Panduan » Living » 13 Inspirasi Motif Keramik Dinding Dapur Kekinian

13 Inspirasi Motif Keramik Dinding Dapur Kekinian

Motif Keramik Dinding Dapur
Daftar Isi

Salah satu bagian dari kitchen set yang tidak boleh luput dari perhatian adalah backsplash. Backsplash merupakan ubin atau papan khusus yang dipasang pada area dinding kompor dan sink tempat cuci piring. Fungsinya untuk melindungi dinding dapur dari cipratan air, kotoran, dan minyak saat memasak. Namun, melihat ada banyaknya motif keramik dinding dapur yang bisa digunakan untuk backsplash, komponen ini juga berfungsi untuk mempercantik kitchen set dan area dapur Anda. 

Salah satu material yang digunakan untuk backsplash adalah keramik. Meskipun sederhana, material ini bersifat timeless sehingga tidak akan ketinggalan zaman jika digunakan beberapa tahun ke depan. Anda bisa memilih motif keramik dinding dapur yang dikombinasikan dengan interior dapur agar senada. Penggunaan keramik untuk dinding dapur juga anti ribet karena material tersebut cenderung mudah dibersihkan. 

Lantas, apa saja motif keramik dinding dapur yang bisa menjadi inspirasi untuk dapur Anda? Yuk, simak dalam artikel berikut ini. 

Desain  Keramik Dapur yang Cantik

Motif kotak-kotak

Motif kotak-kotak
Sumber: alexanderand

Motif kotak merupakan motif yang simpel namun tetap membuat dapur Anda cantik. Dengan pemilihan warna yang tepat sesuai dengan tema dapur, area ini akan terlihat lebih modern dan berseni. Terlebih lagi jika menggunakan motif kotak-kotak dengan berbagai tekstur dan warna.

Baca Juga:  Berapa Ukuran Wastafel Cuci Piring yang Tepat? Temukan Juga Inspirasi Desainnya

Dapur cantik dengan keramik motif bunga

Dapur cantik dengan keramik motif bunga
Sumber: oharainteriors.com

Motif bunga juga dapat Anda jadikan pilihan untuk desain backsplash. Selain akan membuat dapur cantik, menggunakan motif bunga dapat membuat dapur Anda terkesan lebih hidup dan sejuk sehingga lebih nyaman saat beraktivitas di dapur. Berbeda dengan motif keramik dinding dapur polos, motif full bunga akan menyamarkan noda. 

Keramik dinding dapur sederhana

Keramik dinding dapur sederhana
Sumber: leofurniture.net

Keramik dinding dengan konsep sederhana dan minimalis juga dapat mempercantik dapur. Anda dapat menggunakan motif keramik yang sama dengan lantai dapur. Konsep ini bisa digunakan jika Anda ingin mengurangi budget saat renovasi dapur. 

Motif marmer untuk memberi kesan elegan

Motif marmer untuk memberi kesan elegan
Sumber: youtu.be

Dapur elegan dapat Anda ciptakan dengan pemilihan corak keramik dinding mewah. Misalnya dengan menggunakan motif marmer untuk memberikan kesan mahal. Perpaduan warna hitam dan emas juga dapat menambah kesan elegan pada dapur.

Keramik dinding dapur monokrom

Keramik dinding dapur monokrom
Sumber: backsplash.com

Motif keramik dinding dapur selanjutnya adalah memadukan warna hitam dan putih khas monokrom. Motif ini selain membantu menyamarkan noda yang menempel pada backsplash juga akan membuat dapur terlihat mewah dan modern. Warna monokrom ini cocok diterapkan pada banyak tema desain dapur. 

Keramik dinding dapur vintage

Keramik dinding dapur vintage
Sumber: blog.tileshop.com

Keramik dengan tema vintage sangat cocok bagi Anda yang menyukai rumah semi tradisional yang aesthetic. Pemilihan warna-warna tua dapat menambahkan kesan vintage pada dapur Anda. Anda dapat menggunakan warna biru tua atau hijau tua dan dipadukan dengan aksen kayu untuk membuatnya terlihat lebih hidup.

Dapur bersih dengan keramik putih

Dapur bersih dengan keramik putih
Sumber: houseandhome.com

Ingin membuat dapur terlihat bersih dan mewah? Gunakan keramik motif bata dengan berwarna putih. Tak hanya itu saja, warna ini juga memberikan kesan yang menenangkan saat beraktivitas di dapur dan mudah dipadukan dengan peralatan warna apa pun. Pemilihan warna putih cukup menantang karena dinding akan mudah terlihat kotor, tetapi dengan bahan keramik yang baik serta pembersihan yang rutin, dapur Anda akan selalu terlihat rapi dan bersih.

