Panduan » Umum » Tips Renovasi Rumah Hemat Biaya & Irit, Ikuti Trik Ini

Tips Renovasi Rumah Hemat Biaya & Irit, Ikuti Trik Ini

tips renovasi rumah hemat biaya
Daftar Isi

Berencana untuk melakukan renovasi rumah? Dalam rencana mempercantik hunian, renovasi rumah adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan. Namun, banyak pemilik rumah yang merasa sulit melakukan renovasi karena anggaran yang terbatas. Sebenarnya, melalui perencanaan yang cermat dan tepat, merenovasi rumah bisa saja dilakukan tanpa harus menghabiskan banyak dana. Ada banyak tips renovasi rumah hemat biaya yang bisa menjadi panduan Anda tanpa mengorbankan kualitas bahan bangunan dan estetika hunian Anda. Berikut ini beberapa tips renovasi rumah hemat biaya yang bisa Anda terapkan. 

Perencanaan yang Matang Terkait Budget

Renovasi rumah seringkali menjadi proyek yang memakan waktu dan biaya. Terkadang, awalnya ingin menghemat biaya, Anda justru malah over budget karena banyak keinginan yang tidak bisa dihindar. Buatlah perencanaan yang matang sebelum merenovasi rumah dengan budget terbatas. 

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menyusun anggaran realistis. Realistis yang dimaksud adalah disesuaikan dengan kemampuan Anda. Punya keinginan interior rumah boleh-boleh saja, tetapi tanyakan lagi apakah keinginan Anda cukup realistis? 

Setelah menentukan anggaran, langkah selanjutnya adalah dengan meneliti harga bahan bangunan atau material yang digunakan. Hitung juga biaya tukang harian atau borongan yang digunakan. Jika perlu buat daftar rinci semua pekerjaan yang harus dilakukan untuk memperkirakan biayanya. 

Perencana mata yang tak kalah penting lainnya adalah menyisihkan dana darurat. Siapkan sejumlah dana darurat atau biaya tak terduga yang mungkin muncul selama proses renovasi. 

Riset Harga Bangunan dan Tukang 

Tak ingin over budget atau biaya membengkak saat renovasi rumah? Pastikan Anda melakukan riset mendalam mengenai harga material bangunan dan biaya jasa tukang.

Baca Juga:  Cara Perhitungan Pajak Jual Beli Rumah

Sebelum memulai renovasi, sangat penting untuk memiliki pemahaman yang baik tentang harga material bangunan yang akan digunakan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  • Mengunjungi beberapa toko bangunan. Jelajahi beberapa toko bangunan di sekitar rumah Anda untuk mendapatkan gambaran tentang kisaran harga dari berbagai bahan bangunan dan material.
  • Konsultasi dengan yang  ahli. Anda bisa konsultasikan dengan arsitek atau kontraktor berpengalaman untuk mendapatkan saran mengenai pilihan material yang berkualitas dan ekonomis.
  • Membandingkan harga secara online. Manfaatkan internet untuk melakukan riset mengenai harga pasar dan membandingkan harga toko yang menawarkan diskon terbaik. 
  • Menggali informasi dari komunitas: Bergabung dengan komunitas atau forum online yang membahas topik renovasi rumah bisa menjadi sumber informasi berharga mengenai harga dan kualitas material.

Tak hanya riset harga bangunan, Anda juga harus memilih tukang dengan lebih bijak. Memilih tukang atau kontraktor yang tepat juga memegang peranan penting dalam menjaga agar renovasi rumah Anda tetap dalam anggaran. Anda bisa meminta referensi dari teman atau keluarga yang sudah melakukan renovasi sebelumnya. 

Jika memungkinkan Anda bisa melihat portfolio pekerjaan yang sebelumnya mereka kerjakan. Pastikan untuk membuat kesepakatan, mulai dari biaya atau tarif tukang, jadwal kerja, dan hal lain secara tertulis untuk menghindari masalah di kemudian hari. Jangan lupa untuk menegosiasikan harga demi hemat biaya. 

Menentukan Prioritas Renovasi 

Tips renovasi rumah hemat biaya lainnya adalah dengan menentukan prioritas renovasi. Memang rasanya akan lebih tenang jika Anda bisa merenovasi rumah dengan waktu bersamaan. Namun, budget yang terbatas bisa menjadi penghalang Anda. Oleh karena itu Anda bisa melakukan renovasi rumah secara bertahap dengan menentukan skala prioritas dengan jelas. 

