Panduan » Menjual Rumah » Tips Membuat Video Review Rumah Agar Hunian Terjual Cepat

Tips Membuat Video Review Rumah Agar Hunian Terjual Cepat

Tips membuat video review rumah
Daftar Isi

Kemajuan teknologi dan penggunaan media sosial memudahkan industri properti serta pemilik rumah untuk menjual rumah dengan lebih mudah. Setelah sebelumnya kami membahas mengenai 9 Tips Jual Rumah Lewat Media Sosial Agar Cepat Laku, kali ini kami akan menginformasikan mengenai tips membuat video review rumah. 

Saat menjual rumah, pemilik kerap kali hanya mem-posting foto daripada video karena dianggap lebih mudah dan cepat. Bahkan tak sedikit yang memperhatikan kualitas foto yang di-upload sehingga kesalahan ini bisa membuat rumah sulit dijual. 

Membuat video review rumah tak hanya memudahkan calon pembeli mengetahui dan merasakan suasana rumah Anda saat tidak bisa datang langsung. Video review yang sudah dibuat bisa Anda upload ke media sosial, seperti TikTok dan Instagram Reels lalu Anda boost atau Anda iklankan agar bisa menjangkau calon pembeli lebih luas. Berbeda dengan mengambil foto rumah, berikut ini beberapa tips membuat video review rumah yang akan membantu Anda menjual rumah dengan lebih cepat. 

Membuat Konsep dan Alur Video

Sebelum membuat video review, ada baiknya untuk menentukan konsep serta alur video Anda. Tujuan utama Anda membuat video review tentu saja untuk mempromosikan rumah. Buatlah konsep semenarik mungkin agar penonton tertarik melihat video Anda. Tentukan juga perencanaan video, mulai dari akan di-upload media sosial mana saja hingga budget iklan apabila dibutuhkan. 

Untuk membuat video review rumah yang menarik, Anda harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  • Opening yang Menarik

Agar dapat menarik perhatian penonton untuk melihat video Anda sampai selesai, Anda perlu memaksimalkan 5 detik pertama. Buatlah opening yang menarik dan mampu menarik perhatian. Namun, hindari juga membuat video review yang terlalu lama. Buatlah maksimal 3 menit agar penonton tidak bosan.

  • Storytelling yang Baik
Baca Juga:  Contoh Iklan Rumah Dijual Online yang Efektif

Anda juga harus membuat script yang baik agar penonton video dapat memahami maksud dari video yang dibuat. Selain script, alur dan konsep yang jelas dapat membantu membuat storytelling. Untuk memperjelas maksud yang ingin Anda sampaikan, gunakanlah voice over yang akan membantu menjelaskan mengenai video Anda. Storytelling dari video dapat memuat cerita mengenai rumah yang akan dijual, mulai dari kelebihan, harga, jenis pembayaran seperti cash atau KPR, hingga contact yang dapat dihubungi. 

  • Isi Pesan Harus Sesuai Properti

Anda harus menyesuaikan konsep dan alur dengan desain interior rumah. Konsep dan alur yang baik akan membuat video yang lebih menarik dan dapat menarik lebih banyak audience.  Mengetahui jenis dan desain interior rumah juga sangat penting untuk dapat menentukan konsep dan cerita dari video.

Selipkan Beberapa Footage

Buatlah beberapa footage agar video lebih menarik. Anda dapat membuat beberapa footage yang menunjukkan keindahan rumah dari bagian depan hingga setiap ruangan di rumah. Sisipkan beberapa interior dan eksterior menarik yang dijelaskan dengan voice over. 

