Panduan » Membeli Rumah » Tips Membeli Rumah Lewat Agen Properti

Tips Membeli Rumah Lewat Agen Properti

5 Tips Membeli Rumah Lewat Agen Properti
Daftar Isi

Membeli rumah lewat agen properti adalah salah satu cara untuk mempermudah Anda mendapat rumah idaman—terutama untuk properti pertama yang dimiliki. Di sisi lain, memilih agen yang tepat juga jadi PR tersendiri di tengah maraknya agen yang bermunculan. Namun tenang saja, beberapa tips membeli rumah lewat agen properti dalam tulisan ini bisa jadi panduan untuk Anda.

1. Tips survey rumah

Proses membeli rumah tidak semudah yang barangkali terlihat. Selain memastikan dana yang dimiliki cukup, Anda masih perlu melakukan survey properti. Di masa kini, Anda bisa mengerucutkan pilihan dengan lebih cepat melalui bantuan internet dan komunikasi. 

Seperti contoh, Anda ingin mencari rumah di kawasan Bogor dengan harga di rentang Rp400 hingga Rp600 juta. Kini Anda tak perlu lagi datang menjelajahi seluruh kawasan Bogor. Lewat internet dengan berbagai platform aplikasi atau web, Anda bisa mencari dan menyortir opsi yang sesuai. Tak lupa, informasi dari keluarga, sahabat, atau yang lainnya juga bisa menjadi referensi tersendiri.

Begitu sudah menemukan beberapa pilihan, Anda pun perlu melakukan survey on site. Alasannya tak lain adalah untuk meminimalkan risiko yang tak diinginkan dan rasa sesal di kemudian hari. Anda sebaiknya betul-betul melihat akses dan lokasi, kondisi bangunan, kondisi lingkungan sekitar, dan lain sebagainya.

Setidaknya, berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dengan cermat saat melakukan survey rumah.

Detail informasi pemilik atau pengembang

Jangan mudah tergiur dengan iming-iming “selagi harga murah”. Cari tahu informasi lengkap mengenai pemilik properti sebelumnya atau pengembang terkait. Pastikan bagaimana track record pihak tersebut—seperti misal apakah developer pernah terlibat kasus pembangunan bodong atau tidak.

Lokasi dan keadaan properti

Pertimbangkan jarak antara rumah dengan akses menuju tempat-tempat penting seperti kantor, rumah sakit, pasar, sekolah, dan sebagainya. Pasalnya kalimat dalam marketing yang digunakan terkadang dibuat terlalu berlebihan. Misalnya dengan menyebut di kawasan strategi selatan Jakarta—untuk memberi impresi berada di area Jakarta Selatan—padahal nyatanya sudah di kota berbeda.

Perhatikan juga bagaimana kelancaran mobilitas dari dan menuju lokasi rumah, keamanan dari banjir dan beberapa kejadian sebagainya. Tak ketinggalan, ketahui bagaimana aliran air, listrik, bahkan internet yang jadi kebutuhan primer Anda di area tersebut. Pastinya, cermati pula kondisi bangunan apakah masih dalam kondisi yang apik untuk beli rumah bekas atau menggunakan bahan material bagus jika membeli baru.

Baca Juga:  Rincian Biaya-biaya dalam Jual Beli Rumah

Dokumen dan legalitas

Tidak satu-dua kali saja kejadian jual-beli properti berakhir merugikan pembeli karena urusan legalitas di kemudian hari. Anda tentu bisa meminimalkannya dengan menyiapkan segala sesuatu lebih awal. Pastikan properti tersebut tidak dalam proses sengketa atau isu lainya, pun pihak yang bertransaksi merupakan pemilik, sales, atau agen legal.

Harga pasaran

Pastinya, Anda harus tahu berapa harga pasaran di waktu melakukan pembelian. Tujuannya tentu tak lain untuk meminimalkan Anda dari risiko penipuan atau kerugian. Pastikan harga pasaran tersebut memiliki komparasi yang sepadan alias apple to apple.

2. Kenapa survey rumah lebih mudah bersama agen?

Salah satu kekhawatiran seseorang untuk menggunakan agen saat akan survey dan membeli rumah adalah karena masalah biaya. Sebagian orang masih menganggap bahwa adanya perantara akan membuat pengeluaran jadi makin besar.

