Panduan » Living » Tips dan Estimasi Biaya Renovasi Dapur untuk Tingkatkan Harga Jual Rumah

Tips dan Estimasi Biaya Renovasi Dapur untuk Tingkatkan Harga Jual Rumah

biaya renovasi dapur
Daftar Isi

Dapur seringkali dianggap sebagai jantung dari sebuah rumah. Pada area inilah, aroma menggoda makanan dipersiapkan sekaligus menjadi tempat bercerita bersama keluarga. Tak ayal jika desain dapur modern tak hanya membuat penghuni rumah nyaman, tetapi juga bisa meningkatkan nilai jual rumah. 

Melakukan renovasi dapur menjadi salah satu cara meningkatkan keindahan area tersebut. Biaya renovasi dapur akan sangat bergantung pada bahan bangunan atau material yang digunakan, peralatan atau jenis furniture yang digunakan, serta seberapa luas ruang dapur rumah Anda. 

Berikut ini informasi seputar tips dan biaya renovasi dapur yang dapat meningkatkan harga jual rumah Anda. 

Mengetahui Berapa Estimasi Biaya Renovasi Dapur?

Berbicara mengenai estimasi membangun atau renovasi dapur, Anda perlu memperkirakan terlebih dahulu material yang digunakan dan perabotan apa saja yang ingin Anda miliki. Sebagai contoh, biaya renovasi dapur dengan pembuatan kitchen set dan tanpa kitchen set tentunya akan berbeda. 

Anda bisa mempelajari estimasi Harga Kitchen Set Per Meter Berdasarkan Material yang Digunakandalam artikel tersebut. Ketahui juga bahan bangunan yang harus dibeli, seperti cat, keramik dinding dapur atau backsplash kitchen, keramik lantai dapur, hingga bahan material lainnya. 

Untuk menghitung estimasi biaya renovasi dapur, Anda bisa mendiskusikannya dengan tukang bangunan yang Anda sewa. Sebagai referensi, berikut ini rincian harga material untuk renovasi dapur. Namun, perlu diketahui jika harga di bawah ini bersifat ilustrasi dan estimasi. Anda tetap perlu mendatangi toko bangunan langsung untuk mengetahui harga bahan bangunan yang pasti. 

  • Jasa tukang bangunan: Tarifnya sangat bervariatif tergantung daerah atau domisili rumah Anda. Perkirakan tarifnya Rp100.000 per orang. Dengan perkiraan memerlukan 2 orang selama 5 hari, maka Anda perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp1.000.000
  • Cat dinding: Estimasi mulai dari Rp90.000 hingga Rp210.000 untuk cat 5 kg. Harga cat tergantung pada jenis dan merek cat yang digunakan. Anda bisa mendiskusikannya dengan tukang bangunan untuk memilih cat yang sesuai.
  • Keramik Dinding: Harga mulai dari Rp37.000 hingga Rp105.000/m2. Pelajari Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Sebelum Pasang Sendiri dalam artikel tersebut.
  • Granit Meja: Untuk kitchen table top, Anda bisa menggunakan granit  agar lebih tahan lama. Namun, harganya akan lebih mahal daripada keramik biasa. Estimasi harga granit bergantung pada ukuran, siapkan budget mulai dari Rp350.000. 
Baca Juga:  11 Dekorasi Kamar Mandi Estetik

Baca Juga: Serba-Serbi Lantai Granit: Harga dan Modelnya

  • Besi ukuran 8: Rp35.000 x 2 = Rp70.000
  • Pasir: Estimasi mulai dari Rp300.000
  • Semen: Estimasi mulai dari Rp40.000/sak x 2 = Rp80.000
  • Batu Bata: Estimasi mulai dari Rp1.000 x 30 = Rp30.000
  • Bata Tempel: Estimasi mulai dari Rp125.000/dus bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Nat Khusus Hitam: Estimasi mulai dari Rp15.000.
  • Wastafel dapur: Harga wastafel untuk dapur atau bak cuci piring bergantung pada material yang digunakan. Sebagai contoh, bak cuci piring atau kitchen sink dijual mulai dari Rp107.000.