Footage sendiri merupakan adegan yang diambil dan digabungkan untuk menjadi sebuah video. Hasil akhir footage dapat disajikan dalam bentuk video latar, video klip, dan lainnya dengan mengambil gambar yang bagus. Ada beberapa jenis footage atau angle yang kerap digunakan dalam produksi video, seperti: 

  • Close up footage: footage yang diambil dari jarak sangat dekat dengan subjek sehingga bisa menunjukkan bagian tertentu. 
  • Wide shot footage: footage yang diambil dari jarak cukup jauh sehingga lingkungan dan pemandangan sekitar dapat terlihat jelas. 
  • Medium shot footage: footage yang mengambil objek dari jarak sedang. 
  • Time lapse footage: footage yang diambil dengan interval waktu lebih cepat. Kerap diambil untuk merekam perubahan alam atau proses yang membutuhkan waktu lama. 
  • Slow motion footage: footage yang kebalikan dari time lapse karena interval waktu yang lebih lambat dari kecepatan normal. 
  • Aerial footage: footage yang diambil untuk merekam objek dari pemandangan udara. Untuk mengambil footage ini Anda bisa menggunakan drone, balon udara, hingga helikopter. 
Baca Juga:  5 Pilihan Jasa Penjualan Rumah, Mana Paling Menguntungkan?

Jujur dan Jangan Dibuat-buat

Dalam menjual sesuatu khususnya properti Anda harus berperilaku jujur. Konten video yang dibuat juga harus jujur tanpa dibuat-buat. Buatlah script dengan keadaan sebenar-benarnya. Jelaskan kelebihan dari rumah Anda tanpa melebih-lebihkan apalagi berbohong. Jangan sampai begitu calon pembeli potensial datang ke rumah, mereka melihat kondisi rumah yang berbeda dari video. 

Perhatikan Gerak Kamera

Tips membuat video review rumah selanjutnya adalah memperhatikan gerak kamera yang menjadi hal penting dalam video promosi. Buatlah video yang konstan dan stabil agar tidak ada gerakan yang membuat pusing penonton. Gunakanlah peralatan yang memadai agar mendapatkan shoot hasil yang maksimal, seperti tripod jika dibutuhkan.

Edit Video dengan Baik

Cara lain agar video Anda menjadi lebih menarik adalah dengan mengeditnya semenarik mungkin. Gunakan konsep yang menarik dan edit video sebaik mungkin dengan memberinya font atau backsound yang menenangkan tergantung konsep video yang Anda pilih. Pastikan jenis font yang dipilih bisa dibaca dan tidak mengganggu gambar atau footage. Begitu juga dengan sound, hindari memasang sound yang terlalu besar sehingga mengganggu penonton. Anda bisa mengedit video di berbagai aplikasi, seperti Adobe Premiere Pro, CapCut, KineMaster, dan lainnya.

Sewa Jasa Videografer Khusus

Tips membuat video review rumah yang terakhir adalah menggunakan jasa videografer andal jika Anda belum percaya diri. Gunakanlah videografer yang biasa membuat video untuk kebutuhan industri properti. Tentunya cara ini akan membuat Anda perlu merogoh kocek lebih mahal, tetapi hasil video yang dibuat sudah pasti bagus dan menarik. Biasanya tim videograf akan datang untuk mengecek rumah lalu mengadakan meeting untuk membahas konsep dan tema video. Setelah konsep dan tema video disetujui, mereka akan memulai proses shooting hingga editing. Nantinya Anda hanya perlu mengecek dan menentukan revisi jika belum puas dengan video yang dibuat. 

Baca Juga:  Ide Promosi Saat Menjual Rumah yang Menarik untuk Pembeli

Penutup

Demikian informasi seputar tips membuat video review rumah. Adanya video review rumah bisa meningkatkan potensi rumah terjual dengan lebih cepat dan harga terbaik. 

Apabila Anda ingin menjual rumah dengan harga terbaik dan proses yang mudah, jual rumah bekas siap huni di Pashouses. Pashouses tak hanya bisa membantu Anda menjual rumah ke calon pembeli potensial, tetapi juga membantu mengurus dokumen legalitas. Beberapa rumah yang dijual di Pashouses juga akan dibuat video review lalu di-upload di media sosial Pashouses, seperti pada rumah Simprug Garden Residence. Selain mengupload listing rumah yang akan dijual, Pashouses akan membeli rumah Anda dengan proses transparan dan dijamin aman 100%. Kunjungi Pashouses.id atau hubungi tim kami untuk menjual rumah di Pashouses.

Share:
Panduan Terkait