Panduan » Membeli Rumah » Penting, Ini 3 Tips Seleksi Lokasi Perumahan

Penting, Ini 3 Tips Seleksi Lokasi Perumahan

Penting, Ini 3 Tips Seleksi Lokasi Perumahan
Daftar Isi

Kalau ini kali pertama Anda akan membeli rumah, penting bagi Anda mengetahui lokasi perumahan yang ingin Anda incar. Pasalnya, titik kawasan hunian Anda akan berdampak pada berbagai faktor lainnya, seperti kemudahan mobilisasi, kenyamanan, hingga pengeluaran bulanan.

Faktor ini pun berlaku apabila Anda bermaksud membeli properti untuk investasi. Makin strategis lokasi rumah yang Anda miliki, makin besar nilai sewa yang bisa Anda tawarkan. Setiap tahunnya pun, nilai bangunan tersebut juga turut meningkat.

Tips memilih lokasi perumahan

Ada banyak perumahan di tiap-tiap wilayah di Indonesia, tetapi menentukan mana yang paling tepat jadi tantangan tersendiri. Jika Anda masih kesulitan memilih, gunakanlah beberapa pertimbangan berikut untuk mengerucutkan opsi yang ada.

  1. Bebas banjir

Beberapa daerah di Indonesia cenderung rawan terhadap banjir terutama saat musim hujan tiba—termasuk di antaranya kawasan Jabodetabek. Di Jakarta sendiri misalnya, sudah tercatat sekitar 17 kecamatan yang kerap mengalami banjir. menurut data BNPB Itu artinya, Anda bisa menempatkan lokasi-lokasi tersebut di prioritas bawah.

Selain mencari informasi di berbagai portal berita dan media kredibel, Anda juga bisa mengetahui lokasi mana saja yang rawan banjir di portal pemerintah. Seperti contoh, Anda dapat mengakses geospasia.bpnb.go.id, petabencana.id, petajakarta.org, dan pu.go.id. Situs bisa jadi referensi Anda untuk mengetahui lokasi mana saja yang rawan banjir selama beberapa tahun terakhir.

  1. Lingkungan yang aman, sehat, dan nyaman

Lokasi rumah yang nyaman, aman, dan sehat adalah impian. Lakukan survey bagaimana lingkungan sekitar rumah yang Anda inginkan dari berbagai aspek, termasuk ekonomi dan sosial. 

Tak lupa pilihlah perumahan yang memiliki drainase dan sistem keamanan yang baik. Dua hal ini sangat penting, tetapi sayangnya banyak pengembang maupun pembeli yang mengabaikannya. Akibatnya, ketika ada kejadian yang tidak diinginkan di kemudian hari, kedua belah pihak saling menyalahkan.

Baca Juga:  Ini Syarat Beli Rumah Bebas PPN 2022

Bagaimana menentukan perumahan yang strategis?

Selain bebas banjir dan lingkungan yang aman, sehat, dan nyaman, pastikan pula lokasi rumah pilihan strategis. Melansir dari Okezone, berikut beberapa tips seleksi lokasi perumahan strategis. 

  1. Akses mudah 

Pertimbangkan tempat-tempat yang sering Anda kunjungi terutama untuk rutinitas harian seperti kantor, sekolah, dan lain sebagainya. Jika jarak rumah dan tempat-tempat tersebut terlalu jauh, maka Anda harus bersiap menghabiskan lebih banyak waktu di jalan. Pun jika Anda menggunakan kendaraan umum, pertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan.

  1. Fasilitas umum

Setiap perumahan harus menyediakan fasilitas umum yang biasanya disesuaikan dengan kebutuhan (mayoritas) penghuni kawasan. Seperti contoh adalah masjid, taman atau ruang terbuka, dan lain-lain. Carilah perumahan yang menyediakan fasilitas umum sesuai kebutuhan Anda agar aktivitas dapat lebih nyaman.

  1. Kawasan TOD

Kawasan TOD (Transit Oriented Development) kawasan yang memadukan fungsi transit dengan manusia, bangunan, aktivitas, dan ruang publik. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan akses masyarakat terhadap transportasi publik. Di kawasan Jabodetabek utamanya, perumahan ini cukup banyak ditemui di tengah maupun pinggiran kota dengan integrasi LRT.

Ciri perumahan yang aman

Perumahan yang aman dari risiko kriminalitas juga jangan sampai terlewat. Anda tentu tak ingin merasa cemas saat sedang beristirahat atau meninggalkan rumah, bukan?

Oleh sebab itu, carilah perumahan yang menawarkan keamanan baik. Ada banyak cara yang bisa dilakukan developer untuk menyiapkan keamanan ini, salah satunya penerapan one gate system. Sistem keamanan ini hanya menyediakan satu gerbang untuk seluruh mobilisasi keluar-masuk orang dari dalam ke luar perumahan dan sebaliknya.

Di samping itu, ada pula metode lain seperti pos dan petugas keamanan 24 jam, CCTV, fire alarm, hingga panic alarm. Adanya layanan keamanan ini merupakan fasilitas mendasar, tetapi seberapa canggih atau ketatnya biasanya tergantung dari kelas perumahan itu sendiri.

Baca Juga:  Ingin Beli Rumah? Pertimbangkan Dulu Hal-Hal Berikut Ini

Itulah beberapa tips seleksi lokasi perumahan yang bisa jadi panduan Anda saat mencari rumah idaman. Untuk mempermudah pencarian dan pembelian properti, gunakan saja layanan Pashouses. 

Seluruh rumah di Pashouses berada di perumahan yang tidak jauh dari akses pintu tol, transportasi umum, dan fasilitas lainnya. Di samping lokasi yang strategis, properti di Pashouses juga telah terjamin legalitas dan statusnya dengan harga terbaik di pasaran.

Yuk, temukan rumah impian Anda bersama Pashouses!

Share:
Panduan Terkait