Panduan » Living » Kitchen Set Aluminium: Kekurangan & Kelebihan, Harga, dan Model 

Kitchen Set Aluminium: Kekurangan & Kelebihan, Harga, dan Model 

kitchen set aluminium
Daftar Isi

Kitchen set di rumah bukan lagi berfungsi sebatas sebagai tempat penyimpanan, tetapi juga berfungsi membuat interior dapur menjadi lebih menarik. Saat ini ada banyak material yang digunakan, salah satu yang favorit adalah kitchen set dari bahan aluminium. 

Berencana untuk membuat kitchen set dari aluminium ini di rumah? Sebaiknya ketahui dahulu kelebihan dan kekurangan, inspirasi model, dan estimasi biaya pembuatannya. 

Kelebihan dan Kekurangan Kitchen Set Aluminium

Kelebihan kitchen set aluminium

Bahan aluminium sudah sejak lama digunakan sebagai kitchen set yang kerap digunakan pada dapur restoran. Berikut ini beberapa kelebihannya untuk penggunaan di rumah Anda. 

Tahan air

Dapur yang identik dengan kegiatan memasak dan mencuci piring, membuat area tersebut kerap lembab karena tidak terhindari dari cipratan air. Salah satu kelebihan aluminium adalah lebih awet karena tahan air, berbeda dengan kitchen set kayu yang dapat keropos dan rentan dengan air. 

Anti rayap

Material aluminium tahan akan serangan hama seperti rayap. Berbeda dengan kayu yang lebih cepat keropos akibat rayap. 

Noda & kotoran mudah dibersihkan

Memiliki kitchen set yang mudah perawatannya menjadi nilai plus karena bisa menghemat waktu. Begitu juga dengan material aluminium yang memiliki permukaan solid sehingga tidak menyerap kotoran pada countertop dan backsplash.

Cara membersihkan kitchen set dengan bahan aluminium juga terbilang mudah. Anda cukup menggunakan kain dan cairan pembersih khusus aluminium, lalu aplikasikan ke seluruh permukaan secara pelan-pelan agar tidak merusak kitchen set. 

Tahan terhadap api dan karat

Baca Juga:  11 Desain Kamar Tidur Sempit yang Bikin Kamar Lebih Nyaman

Jangan takut memasak jika menggunakan kitchen set berbahan aluminium, sebab material ini tahan terhadap panas dan api. Aluminium memiliki titik leleh yang tinggi sehingga tidak mudah terbakar dan aman digunakan. 

Aluminium juga memiliki sifat yang stabil dengan finishing teroksidasi. Hal ini mencegah kitchen set berkarat dan korosi. 

Bebas bau

Kitchen set berbahan kayu dan particle board lainnya umumnya memiliki aroma yang khas. Jika ruangan lembab akan tercium bau apak. Namun, hal ini tidak terjadi jika Anda menggunakan kitchen set aluminium. Hal ini dikarenakan aluminium tidak berpori sehingga mencegah bakteri berkembang biak. 

Bobot ringan

Kelebihan lain menggunakan kitchen set aluminium adalah bobot yang ringan, tidak seperti besi atau metal lainnya. Hal ini akan memudahkan saat proses instalasi kitchen set. 

Kekurangan kitchen set aluminium

Harus diakui jika dibalik kelebihannya, material ini juga memiliki kekurangan jika digunakan untuk pembuatan kitchen set, seperti berikut ini. 

Lebih berisik saat digunakan

Kabinet dapur yang terbuat dari aluminium cenderung lebih berisik daripada material lain, seperti saat Anda menutup pintu atau laci akan terdengar suara logam yang beradu. Untuk mengatasinya, gunakan engel buka tutup yang lembut dan berkualitas. 

Logam rentan penyok

Meskipun tergolong awet, aluminium adalah jenis logam yang lunak sehingga rentan penyok saat terkena benturan. Sebaiknya gunakan panel aluminium yang lebih tebal. 

Desain terbatas

Desain kitchen set aluminium lebih terbatas daripada material lainnya. Hal ini akan menyulitkan jika Anda ingin menyesuaikan dengan konsep interior rumah, karena material ini lebih cocok untuk rumah modern dan minimalis. 

Inspirasi Desain Kitchen Set Aluminium

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, berikut ini inspirasi model kitchen set untuk dapur Anda. 

Baca Juga:  Bagaimana Cara Memilih Keramik Kamar Mandi? Ini Tipsnya!