Baca Juga:  Cara Mengurus Surat Pindah Domisili, Gampang Banget!

Misalnya saja, Anda bisa menentukan area atau ruangan mana saja yang membutuhkan renovasi demi mencegah pengeluaran yang tak perlu. Pastikan untuk memisahkan apa yang menjadi keinginan dengan yang benar-benar Anda butuhkan. Sebagai contoh, mengubah dekorasi ruang tamu mungkin akan membuat suasana rumah menjadi lebih fresh, tetapi mungkin lebih penting untuk memperbaiki atap yang bocor atau lantai yang rusak. Buatlah daftar dari semua renovasi yang ingin Anda lakukan, lalu prioritaskan berdasarkan kebutuhan dan dana yang tersedia.

Gunakan Barang di Rumah untuk Dekorasi 

Penggunaan material daur ulang atau hasil restorasi bisa menjadi alternatif tips renovasi rumah hemat biaya. Tak hanya menghemat budget, Anda juga bisa membantu menjaga alam dan lingkungan dengan mendaur ulang barang-barang di rumah. 

Anda bisa menemukan barang bekas di marketplace yang masih memiliki kondisi baik daripada membeli perabotan baru.terkadang material lama di rumah Anda sendiri juga bisa menjadi harta karun yang tersembunyi. Sebelum membuang barang, pertimbangkan potensi untuk dapat diperbaiki. Misalnya, lantai kayu yang sudah usang bisa dipulihkan kembali keindahan aslinya dengan sedikit pengamplasan dan pengecatan ulang. Demikian pula, kabinet dapur lama bisa diberikan tampilan baru dengan sedikit kreativitas dan cat warna baru. Hal ini akan lebih menghemat daripada membeli baru.

a material bangunan yang cermat dan pemilihan tukang yang tepat, Anda bisa mengembangkan strategi yang akan membantu Anda menghemat biaya tanpa mengorbankan kualitas. Ingatlah untuk selalu berkomunikasi dengan terbuka dengan kontraktor Anda dan jangan ragu untuk melakukan negosiasi harga agar mendapatkan penawaran terbaik.

Do it Yourself

Tak seluruh proyek renovasi membutuhkan jasa tukang bangunan yang menambah anggaran. Jika memungkinkan Anda bisa mengerjakan sendiri. Beberapa proyek renovasi rumah kecil-kecilan, seperti mengganti cat, memasang ubin, membenarkan atap , bahkan pembuat perabotan atau furniture ukuran kecil dapat dilakukan sendiri atau proyek Do It Yourself (DIY). Namun, jika terdapat proyek yang lebih komplek dan berisiko, sebaiknya serahkan kepada para ahli, seperti pekerjaan kelistrikan demi menjaga keamanan Anda. 

Baca Juga:  Profesi Notaris Tak Cuma Jadi PPAT, Lho!

Manfaatkan tutorial online yang dapat Anda temukan di YouTube, seperti cara mengganti lantai dan menghitung kebutuhan keramik, mengganti backsplash dapur, membuat kursi taman dari kayu, atau keterampilan lainnya yang dapat dilakukan untuk menghemat anggaran.

Renovasi rumah juga tak harus menjadi beban yang Anda pikul sendirian. Ajaklah keluarga untuk membantu demi menghemat budget renovasi dan membuat prosesnya menjadi lebih santai serta menyenangkan. Semakin banyak tenaga yang membantu, maka proses renovasi akan semakin cepat selesai. 

Penutup

Demikianlah informasi seputar tips renovasi hemat biaya yang bisa Anda terapkan untuk hunian Anda. Melalui perencanaan yang tepat bukan tidak mungkin jika Anda bisa merenovasi dengan budget terbatas. Temukan informasi seputar renovasi hingga desain interior melalui artikel di Pashouses.

Pashouses merupakan platform jual beli rumah bekas di Jabodetabek dengan proses mudah dan cepat. Merenovasi rumah juga bisa membantu menjual hunian Anda dengan harga terbaik. Jual rumah di Pashouses cukup dengan mengisi data diri dan data rumah melalui formulir, lalu dapatkan penawaran harga dalam 5 hari. Informasi lebih lanjut, kunjungi Pashouses.id.

Share:
Panduan Terkait