Panduan » Living » Ketahui Ukuran Kitchen Set HPL, Solusi Material Kuat dengan Harga Terjangkau

Ketahui Ukuran Kitchen Set HPL, Solusi Material Kuat dengan Harga Terjangkau

ukuran kitchen set hpl
Daftar Isi

Area dapur saat ini bukan lagi digunakan untuk tempat memasak dan mencuci piring saja, tetapi menjadi tempat untuk berkumpulnya anggota keluarga. Memiliki dapur yang dapat digunakan sebagai tempat bersantai menjadi hal penting, khususnya pada hunian minimalis modern. 

Saat ini penggunaan kitchen set minimalis kerap digunakan. Bukan hanya sebagai perabotan memasak dan menyimpan peralatan, hadirnya kitchen set menambah kecantikan area dapur. Saat ini ada banyak desain kitchen set yang bisa disesuaikan dengan desain interior rumah. Agar dapur lebih ideal, pemilik rumah sebaiknya memiliki ukuran kitchen set yang sesuai dengan luas dapur, termasuk pada ukuran kitchen set HPL (High Pressure Laminate) yang populer beberapa tahun belakangan.

Seberapa jauh Anda mengenal material HPL yang digunakan untuk kitchen set rumah? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini. 

Apa Itu Material HPL?

HPL atau High Pressure Laminated adalah suatu produk pelapis luar yang biasa digunakan di lantai, dinding, atau furniture. Material ini terbuat dari plastik sintetis yang terdiri dari lembaran laminasi bertekanan tinggi. Lapisan-lapisan tersebut merupakan resin fenolik (kraft paper), lapisan dekoratif (decor paper), dan lapisan laminasi bening (overlay paper).

Lapisan-lapisan tersebut diproduksi di bawah tekanan dan suhu yang sangat tinggi, sekitar 1.000 kg per meter persegi dan suhu 140 derajat celcius. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan material yang kuat, tahan lama, dan mudah dibersihkan.

Kelebihan dan Kekurangan Kitchen Set HPL

Berencana untuk membuat kitchen set HPL di rumah Anda? Material ini memiliki beberapa kelebihan, salah satunya adalah motif dan warna yang bervariasi sehingga cocok diterapkan dalam berbagai gaya desain rumah.

Baca Juga:  13 Inspirasi Desain Balkon Minimalis untuk Rumah Anda

Meskipun demikian, dibalik kelebihan yang disuguhkan, material ini tetap memiliki kekurangannya tersendiri. Ketahui kelebihan dan kekurangan kitchen set berbahan HPL. 

Kelebihan material HPL

  1. Dapat disesuaikan karena variatif dalam hal warna dan motif

Menggunakan kitchen set HPL dapat mempercantik dapur Anda. Pembuatan HPL menggunakan plastik sintetis, hal ini membuat warna dan motif yang dihasilkan bisa lebih variatif. Anda bahkan bisa meng-custom desain sesuai dengan selera dan konsep rumah.

  1. Memiliki ketahanan yang kuat akan goresan dan benturan

HPL merupakan material yang kuat karena prosesnya yang cukup rumit dengan penekanan beberapa lapis material kuat. Hal ini penting, mengingat dapur merupakan area yang sering terjadi goresan, benturan, percikan air dan api, yang  membuat material ini lebih kuat dan awet.

  1. Daya rekat kuat

Dengan kuatnya daya rekat dari material HPL ini, membuatnya menjadi lebih kuat dan awet serta membuatnya lebih mudah dipasang.

  1. Mudah dirawat dan dibersihkan

Area dapur identik dengan kotor karena menjadi tempat memasak, tempat penyimpanan sampah, dan tempat mencuci piring. Dengan menggunakan HPL sebagai material dasar kitchen set Anda, dapur akan selalu terlihat bersih karena perawatan dan pembersihannya yang mudah.

  1. Memiliki sifat anti jamur

Selain rayap, furniture sering kali terkena jamur yang membuat material menjadi lapuk. Menggunakan HPL dapat mengurangi risiko terkena jamur karena sifatnya yang anti jamur. Membuatnya lebih hemat karena tidak perlu adanya perawatan.

  1. Tahan Panas

Dapur juga sering terkena panas dari api kompor ataupun cahaya matahari. Menggunakan material HPL sangat cocok untuk di dapur karena sifatnya yang tahan panas dapat membuat kitchen set Anda semakin kokoh.