Dapur cerah dengan warna serba putih

Dapur cerah dengan warna serba putih
Sumber: homeshabby

Aplikasikan kitchen set serba putih untuk area dapur yang tidak begitu luas. Padukan backsplash dengan keramik motif catur untuk memberikan ruang dapur kesan monokrom. 

Kitchen set semi transparan

Kitchen set semi transparan
Sumber: homeshabby

Bentuk kitchen set L shape bisa diterapkan pada dapur kecil di sudut rumah. Pasang kabinet yang dilengkapi dengan penutup kaca semi transparan. 

Kitchen set dengan kaca bening

Selain menggunakan penutup kaca semi transparan pada kitchen set, Anda juga bisa menggunakan kaca bening sebagai finishing. Model ini cocok untuk dapur minimalis. Penggunaan kaca bening akan membantu Anda menemukan barang karena material yang tembus pandang. Pastikan kabinet kitchen set dalam keadaan rapi agar enak dipandang. 

Dapur elegan dengan kaca hitam 

Ingin membuat ruang dapur lebih elegan? Jangan lupa untuk memadukan kitchen set dengan kaca hitam. Cara ini juga menjadi trik untuk menyembunyikan peralatan dapur yang berantakan saat Anda tidak sempat merapikannya karena kaca tidak tembus pandang. 

Kitchen set aluminium minimalis

Kitchen set aluminium minimalis
Sumber: Freepik/pvproductions

Membuat kitchen set dengan penggunaan warna dan material asli akan membuat tampilan dapur lebih minimalis dan clean. Padukan kitchen set silver dengan keramik putih polos pada dinding dapur yang cocok diterapkan pada desain dapur apa pun. 

Natural dengan warna hijau

Natural dengan warna hijau
Sumber: homebagus

Kitchen set yang terbuat dari bahan alumunium tidak selalu menggunakan warna silver. Anda juga bisa memadukannya dengan warna hijau yang akan membuat dapur lebih natural. Gunakan top table putih untuk menambah kesan bersih. 

Estimasi Biaya Membuat Kitchen Set Aluminium Minimalis

Harus diakui jika membuat kitchen set membutuhkan budget yang cukup besar. Semakin lengkap bagian kitchen set yang dibuat dan semakin luas, maka harganya akan semakin mahal. 

Baca Juga:  Aturan Feng Shui Dapur untuk Menentukan Tata Letak Terbaik

Biaya membuat kitchen set akan berbeda-beda tergantung beberapa faktor, seperti desain yang akan dibuat, luas kitchen set, dan jenis material yang akan digunakan. Umumnya harga akan dihitung berdasarkan luas meter. Dilansir dari kontemporior, berikut ini daftar harga kitchen set aluminium per meter. 

Harga Basic

KabinetBahanHarga/Meter
Kabinet AtasAluminium2. 600.000
Kabinet BawahAluminium2. 800.000

Harga Gold

KabinetBahanHarga/Meter
Kabinet AtasAluminium3. 200.000
Kabinet BawahAluminium3. 300.000

Harga Luxury

KabinetBahanHarga/Meter
Kabinet AtasAluminium3. 500.000
Kabinet BawahAluminium3. 800.000

Harga kitchen set tersebut hanya perhitungan estimasi karena bisa lebih dan kurang, tergantung pada aksesoris dan tambahan lainnya. Sebagai contoh, berikut ini biaya pemasangan.

Anda ingin membuat kitchen set dengan bentuk L berukuran 3×3 m menggunakah harga gold. Berikut ini rinciannya. 

  • Kabinet atas = (3 m + 3 m) x  Rp3.200.000,00 = Rp19.200.000.
  • Kabinet bawah = (3 m + 3 m) x Rp3.300.000 = Rp19.800.000.
  • Pakai top table Granit = (3 m + 3 m)  x Rp1.000.000 = Rp6.000.000
  • Total harga kitchen set = Rp45.000.000

Penutup

Demikianlah informasi seputar kitchen set aluminium. Tidak hanya membuat kegiatan memasak menjadi lebih nyaman, hadirnya kitchen set di dalam sebuah hunian juga akan menambah nilai jual rumah Anda kelak. 

Jika Anda sedang menjual rumah Anda, jual dengan proses anti ribet hanya di Pashouses. Dapatkan penawaran harga rumah dalam 5 hari kerja. Informasi lebih lanjut, kunjungi Pashouses.id. 

Share:
Panduan Terkait