Padahal nyatanya tidak demikian. Dikutip dari Forbes, membeli rumah secara mandiri tanpa menggunakan jasa agen tidak serta merta membuat Anda jadi lebih hemat. Sebaliknya, ada banyak keuntungan dan kelebihan menggunakan jasa agen seperti berikut.

Kepastian legalitas dan status properti

Agen properti hanya akan memberi rekomendasi properti yang jelas statusnya sehingga meminimalkan terjadinya sengketa dan hal-hal perdata lain di masa mendatang. Agen properti pun terlatih dan memiliki pengetahuan terkait aspek legal terkait. Dengan demikian, pemilik rumah yang akan menjual propertinya tidak akan berani untuk melakukan manipulasi.

Konsultasi memilih properti idaman

Kalau Anda baru pertama kali melakukan pembelian rumah dan masih minim informasi, jasa agen properti akan sangat membantu. Anda dapat melakukan konsultasi apakah rumah yang Anda incar cukup layak, baik dari segi harga, kualitas, dan lain-lainnya.

Walau begitu, ada baiknya Anda tetap mencari tahu beberapa informasi mendasar terkait properti secara umum maupun yang Anda inginkan. Dengan begitu, akan terjadi diskusi yang lebih mendalam sehingga membantu Anda mempertimbangkan dan memilih unit. Bagaimanapun, Anda tentu juga telah memiliki gambaran ideal sendiri tentang rumah yang diinginkan, bukan?

Memeriksa Kelayakan Bangunan

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, keberadaan agen properti untuk survey rumah akan membantu mengecek kualitas dan kelayakan bangunan. Orang awam biasanya kerap luput memperhatikan beberapa hal—hanya melihat dari sisi luar—sehingga seolah merasa tertipu saat sudah menempatinya.

Risiko tersebut dapat ditekan seawal mungkin. Agen properti akan membantu melakukan pengecekan dari material bangunan, struktur bangunan, instalasi listrik, instalasi air, dan sebagainya. 

Mempersingkat proses

Berdasarkan penjelasan di atas, Anda dapat membayangkan bagaimana kompleksnya proses survey hingga pembelian rumah, kan? Ada banyak detail yang harus Anda periksa dengan saksama untuk setiap rumah. Itu artinya, kalau ada beberapa rumah yang ditaksir, berapa lama waktu yang harus Anda siapkan hanya untuk survey saja?

Baca Juga:  Tips Memilih Rumah Bagi Keluarga Kecil

Karena itu, bantuan jasa agen properti akan mempersingkat dan meminimalkan stres yang dapat Anda alami saat membeli rumah sejak proses survey. Tentunya, Anda juga akan lebih hemat dari segi waktu, biaya, dan tenaga.

3. Tips memilih agen properti yang terpercaya

Sayangnya, tak dapat dimungkiri, ada beberapa agen properti yang nakal dan tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu, Anda perlu jeli memilih agen mana untuk membantu mewujudkan impian memiliki hunian impian.

Melansir dari Investopedia, berikut adalah beberapa tips memilih agen properti yang terpercaya.

Pengalaman dan rekam jejak agen properti

Pertimbangan ini bukan berarti selalu merujuk pada berapa lama seseorang atau sebuah bisnis menjalani peran sebagai agen properti. Poin yang tak kalah penting adalah mengenai seberapa baik pemahaman dan wawasan agen tersebut mengenai bisnis properti.

Seperti contoh, agen tersebut mampu memahami model properti yang Anda inginkan, mengenal dengan baik kawasan hunian incaran, dan lain-lain. Agen yang profesional bahkan tak ragu untuk menyarankan Anda tidak memilih sebuah unit—misal karena harganya yang di luar standar pasar. Mereka pun dapat menjawab berbagai pertanyaan relevan Anda dengan cepat berikut data-data pendukung serta memahami psikologi pasar.

Testimoni klien sebelumnya

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, Anda juga perlu mencari info tambahan mengenai kinerja agen properti. Tidak hanya mengandalkan apa yang mereka sampaikan, tetapi cari tahu pula bagaimana pengalaman klien sebelumnya dalam menggunakan jasa mereka. 

Carilah testimoni klien di situs web atau berbagai media pemasaran digital lainnya. Jika tidak ada, tak ada salahnya Anda menanyakan pada pihak agen properti tersebut apakah mereka memiliki referensi yang bisa Anda kontak. Sebisa mungkin, jangan hanya mengandalkan testimoni dari satu orang untuk meminimalkan bias. 

