Panduan » Membeli Rumah » KPR BSI 2023: Ketahui Simulasi, Syarat & Dokumen yang Dibutuhkan

KPR BSI 2023: Ketahui Simulasi, Syarat & Dokumen yang Dibutuhkan

KPR BSI
Daftar Isi

Kredit Pemilik Rumah (KPR) syariah sudah menjadi alternatif pembiayaan saat membeli rumah idaman. Sesuai dengan namanya, KPR syariah menjadi pembiayaan KPR sesuai dengan syariat Islam. Hal yang membedakannya dengan KPR konvensional adalah bebas bunga sehingga banyak dipilih oleh mereka yang menghindari riba. 

Salah satu bank yang memiliki program KPR adalah Bank Syariah Indonesia (BSI). KPR BSI menawarkan kelebihan cicilan tetap dengan margin yang cukup ringan. Jika Anda berencana untuk membeli rumah impian melalui KPR syariah, berikut ini informasi mengenai program dan simulasi KPR BSI. 

Mengenal KPR Syariah

Sebelum mengetahui apa saja program KPR dan menghitung simulasinya, sebaiknya ketahui dahulu mengenai KPR syariah dan hal yang membedakannya dengan KPR konvensional. 

Perbedaan pertama antara KPR syariah dengan KPR konvensional terletak pada sistem akad yang digunakan. KPR syariah menerapkan dua jenis akad, yaitu Akad Murabahah dan Akad Musyarakah Mutanaqisah.

Pada sistem Akad Murabahah, bank akan membeli properti yang diinginkan nasabah lalu dijual kembali sesuai harga ditambah dengan keuntungan yang telah disepakati.

Sementara Akad Musyarakah Mutanaqisah, baik bank maupun nasabah akan sama-sama melakukan pembelian rumah sesuai porsi yang disepakati. Setelahnya, nasabah akan membeli rumah dari bank dengan cara diangsur, yang mana nominalnya telah ditentukan bersama. 

Ada beberapa keuntungan dari KPR syariah, seperti bebas bunga dan denda atau penalti karena bertentangan dengan syariat Islam. Keuntungan lainnya, jumlah cicilan KPR syariah bersifat tetap yang telah ditentukan bersama sejak awal sehingga angsurannya bersifat flat. Anda bisa mengetahui informasi KPR syariah lebih lengkap dengan membaca artikel Panduan Cara Beli Rumah dengan KPR Syariah.

Baca Juga:  Jenis Biaya dan Pajak Pembelian Rumah Beserta Cara Perhitungannya

Program KPR Bank Syariah Indonesia (BSI)

Melalui program BSI Griya, Bank Syariah Indonesia membantu mewujudkan rumah impian Anda. Ada beberapa kelebihan pada program BSI Griya, seperti angsuran tetap sesuai dengan kesepakatan, pengajuan online sehingga lebih mudah dan cepat, serta DP mulai dari 0%.

Tak hanya itu, BSI juga menawarkan manfaat bebas biaya provisi, pintalti, dan appraisal hingga Rp5 miliar. Secara umum, layanan pembiayaan KPR BSI diperuntukkan bagi Anda yang ingin membeli rumah baru, rumah second, ruko, rukan, dan apartemen. Ada juga program take over dan top up pembiayaan untuk memenuhi kebutuhan nasabah.

Berikut ini program KPR BSI.

  1. BSI Griya Simuda. Layanan pembiayaan ini diperuntukkan bagi WNI berusia 21 hingga 40 tahun yang ingin memiliki rumah impian dengan plafon pembiayaan lebih tinggi dan angsuran ringan. Program ini menawarkan plafon pembiayan sampai 120% dengan jangka waktu pembiayaan hingga 30 tahun. 
  2. BSI Griya Reguler. Layanan pembiayaan untuk pembelian rumah baru, rumah bekas, ruko, rukan, apartemen, kavling siap bangun, pembangunan atau renovasi rumah, take over, dan refinancing untuk kebutuhan nasabah. Program ini menawarkan biaya ringan, pengajuan secara real time, serta angsuran tetap dan terencana. 
  3. BSI Griya Mabrur. Program ini diperuntukkan bagi pembiayaan kepemilikan rumah berhadiah porsi haji. Keuntungan tersebut bisa didapatkan setelah pembayaran lancar selama 2 tahun.
  4. BSI Griya Take Over. Jika Anda ingin memindahkan KPR dari bank lain ke KPR BSI, gunakan program ini. BSI Griya Take Over menawarkan angsuran ringan dan tetap, marjin spesial setara 3,3 % eff. P.a. tetap 1 tahun, berhadiah porsi haji tanpa diundi, hingga bebas biaya provisi, penalti, dan appraisal dengan S&K berlaku. 
Baca Juga:  Beli Rumah atau Apartemen Ya? Yuk Ketahui Pertimbangan Memilihnya!