  1. Memiliki nilai ekonomis yang tinggi
Baca Juga:  10 Inspirasi Model Pagar Besi Unik untuk Rumah Anda

HPL merupakan material yang cukup murah. Meskipun murah, material ini tetap memberikan performa terbaik dengan sifatnya yang kokoh dan kuat. Menggunakan material ini, Anda dapat mengurangi anggaran yang membuatnya memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Kekurangan material HPL

  1. Pengerjaannya harus sempurna agar tidak cepat rusak

Pengerjaan HPL harus sempurna. Anda harus merekatkan setiap bagian hingga merata agar hasil yang didapatkan maksimal. Jika Anda tidak mengerjakan dengan sempurna, maka material HPL akan cepat rusak.

  1. Memiliki kelenturan yang rendah yang membuatnya mudah patah

Material HPL terbuat dari banyak lapisan yang diberi tekanan kuat sehingga dapat menyatu. Oleh karena itu, bahan ini tidak memiliki cukup kelenturan yang membuatnya mudah patah. Meskipun begitu, Anda dapat mengakalinya dengan memanaskan material terlebih dahulu untuk mendapatkan kelenturan yang optimal.

  1. Terlihat tidak natural

Material HPL menggunakan plastik sintetis sebagai bahan dasarnya. Hal ini membuat bahan ini tidak terlihat natural. Meskipun begitu, material ini menghadirkan beragam corak menarik yang dapat Anda pilih sesuai selera.

Ukuran dan Harga Kitchen Set HPL

Menentukan ukuran kitchen set HPL untuk dapur Anda memang sebaiknya tidak sembarangan. Tak hanya memikirkan faktor selera, ukuran yang tepat akan membuat aktivitas selama di dapur lebih aman dan nyaman. 

Berapa ukuran kitchen set HPL yang tepat? 

Dapur perlu memiliki ukuran atau luas yang tepat. Idealnya, luas dapur mencapai 10%-15% dari luas rumah. Hal ini akan memudahkan Anda menentukan ukuran kitchen set dan posisi furniture lainnya. 

Kitchen set sendiri terdiri dari beberapa bagian, seperti kabinet bawah, kabinet atas atau kabinet dinding, sink atau tempat cuci piring, dan counter top table atau konter memasak.

Jika masih memungkinkan, kitchen set bisa ditambahkan meja bar dapur sebagai pelengkap. Oleh karena ini, agar masing-masing bagian dapat digunakan dengan nyaman, ukuran kitchen set HPL perlu diperhatikan dengan tepat. 

Baca Juga:  11 Inspirasi Wall Moulding Agar Hunian Semakin Modern

Berikut ukuran kitchen set HPL berdasarkan bagian-bagiannya. 

  • Kabinet bawah: memiliki lebar 50-70 cm, tinggi 70-85 cm, dan panjang 60-150 cm. 
  • Laci kabinet bawah: memiliki lebar 45-60 cm dengan ukuran lain mengikuti ukuran kitchen set kabinet bawah. Pada bagian bawah biasanya terdapat lekukan yang menjorok ke dalam agar aktivitas di depan countertop menjadi nyaman dengan lebar ideal 10-15 cm.
  • Sink atau bak cuci piring: memiliki lebar 80-90 cm. Jika ingin memiliki kabinet sudut bawah atau di bawah sink maka panjang kedua sisi dalamnya adalah 65-100 cm. 
  • Kabinet atas: memiliki depth 35 cm dan tinggi 36-100 cm. Sementara untuk kabinet satu pintu memiliki lebar kabinet 40-60 cm dan 70-150 cm untuk kabinet dua pintu. Ketinggian pemasangan kabinet atas adalah ±150 cm, sedangkan jarak antara kabinet atas dan bawah adalah 50-70 cm. Jika memasang ekstraktor asap, maka ketinggian yang ideal adalah minimal 70 cm dari atas kompor. 

Harga Kitchen Set HPL

Harga kitchen set HPL per meter berkisar pada Rp1.400.000. Dibandingkan dengan kitchen set aluminium dan duco, harga kitchen set HPL tergolong murah.

Penutup

Demikianlah informasi seputar ukuran kitchen set HPL untuk hunian Anda. Pastikan untuk memasang kitchen set dengan ukuran yang tepat demi kenyamanan memasak. Temukan informasi tips interior dan dekorasi lainnya hanya di Pashouses. 

Jual beli rumah bekas siap huni di Pashouses lebih mudah, cepat, dan anti ribet. Kami memiliki expert consultant berpengalaman yang akan membantu Anda selama proses jual beli rumah. Pashouses juga telah bekerja sama dengan banyak bank besar di Indonesia. Informasi lebih lanjut, kunjungi Pashouses.id

Share:
Panduan Terkait