Ketersediaan layanan

Salah satu tantangan yang sering terjadi meski seolah tak benar-benar berarti adalah ketersediaan waktu. Apabila Anda (maupun pasangan) sibuk bekerja, maka perlu membuat jadwal yang jelas untuk melakukan survey. 

Pilihlah agen properti yang dapat mengakomodasi kondisi dan situasi Anda sehingga survey dilakukan pada jam yang sesuai jadwal Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu merasa terburu-buru dan terbebani urusan waktu sehingga survey dan konsultasi terjadi dengan maksimal. Pada akhirnya, Anda akan memperoleh gambaran dan penilaian yang utuh sehingga melakukan pertimbangan dengan bijak untuk memutuskan membeli atau tidak.

Komunikasi yang lancar

Komunikasi adalah kunci penting dalam bertransaksi. Agen properti yang sulit dihubungi atau tidak dapat menjaga komunikasi dengan baik sebaiknya tak perlu Anda pertahankan. Selain itu, pertimbangkan pula media komunikasi yang ditawarkan, seperti apakah menggunakan telepon, WhatsApp, atau yang lainnya. 

Baca Juga:  Ciri Lingkungan yang Baik saat Memilih Rumah

Anda juga perlu mempertimbangkan berbagai kemungkinan. Seperti contoh jika agen properti A sakit, apakah ada agen lainnya yang dapat menggantikan. Kondisi ini terutama penting jika Anda sudah mulai membahas mengenai kontrak, legal, pembayaran, dan sebagainya. Pastikan bahwa agen properti tersebut memang kredibel dan bertanggung jawab.

4. Kenali tanda-tanda agen properti nakal

Di samping empat poin di atas, penting bagi Anda untuk turut mampu mengetahui agen properti mana yang nakal atau bodong. Pasalnya, pelayanan mereka kerap tidak buruk dan justru sangat persuasif. Kendati begitu, ada beberapa tanda yang biasanya dilakukan oleh agen properti bodong seperti berikut.

Berujung memaksa

Agen properti yang profesional tidak akan memaksakan pilihan mereka atau mendorong klien untuk segera melakukan pembelian. Sebaliknya, agen properti justru hanya sebatas memberi beberapa saran dan menjadi “teman diskusi” yang profesional. Bahkan tak jarang, mereka menakut-nakuti dengan cara tertentu yang sama sekali di luar etika agen properti.

Agen properti ini boleh jadi sangat tertutup dengan profesinya karena memang tidak memiliki kompetensi khusus. Namun, ada pula agen properti bodong yang terlalu besar omong dan bahkan terkesan membual untuk meningkatkan kepercayaan Anda. 

Harga properti jauh di luar harga pasaran

Hal ini berlaku baik untuk harga yang terlalu mahal atau terlalu murah. Ada agen properti yang menjual dengan harga sangat tinggi terutama jika tahu bahwa Anda sangat menginginkan unit tersebut. Tak jarang, mereka akan menakut-nakuti Anda bahwa ada pembeli lain yang mengincar unit tersebut dan siap membayar harga lebih tinggi.

Pun ada pula yang menawarkan harga jauh di bawah standar agar Anda makin tertarik dan cepat melakukan transaksi. Dalam beberapa hal, kondisi rumah dengan harga relatif lebih murah memang sangat mungkin terjadi. Meski demikian, jangan mudah tergiur—apa yang terlihat terlalu baik dan sempurna, biasanya justru tidaklah baik.

Informasi properti yang tidak jelas

Perhatikan bagaimana agen tersebut menjelaskan kepada Anda mengenai informasi properti. Apakah dia selalu mengelak, berdalih, atau sulit menjelaskannya kepada Anda? Kalau ya, terutama dia hanya fokus mengajak Anda untuk segera bertransaksi, kemungkinan agen tersebut adalah agen nakal.

Itulah beberapa keuntungan dan tips membeli rumah lewat agen properti. Agen properti hadir untuk membantu dan mempermudah Anda memperoleh hunian impian. Maka dari itu, pastikan Anda hanya memilih agen properti profesional seperti Pashouses.

Pashouses adalah agen properti terpercaya yang menyediakan rumah siap huni di berbagai wilayah terbaik dan strategis. Untuk Anda yang akan berencana mengambil unit dengan cara KPR, Pashouses akan membantu prosesnya—Anda pun cukup terima beres. Dengan tim dan sistem yang andal, Pashouses siap jadi bagian perjalanan Anda menemukan hunian idaman.

Share:
Panduan Terkait