Panduan » Living » 15 Model Teras Rumah Panjang Terbaik untuk Hunian Anda

15 Model Teras Rumah Panjang Terbaik untuk Hunian Anda

model teras rumah panjang
Daftar Isi

Teras merupakan tempat yang cukup penting dalam suatu hunian karena berfungsi sebagai penghubung eksterior rumah dengan bagian interiornya.

Umumnya, teras rumah digunakan sebagai tempat duduk untuk beristirahat. Namun, tak jarang teras digunakan untuk menyambut tamu, dijadikan taman, tempat bermain anak, atau bahkan tempat menjemur pakaian.

Salah satu model teras rumah yang populer disebut teras rumah panjang, yang biasa diaplikasikan pada hunian yang memiliki pekarangan luas.

Jika Anda memiliki halaman yang luas di depan rumah, ada beberapa desain teras rumah yang bisa menjadi inspirasi, seperti di bawah ini. 

Model Teras Rumah Panjang Ke Samping

Model Teras Rumah Panjang Ke Samping
Sumber: Pinterest/Anis Zara

Model teras rumah yang panjang ke samping adalah model teras yang sangat cocok bagi Anda yang menyukai privasi lebih. Model teras ini tidak terlalu terekspos ke luar sehingga dapat Anda jadikan tempat berolahraga atau menjemur pakaian.

Desain Teras Panjang dengan Gazebo

Desain Teras Panjang dengan Gazebo
Sumber: homify.in

Desain teras ini sangat cocok jika Anda memiliki lahan sisa yang cukup luas. Gazebonya sendiri dapat Anda manfaatkan untuk banyak hal, seperti tempat berkumpul keluarga, tempat pesta makan-makan. Atau jika letaknya sedikit jauh dari rumah, dapat Anda jadikan sebagai tempat menjamu tamu sehingga Anda mendapatkan privasi lebih untuk rumah Anda.

Baca Juga:  10 Inspirasi Model Pagar Besi Unik untuk Rumah Anda

Model Teras Panjang dengan Kanopi

Model Teras Panjang dengan Kanopi
Sumber: Pinterest

Teras terbuka seringkali memiliki masalah dengan cuaca hujan atau panas. Oleh karena itu, pemasangan kanopi pada teras menjadi pilihan tepat. Anda bisa menggunakan kanopi yang terbuat dari baja ringan dengan atap transparan agar pencahayaan alami masih bisa masuk. Anda dapat membuatnya lebih teduh dengan memasang penutup kaca di atas untuk mengurangi cahaya matahari masuk ketika cuaca sedang panas-panasnya.

Model Teras Belakang Lantai Kayu

Model Teras Belakang Lantai Kayu
Sumber: caddetailsblog

Inspirasi model teras rumah panjang selanjutnya adalah dengan memasang lantai kayu atau parket yang akan memberikan kesan nyaman pada rumah. Anda bisa memadukannya dengan taman belakang jika ada. Jika mau, padukan teras rumah lantai parket dengan furniture dan tanaman untuk mempercantik teras. Anda bisa menggunakan area tersebut untuk duduk santai. Enaknya lagi, Anda tidak perlu menambahkan alas duduk seperti karpet karena parket cenderung lebih hangat. 

Rumah Teras Berdesain Kontemporer

Rumah Teras Berdesain Kontemporer
Sumber: proyectos.habitissimo.es

Teras rumah kontemporer adalah jenis teras yang banyak menggunakan material natural. Anda dapat menaruh banyak material berwarna netral dan natural di teras Anda untuk menciptakan kesan simpel yang menenangkan.

Model Teras Panjang dengan Kolam

Model Teras Panjang dengan Kolam
Sumber: sine65

Teras memiliki segudang manfaat. Jika Anda memiliki lahan yang luas, Anda juga bisa membuat kolam ikan yang dekat dengan teras rumah. Dengan membuat kolam, teras jadi lebih fresh dan menyenangkan sehingga bisa dijadikan tempat berkumpul dan bercengkrama dengan teman. 

Model Teras Panjang Tertutup

Model Teras Panjang Tertutup
Sumber: homify.pt

Model teras rumah panjang ini cukup populer beberapa tahun ke belakang, khususnya bagi pemilik rumah yang menginginkan privasi lebih. Jika ingin menggunakan model teras ini, Anda dapat memadukannya dengan dinding kaca untuk mendapat kesan ruang baru yang tertutup tetap tetap fresh berkat cahaya matahari yang masuk.

