jarang Anda bimbang memutuskan antara rumah disewakan saja atau dijual ke orang lain?

Keputusan rumah dikontrakkan/disewakan atau dijual tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebelum akhirnya Anda mengambil keputusan, simak pertimbangan antara menjual atau menyewakan rumah. 

Pertimbangan Rumah Dikontrakkan atau Disewakan

Jika dibandingkan dengan menjual rumah, mengontrakkan rumah terkadang menjadi opsi yang lebih mudah dan cepat. Meskipun tidak mendapatkan keuntungan langsung besar, biaya sewa setiap bulan atau tahun bisa dimanfaatkaan untuk memenuhi kebutuhan harian. Selain itu, mengontrakkan rumah juga bisa menjadi salah satu diversifikasi pendapatan. 

Namun, harus diakui jika menyewakan rumah memiliki keuntungan dan kerugiannya, seperti:

Keuntungan menyewakan rumah

  1. Demand tinggi 

Rumah sewa memiliki tingkat permintaan yang besar, khususnya pada rumah di kawasan strategis, seperti kawasan dekat dengan akses tol, shopping mall, stasiun, gedung perkantoran, dan lainnya. Jika lokasi rumah Anda cukup strategis, peluang rumah untuk laku saat disewakan cenderung lebih cepat. 

  1. Harga sewa rumah bisa naik 

Permintaan pasar yang tinggi bisa membuat harga sewa rumah terus meningkat. Umumnya harga sewa rumah per tahun berkisar 5% dari harga rumah. Misalnya saja harga rumah Rp500 juta, Anda bisa menyewakan Rp25 juta per tahun. Angka tersebut bisa meningkat sekitar 10%-15% tergantung dari kondisi lingkungan rumah Anda. 

  1. Tidak ada biaya perawatan

Keuntungan lagi dari mengontrakkan rumah adalah Anda tidak perlu pusing memikirkan biaya perawatan setiap bulannya. Sebagaimana diketahui jika rumah yang tidak dihuni akan jarang dirawat sehingga rumah menjadi cepat rusak. Namun, jika rumah disewakan maka biaya perawatan dan listrik akan dibebankan kepada penyewa. 

  1. Rumah bisa dijual
Baca Juga:  Panduan dan Contoh Laporan Appraisal Rumah Bekas, Lengkap!

Jika Anda tidak lagi berencana menyewakan rumah, masih ada opsi rumah dijual di masa yang akan datang, khususnya saat Anda membutuhkan uang. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan uang bulanan dan mendapatkan uang dalam jumlah besar saat menjualnya. 

  1. Mendapatkan penghasilan tambahan

Rumah yang disewa akan menghasilkan pendapatan tambahan setiap bulan atau setiap tahunnya, tergantung pada sistem pembayaran yang disepakati. Uang yang didapatkan bisa Anda manfaatkan untuk investasi atau tambahan biaya hidup. 

Kekurangan menyewakan rumah

Namun, dibalik kelebihannya, menyewakan rumah juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah jangka waktu sewa yang terbilang pendek. Beberapa penyewa mungkin saja mengontrak dalam waktu lama, tetapi tidak sedikit juga yang sewa dalam jangka waktu pendek, seperti satu hingga dua tahun. 

Pemilik rumah juga harus lebih selektif dalam memilih penyewa yang baik. Hal ini dikarenakan rumah yang disewakan kerap cepat rusak karena penyewa kurang bertanggung jawab dan merasa bukan rumah pribadi sehingga kurang menjaga kondisi dan kualitas bangunan. 

Pertimbangan Rumah Dijual

Saat bingung rumah disewa atau dijual, tak sedikit yang akhirnya memilih untuk menjualnya. Ada banyak pertimbangan seseorang menjual rumah, salah satunya karena membutuhkan uang dalam jumlah besar.

Seperti diketahui jika biasanya nilai jual rumah kerap meningkat setiap tahunnya, apalagi jika rumah berlokasi di kawasan strategis. Dibandingkan dengan dikontrakkan, Anda bisa mendapatkan dana segar dalam jumlah besar saat rumah dijual.

Rumah dijual juga akan memudahkan Anda karena tidak perlu repot merawat dan menjaga rumah saat tidak ditempati, termasuk lebih menghemat biaya listrik yang harus Anda bayar setiap bulannya. Uang yang didapat dari menjual rumah juga bisa Anda gunakan sebagai bentuk investasi lain, mulai dari membeli rumah lain, membuka usaha, atau menambah deposito. 

Baca Juga:  Kenali Tipe-Tipe Konsumen Properti Sebelum Jual Rumah

Namun, perlu diingat jika menjual rumah tidaklah mudah, apalagi jika tidak menggunakan jasa agen properti. Sebagai pemilik, Anda harus mengetahui nilai jual rumah, mengerti spesifikasi rumah, dan memiliki skill negosiasi agar rumah bisa dijual dengan harga tinggi.

Kekurangan lainnya menjual rumah sendiri adalah Anda perlu melakukan promosi offline dan online secara tepat agar rumah bisa terjual dengan cepat. 

Jual rumah menggunakan agen properti

Tantangan menjual rumah sendiri yang membutuhkan waktu lama sebenarnya bisa Anda minimalisasi dengan menggunakan jasa agen properti. Tidak hanya membantu memasarkan rumah, ada beberapa keuntungan menjual rumah melalui agen properti, seperti:

  • Agen properti memiliki area spesialis tersendiri sehingga lebih memahami lingkungan dan harga rumah dengan sangat baik. Hal ini akan menguntungkan Anda karena rumah dijual dengan harga terbaik.
  • Saat menjual rumah, Anda harus melakukan proses pembayaran pajak & biaya-biaya seperti PBB, PPH, dan Bea Balik Nama yang bisa menguras waktu, tenaga, dan biaya. Namun, jika menggunakan jasa agen properti, proses tersebut akan dibantu diuruskan oleh mereka.
  • Agen properti akan menyarankan Anda untuk melakukan renovasi rumah untuk memperindah hunian Anda. Hal ini tentunya bisa meningkatkan harga rumah Anda. 
  • Agen properti bertugas sebagai mediator untuk menyelaraskan keinginan pembeli dan penjual hingga transaksi jual beli rumah bisa tercapai. 
  • Jasa agen properti profesional umumnya memiliki promosi penjualan secara offline dan online sehingga bisa menjangkau calon pembeli lebih luas. 

Penutup

Keputusan rumah disewakan atau dijual tentu saja kembali lagi kepada Anda sebagai pemilik. Namun, sebaiknya pertimbangkan dengan kebutuhan serta keuntungan dan kerugian yang mungkin saja Anda rasakan.

Jika pada akhirnya Anda memutuskan untuk menjual rumah dan menggunakan jasa pihak ketiga, pastikan memilih agen properti terpercaya seperti Pashouses. 

Baca Juga:  Proses atau Cara Jual Rumah Cash yang Perlu Anda Tahu

Agen properti Pashouses membantu Anda menjual rumah dengan harga terbaik. Tak hanya itu, expert consultant kami juga akan membantu Anda melakukan transaksi jual beli, membantu renovasi rumah, hingga memberikan penawaran terbaik dalam waktu lima hari. 

Proses jual rumah di Pashouses juga anti ribet. Anda hanya perlu mengunjungi website Pashouses.id, lalu mengisi formulir penjualan rumah. Pastikan rumah yang dijual terletak di Jabodetabek yang tak jauh dari stasiun KRL/LRT dan pintu tol, rumah bekas siap huni, serta berada di kawasan bebas banjir. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi Pashouses.id

Share:
Panduan Terkait