Panduan » Membeli Rumah » Tips Memilih Rumah Bagi Keluarga Kecil

Tips Memilih Rumah Bagi Keluarga Kecil

Tips Memilih Rumah yang Cocok untuk Keluarga Kecil
Daftar Isi

Keluarga kecil biasanya didefinisikan sebagai keluarga dengan sepasang suami istri dan maksimal dua anak. Kira-kira, seperti apa rumah yang cocok untuk keluarga kecil? Apakah rumah untuk keluarga yang memiliki anak-anak harus luas dan besar?

Memang, sih, semakin besar rumah semakin leluasa pula Anda tinggal di rumah tersebut. Tetapi, rumah yang sederhana pun sebenarnya bisa cukup untuk keluarga kecil, kok. 

Pada artikel berikut, Pashouses akan merangkum rumah seperti apa yang cocok untuk kebanyakan keluarga kecil. Mari kita bahas. 

Memilih rumah yang cocok untuk keluarga kecil

Ingin segera memiliki rumah untuk keluarga kecil? Anda perlu pikirkan beberapa aspek berikut. Aspek-aspek yang perlu Anda pikirkan meliputi bujet, lokasi rumah, serta luas rumah. Kita akan membahasnya satu per satu.

Bujet

Siapa pun pasti setuju kalau bujet merupakan hal terpenting yang diperlukan untuk membeli rumah. Meskipun ada sistem KPR, tetap saja kesanggupan bayar menjadi hal yang penting. 

Sebelum beli rumah, pertimbangkan berapa biaya yang ready digunakan untuk membeli rumah. Jika menggunakan KPR, pastikan cicilan Anda tidak mengganggu kebutuhan bayar yang lain. Misalnya seperti pengeluaran rumah tangga maupun uang sekolah anak.

Lokasi dan lingkungan

Tidak hanya bujet saja yang penting, lokasi rumah juga perlu dipertimbangkan. Beberapa pertimbangan yang bisa membantu dalam memilih rumah yang cocok untuk keluarga kecil adalah sebagai berikut:

  • Sebaiknya rumah tidak jauh dari tiga lokasi berikut: tempat kerja, lokasi sekolah anak, dan fasilitas umum (terutama pasar, sekolah, rumah sakit, dan tempat ibadah). 
  • Jika memungkinkan, pilih rumah di pusat kota. Namun jika bujet kurang mencukupi atau tidak ada rumah yang pas di hati, Anda bisa mencoba perluas pencarian hingga ke kawasan pinggiran kota (suburb) atau bahkan hingga ke kota satelit. 
Baca Juga:  Cara Memilih Rumah Second Berdasarkan Pilihan Harganya

Biasanya rumah-rumah di kawasan pinggiran kota lebih miring harganya untuk luas tanah yang sama. Hal ini tentu akan menguntungkan juga, bukan? 

Akan tetapi, meski beli rumah di pinggiran kota murah, Anda mungkin akan sedikit terbebani dengan biaya transportasi untuk PP ke tempat kerja (dan sekolah anak). 

Pertimbangkan juga beberapa hal berikut: 

  • Apakah jalan masuk ke kawasan perumahan sudah bagus? 
  • Apakah lingkungan sekitar merupakan lingkungan rawan banjir? 
  • Adakah akses transportasi umum di sekitar rumah yang ingin Anda pilih? 

Mempertimbangkan hal-hal di atas tentu dapat membantu Anda dalam memilih lokasi rumah yang cocok untuk keluarga kecil secara lebih cermat.

Luas rumah

Berapa luas rumah yang cocok untuk keluarga kecil? Jawabannya adalah tergantung preferensi Anda. Namun jika berbicara minimal, kita perlu tahu dulu berapa besar standar kebutuhan area per orang. 

Dilansir dari Kompas, Direktur Jenderal Penyediaan Rumah Perumahan PUPR menyebutkan bahwa ambang standar ruangan minimal adalah 7,2 m2 per orang.

Merujuk pada angka tersebut, jika Anda mencari sebuah rumah untuk 3 orang, maka rumah dengan luas 21,6 m2 sudah cukup. Atau untuk cari aman, 22 m2. Tetapi itu adalah luas minimal—ruang gerak Anda mungkin akan sangat terbatas karenanya.

Jika Anda memiliki dua anak, hal ini berarti kebutuhan akan meningkat jadi sekitar 29 m2. Dilihat dari angka ini, Anda bisa memilih rumah dengan luas bangunan 30 m2. Namun, sekali lagi, ini adalah luas minimal. Bisa jadi luas bangunan seperti ini kurang cocok untuk Anda.

Dalam hal menentukan luas rumah yang tepat, pikirkan juga bagaimana aktivitas penghuninya. Apabila penghuni rumah Anda cukup aktif (misalnya karena kehadiran anak kecil), berikan ruang gerak lebih dengan cara membeli rumah yang sedikit longgar. Bagaimana pun juga, ukuran rumah yang kecil dapat berpengaruh ke psikis orang yang tinggal di dalamnya.

Baca Juga:  Akta Jual Beli Rumah KPR, Fungsi, dan Cara Mengurusnya

Masukkan juga pertimbangan mengenai kemungkinan ‘menambah’ anggota keluarga di masa depan. Maksudnya, seperti menambah anak atau mungkin orang tua Anda yang pindah ke rumah. Untuk menyiasatinya, pilih rumah dengan luas tanah besar. Anda bisa upgrade rumah sewaktu-waktu jika luas tanah masih ada sisa.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih rumah yang cocok untuk keluarga kecil. Semoga bermanfaat, ya!

Kalau Anda sedang cari rumah di Jabodetabek untuk keluarga kecil Anda, silakan kunjungi situs Pashouses untuk mencari rumah seken yang berkualitas. Rumah-rumah yang bisa Anda jumpai di Pashouses pasti memiliki jumlah kamar minimal dua. Jadi, pasti ada kamar tersendiri untuk anak. 

Mau lihat-lihat dulu? Boleh banget, kok! Anda bisa kunjungi halaman ini untuk informasi lebih lanjut.

Share:
Panduan Terkait