Baca Juga:  13 Inspirasi Model Pintu Minimalis untuk Hunian Anda

Model Teras ala Japandi

Model Teras ala Japandi
Sumber: architectureau

Ciri khas dari teras ala Japandi adalah adanya tangga berundak yang menyambungkan bagian luar dengan pintu masuk. Anda dapat menambahkan rolling door untuk memperkuat kesan tema Japandi. Untuk mempercantiknya, Anda dapat menambahkan lampu di setiap anak tangga atau lampu lampion di depan rumah Anda.

Model Teras dengan Tiang

Model Teras dengan Tiang
Sumber: historictexas

Model teras dengan tiang dapat memberikan kesan mewah pada rumah Anda. Tiang yang dibuat tidak harus berbentuk persegi, kreasikan dengan tiang bundar atau Anda dapat menambahkan tanaman merambat untuk membuat kesan sejuk dan tenang.

Model Teras dengan Batu Alam

Model Teras dengan Batu Alam
Sumber: cupastone

Penggunaan batu alam juga sangat cocok untuk model teras panjang. Batu alam dapat digunakan sebagai penghias atau sebagai bahan dasar dari furniture teras rumah. Penggunaan batu alam dapat memberikan kesan sejuk dan natural yang bisa diaplikasikan pada konsep rumah apa pun.

Model Teras Rumah Bahan Granit

Model Teras Rumah Bahan Granit
Sumber: designfor-me

Inspirasi model teras rumah panjang selanjutnya adalah lantai granit. Kelebihan menggunakan lantai granit pada teras rumah adalah selain mudah dibersihkan, juga memberikan tampilan yang lebih berkilau dan mewah. 

Model Teras Industrial

Model Teras Industrial
Sumber: lingkarwarna.com

Model industrial banyak digemari akhir-akhir ini. Perpaduan warna abu-abu dengan tambahan ornamen metal dapat memperkuat kesan industrial teras Anda. Anda bisa menggunakan bangku yang dicor dan ditambah sofa tipis untuk menciptakan kesan simpel dan minimalis yang membuat teras terlihat rapi dan luas.

Model Teras Ala Bohemian

Model Teras Ala Bohemian
Sumber: Pinterest/Bohemia Design

Bohemian bisa menjadi inspirasi model teras rumah panjang selanjutnya. Desain ini memiliki ornamen khas dengan corak di kain, lukisan dinding, dan lainnya. Furniture yang digunakan juga sedikit jadi lebih terlihat rapi dan luas.

Model Teras Rumah Panjang dengan Pintu Geser

Model Teras Rumah Panjang dengan Pintu Geser
Sumber: lingkarwarna.com

Menggunakan pintu geser juga bisa Anda terapkan untuk desain rumah memanjang ke samping yang membuat tampilan rumah menjadi modern. Anda bisa menggunakan material kaca, kayu, atau aluminium pada pintu geser yang dapat disesuaikan dengan konsep rumah.

Baca Juga:  13 Perpaduan Warna Gorden dan Tembok yang Menarik untuk Rumah Anda

Model Teras Panjang Rumah Jawa

Model Teras Panjang Rumah Jawa
Sumber: Kumparan

Anda pasti tidak asing dengan rumah Jawa yang memiliki teras panjang nan menawan. Untuk menambah kesan rumah tradisional Jawa Anda bisa menghadirkan deretan pilar-pilar kayu yang berfungsi sebagai penyangga atap pada bagian teras. Gunakan furniture kayu pada kursi dan meja khas Jawa

Penutup

Teras menjadi salah satu komponen penting saat memasuki area entrance. Oleh karena ini membuat model teras rumah panjang yang nyaman akan membuat aktivitas dengan keluarga lebih bermakna. 

Temukan informasi seputar ide dekorasi dan panduan jual beli rumah di Pashouses. Pashouses merupakan platform jual beli rumah bekas di Jabodetabek. Jual rumah Anda dengan harga terbaik, proses anti ribet, dan dapatkan penawaran harga hanya dalam 5 hari di Pashouses

Share:
Panduan Terkait