Baca Juga:  12 Inspirasi Desain Taman Samping Rumah yang Mudah Dibuat

Modern dengan motif hexagonal

Modern dengan motif hexagonal
Sumber: beyondthepitch.net

Hexagonal atau segi enam juga dapat dijadikan pilihan desain keramik dinding dapur Anda. Corak ini mirip dengan bentuk sarang lebah yang bisa dipadukan dengan warna putih ataupun warna lainnya yang selaras dengan desain interior dapur. 

Dinding dapur unfinished

Dinding dapur unfinished
Sumber: popixdesigns

Keramik dapur ala unfinished juga dapat Anda jadikan pilihan jika Anda menyukai gaya industrial. Konsep ini memberikan kesan yang unik pada dapur. Anda bisa memilih motif bata merah atau corak lain yang sesuai dengan selera.

Motif 3D untuk dinding dapur

Motif 3D untuk dinding dapur
Sumber: Kanggo

Motif 3D memiliki keunikan dimana gambar dari keramik dinding dapur dibuat seolah-olah keluar. Desain ini cukup unik untuk dapur. Anda dapat memilih pola sesuai dengan tema dapur.

Keramik dinding dapur terazzo

Keramik dinding dapur terazzo
Sumber: viefe

Ingin membuat dapur lebih colorful? Pertimbangkan untuk menggunakan motif terrazzo untuk bagian backsplash pada kitchen set Anda. Motif ini akan memberikan kesan fresh yang dapat digabungkan dengan kabinet berwarna-warni bahkan motif kayu. 

Dapur ala Eropa dengan motif mediterania

Dapur ala Eropa dengan motif mediterania
Sumber: deavita.net

Keramik dinding dapur ala mediterania dapat memberikan nuansa dapur di negara-negara Eropa. Salah satu ciri desain khas mediterania ini adalah warna dan corak yang cukup abstrak dan ramai. Menggunakan motif ini akan membuat dapur tidak monoton. Namun, hindari menggunakan banyak perabotan dengan warna yang berbeda-beda agar dapur tidak terlihat berantakan.

Keramik dinding dapur motif buah

Keramik dinding dapur motif buah
Sumber: mozaico

Jika ingin tampilan backsplash dapur yang segar dan artsy, Anda bisa menggunakan motif buah yang menggabungkan potongan keramik mozaik. Keramik mozaik merupakan jenis keramik yang dibuat dari gabungan potongan keramik kecil yang membentuk sebuah pola, termasuk motif buah untuk dapur Anda. 

Tips Memilih Keramik Dinding Dapur

Anda harus memikirkan banyak hal sebelum memilih keramik untuk dinding dapur atau backsplash. Setelah memilih motif yang akan digunakan, selanjutnya pertimbangkan keramik yang akan dipilih. Jangan hanya memikirkan motif yang sesuai dengan desian dapur, tetapi juga beberapa hal berikut ini. 

  1. Memilih keramik yang tahan panas dan uap
Baca Juga:  15 Inspirasi Model Pagar Tembok Unik Minimalis untuk Rumah Anda

Keramik dinding di dapur sering kali terkena uap dan panas. Menggunakan bahan yang tahan panas dan uap dapat mencegah kerusakan dinding. Bahkan, jika memiliki budget lebih, tak ada salahnya untuk menggunakan bahan marmer untuk backsplash.

  1. Sesuaikan dengan tema dapur

Memilih motif keramik harus disesuaikan dengan tema dapur Anda agar tidak terkesan aneh. Anda dapat menyesuaikan tone warna maupun corak khas dari konsep dapur Anda.

  1. Sesuaikan dengan ruangan yang tersedia

Jika Anda tidak memiliki ruangan yang luas, disarankan untuk tidak menggunakan keramik yang besar agar tidak terkesan sempit. Gunakan keramik dengan sedikit corak untuk menciptakan ilusi ruangan yang luas.

  1. Sesuaikan dengan anggaran 

Memilih keramik juga harus disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Gunakan keramik dengan harga murah jika tidak memiliki anggaran yang banyak. Utamakan corak dan selera dalam menghias dapur Anda.

  1. Pilih keramik yang glossy

Penggunaan keramik dinding yang mengkilap atau glossy akan memudahkan Anda dalam perawatan. Seperti yang diketahui jika saat memasak ada banyak cipratan minyak di sekitar dapur termasuk pada bagian backsplash. Menggunakan glazed ceramic tiles dapat memudahkan Anda membersihkan kotoran karena jenis keramik ini memiliki permukaan tertutup sehingga noda tidak terserap.

Penutup

Demikianlah informasi seputar tips dan inspirasi motif keramik dinding dapur. Semoga artikel ini memudahkan Anda dalam memilih desain dinding dapur. Temukan juga artikel lainnya seputar renovasi hingga dekorasi rumah di Pashouses.

Pashouses merupakan platform jual beli rumah bekas siap huni dengan harga terbaik, proses yang anti ribet, dan dijamin aman 100%. Informasi lebih lanjut, kunjungi Pashouses.id.

Share:
Panduan Terkait