Syarat & Pengajuan KPR BSI Terbaru 

Untuk memudahkan pengajuan KPR, Bank Syariah Indonesia telah merilis website rumahimpian.id yang memudahkan Anda. Melalui website ini, Anda bisa mengajukan aplikasi secara online dan real time, mengetahui status kesiapan membeli rumah, hingga mengecek status persetujuan diterima atau ditolak.

Jika pengajuan Anda disetujui, maka ada beberapa syarat dan dokumen yang perlu disiapkan, seperti dikutip dari bisnis.com

Persyaratan pengajuan KPR BSI

  • Berstatus warga negara Indonesia (WNI)
  • Usia pemohon 21-60 tahun ketika membuat pengajuan
  • Memiliki pekerjaan dengan penghasilan tetap
  • Telah bekerja minimal 1 tahun bagi karyawan/pegawai atau 2 tahun bagi profesional/pengusaha
  • Berdomisili di area jangkauan BSI
  • Memiliki atau bersedia membuka rekening BSI

Dokumen persyaratan administrasi:

  • Formulir KPR yang telah diisi serta ditandatangani pemohon
  • Fotokopi KTP pemohon beserta pasangan (jika sudah menikah)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi akta nikah/cerai
  • Fotokopi rekening tabungan (3 bulan terakhir)
  • Fotokopi slip gaji/surat keterangan penghasilan
  • Fotokopi rekening listrik
  • Fotokopi dokumen, seperti SHM/SHGB, IMB, dan denah

Dokumen tambahan yang dibutuhkan

  • Wiraswasta: SIUP/TDP/Akta pendirian perusahaan
  • Profesional: Surat izin praktik
  • Take over: Salinan akta pembelian rumah dari notaris.

Simulasi KPR BSI

Mengetahui simulasi KPR saat berencana mencicil rumah akan memudahkan Anda menghitung perkiraan angsuran setiap bulannya. Untuk memudahkan, Bank Syariah Indonesia (BSI) memiliki kalkulator simulasi KPR melalui website rumahimpian.id. Jika Anda penasaran bagaimana simulasi KPR BSI, berikut ini perhitungannya. 

Sebagai contoh, Anda membeli rumah bekas siap huni di Vida Bumipala Taman Durian Kota Bekasi dengan harga Rp650 juta. Simulasi reguler setara 6,25% dengan DP 20% atau Rp130 juta, maka berikut estimasi angsuran per bulannya. 

  • Harga rumah: Rp650.000.000
  • Uang muka: Rp130.000.000
  • Pembiayaan bank: bisa mencapai Rp520.000.000
  • Margin: 6,25% fixed
  • Tenor: 15 tahun
  • Jenis angsuran: Single Price
Baca Juga:  Serba-Serbi KPR BTN: Simulasi, Cara, dan Persyaratannya

Estimasi angsuran per bulan adalah Rp5.477.133.

Promo KPR BSI 2023

Bank Syariah Indonesia menawarkan penawaran spesial Serba Dua dari BSI Griya dalam rangka Milad Bank Syariah Indonesia ke-2. Melalui program BSI Griya Spesial Milad, Anda bisa menikmati spesial margin setara 2,22% eff p.a. 

Tidak hanya itu, pengajuan dan persetujuan secara online atau realtime akan memudahkan Anda mengajukan KPR, bahkan ada promo penawaran DP 0%  dan cashback dana senilai Rp2 juta. Program ini juga membebaskan Anda biaya administrasi dan biaya appraisal. Namun, sebelum mengajukan KPR BSI Griya Spesial Milad ini, pastikan Anda untuk mengetahui syarat dan ketentuannya. 

Penutup 

Demikian informasi seputar KPR BSI 2023. Bagi Anda yang berencana membeli rumah bekas dengan proses anti ribet dan aman 100%, yuk cari rumah idaman di Pashouses. Pashouses memiliki ratusan rumah dijual di Jabodetabek. 

Tim kami juga akan membantu proses pengajuan KPR karena Pashouses telah bekerja sama dengan banyak bank besar di Indonesia. Setiap rumah yang dijual di Pashouses sudah BEBAS biaya notaris, BPHTB, dan biaya KPR yang umumnya sekitar 11% dari harga rumah dengan S&K berlaku. Informasi lebih lanjut, kunjungi Pashouses.id

Share:
Panduan Terkait