Estimasi biaya renovasi dapur di atas merupakan ilustrasi untuk dapur kecil. Ada baiknya siapkan budget mulai dari Rp3.500.000 hingga Rp5.000.000 untuk renovasi dapur kecil. Namun, jika dapur Anda cukup luas maka budget akan menyesuaikan. Jangan lupa untuk menyiapkan dana darurat karena terkadang melakukan renovasi kecil-kecilan di rumah membutuhkan biaya tambahan dadakan.

Persiapkan Anggaran dengan Bijak Sebelum Renovasi

Namun, sebenarnya Anda bisa saja mencegah biaya yang over budget saat renovasi dengan membuat anggaran yang bijak. Memang rasanya menyenangkan bisa mengaplikasikan semua ide dan keinginan desain interior yang ada di kepala untuk dapur Anda. Saat melakukan renovasi dapur, Anda tentunya membutuhkan biaya yang besarnya tergantung pada banyak faktor seperti yang disebutkan sebelumnya. Namun, terkadang budget renovasi menjadi membengkak. 

Buatlah rincian biaya renovasi dapur rumah secara detail agar Anda bisa mengetahui besaran dana yang harus disiapkan. Berpatokanlah pada anggaran yang sudah dibuat. Bahkan, jika memungkinkan Anda bisa menggunakan jasa desainer interior untuk merencanakan renovasi dapur.

Desain interior bisa membantu Anda memilih skema warna, bahan, dan desain secara keseluruhan. Tak hanya itu, mereka juga akan memberikan saran profesional dan membantu Anda merencanakan ruang dengan cara yang efektif agar tak melebihi budget. 

Pilihlah Desain Dapur yang Modern 

Jika kondisi keuangan tidak memungkinkan Anda melakukan renovasi dalam beberapa tahun ke depan, ada baiknya pilihlah desain yang modern minimalis. Desain modern minimalis ini dapat digunakan untuk jangka panjang sehingga Anda tak perlu mengganti desain dapur dalam beberapa tahun ke depan. 

Baca Juga:  15 Inspirasi Model Pagar Tembok Unik Minimalis untuk Rumah Anda

Namun, agar dapur bisa lebih awet, investasikanlah budget yang ada dengan beberapa peralatan yang berkualitas. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan kabinet, lemari, dan countertop berkualitas. Pilihlah material yang kuat, tahan lama, dan mudah perawatannya. Pasalnya dapur akan berhadapan langsung dengan bekas sisa makanan, cipratan minyak, dan kotoran lain yang bisa membuat perabotan cepat rusak jika tidak dirawat dengan benar. 

Beli Peralatan Dapur Berkualitas

Setelah mengetahui estimasi biaya renovasi, untuk menambah kenyamanan di dapur gunakanlah peralatan dapur yang sesuai dengan gaya interior yang Anda gunakan. Sebagai contoh, desain dapur industrial akan banyak menggunakan peralatan berbahan aluminium. 

Investasi dalam peralatan dapur yang modern untuk efisiensi budget jangka panjang. Pilih peralatan yang hemat energi dan memiliki fitur terbaru untuk memaksimalkan kenyamanan dan kemudahan penggunaan.

Tingkatkan Pencahayaan 

Pencahayaan yang tepat bisa meningkatkan suasana dapur menjadi lebih hangat dan menarik. Lampu gantung dan lampu bawah kabinet adalah pilihan bagus untuk menambahkan penerangan yang cukup. Pemilihan lampu juga bisa menambah nilai estetika pada dapur Anda. 

Penutup 

Melakukan renovasi dapur adalah investasi yang cerdas jika Anda berencana untuk menjual rumah Anda suatu hari nanti. Dengan mengetahui estimasi biaya renovasi dapur, Anda bisa memperkirakan budget yang dibutuhkan untuk meng-upgrade dapur yang standard ke desain yang lebih modern. 

Apabila Anda ingin menjual rumah dengan harga terbaik, jual rumah bekas di Pashouses saja! Pashouses merupakan platform jual beli rumah di Jabodetabek dengan proses yang mudah, cepat, aman, dan transparan. Cukup dengan mengisi formulir pengajuan, dapatkan penawaran harga dalam 5 hari. Informasi lebih lanjut kunjungi Pashouses.id

Share:
Panduan Terkait